Tahun 2021, menjadi sebuah tahun yang mungkin bersejarah bagi Microsoft, selaku pemilik Sistem Operasi legendaris yaitu Windows. Pasalnya, tepat pada hari Kamis, tanggal 24 Juni 2021, Windows 11 resmi dirilis dan diperkenalkan kepada seluruh dunia.

Tentu kabar ini menjadi sebuah kabar bahagia untuk para fans Windows di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Banyak fitur dan update baru yang tersedia dalam versi Windows 11 kali ini.

Dilansir dari laman resmi Microsoft, Windows 11 memiliki perubahan yang cukup signifikan. Bahkan bisa dibilang, Microsoft mendesain-ulang Sistem Operasi ini. Tentu perubahan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kemudahan kepada user.

Nah pada kesempatan kali ini, sukareview.com akan membahas informasi tentang Windows 11 ini dan cara upgrade ke Windows 11. Berikut selengkapnya:

  • Sekilas Pembaharuan Windows 11
  • Persyaratan Sistem Minimum Windows 11
  • Cara Mengecek PC/Laptop Bisa Upgrade ke Windows 11 Atau Tidak
  • Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11

Sekilas Pembaharuan Windows 11

Sesuai kabar yang diterima dari laman resmi Windows 11, fokus utama dalam pembaharuan kali ini terletak pada tampilan antar muka atau user-interface yang lebih sederhana.

Selain itu, juga terdapat update pada performa Windows 11 yang mana dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dan multitasking pada Sistem Operasi ini.

Nah, agar lebih jelas berikut ada beberapa hal seputar fitur dan update Windows 11 kali ini:

  • Desain dan Layout
  • Fitur dan Performa
  • Gaming Support
  • Android

Desain dan Layout

Bisa dibilang Windows 11 mengalami perombakan desain dan layout dari versi terdahulunya, Windows 10. Microsoft mengklaim bahwa mereka telah menyederhanakan desain Windows 11 demi bisa meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna. Desain yang Microsoft bawa untuk Windows 11 juga sangat modern, bersih, fresh, namun tetap indah.

Selain tampilan antarmuka yang secara keseluruhan fresh dan baru, beberapa perubahan desain lain meliputi tombol Start dan taskbar dipindahkan ke tengah, font, ikon, dan wallpaper.

Dari segi layout, Windows 11 hadir membawa beberapa layout baru seperti Snap Layouts, Snap Groups, dan Desktops. Yang mana berbagai jenis layout ini dirancang untuk membantu kalian memiliki kendali penuh atas windows dan layar. Dengan begitu kalian bisa mengatur layar sesuai dengan apa yang kalian butuhkan, apa yang kalian inginkan, dalam layout atau tata letak yang optimal.

BACA JUGA:  Huawei TechDay 2021: Literasi Keamanan Siber Makin Kritikal untuk Dukung Keberhasilan Transformasi Digital

Fitur dan Performa

Pada versi Windows terbaru ini, sepertinya Microsoft sangat fokus dalam mengatur ulang Start dan taskbar. Kini, mereka mengintegrasikan Taskbar dengan Microsoft Teams. Yang mana hal ini membuat kalian bisa terhubung lebih cepat dan mudah dengan orang-orang yang disayangi dan semua kontak personal.

Windows 11 juga memperkenalkan panel “Widget” baru yang berisi berbagai fitur-fitur multifungsi dan alat produktivitas seperti To-Do list, berita, kalender, dan lain sebagainya.

Sementara dari sisi performa, di Windows 11, Microsoft lebih fokus meningkatkan performa dari sisi gaming atau bermain game. Meski begitu, hal ini bukan berarti performa Windows 11 turun jika dilakukan untuk hal lain. Justru Windows 11 diciptakan untuk produktivitas dan kreativitas. Maka dari itu, performanya juga pasti dioptimalkan oleh Microsoft.

Gaming Support

Seperti yang sudah disinggung di atas, Microsoft benar-benar membuat Windows 11 memiliki performa gaming yang lebih baik daripada Windows 10.

Windows 11 hadir dengan membawa beberapa peningkatan gaming seperti DirectX 12 Ultimate yang akan membuat tampilan grafis game semakin memukau dan juga mendukung HFR (High Frame Rates), DirectStorage yang bisa mempercepat waktu pemuatan, dan HDR otomatis untuk tampilan warna yang lebih nyata, tajam, dan kaya.

Android

Dan ada satu hal yang paling menarik dari Windows 11 ini, yakni Windows 11 mendukung aplikasi Android. Ya! Kalian tidak salah baca, kini kalian bisa menginsall dan menjalankan aplikasi Android langsung di PC Windows 11!

Hal ini juga sudah dikonfirmasi oleh Microsoft. Dengan Windows 11, kalian sudah tidak memerlukan emulator Android lagi agar bisa mengunduh dan menjalankan aplikasi Android di PC. Bayangkan merekam dan memposting video TikTok langsung dari PC, sungguh sebuah pengalaman baru, kan?

Persyaratan Sistem Minimum Windows 11

Windows 11 tersedia gratis bagi kalian yang sekarang sudah menggunakan Windows 10. Artinya, bagi kalian para pengguna Windows 10 bisa langsung melakukan ugrade ke Windows 11 tanpa harus mengeluarkan uang lagi.

BACA JUGA:  Builder.ai Perkenalkan Natasha, Pakar Software AI Pertama di dunia

Namun, sebelum kalian meng-upgrade OS pada PC/Laptop milik kalian, setidaknya perhatikan beberapa hal dari persyaratan sistem minimum dari Windows 11 berikut sebagai bahan pertimbangan.

Pasalnya, jika perangkat yang kalian miliki belum memenuhi standar dari persyaratan yang ditentukan, maka proses upgrade ke Windows 11 pun belum bisa dilakukan.

Processor 1 gigahertz (GHz) or faster with 2 or more cores on a compatible 64-bit processor or System on a Chip (SoC)
Memory 4GB RAM
Storage 64GB atau lebih.
System Firmware UEFI, Secure Boot capable
TPM Trusted Platform Module (TPM) version 2.0
Graphics Card DirectX 12 compatible graphics / WDDM 2.x
Display > 9″ with HD Resolution (720p)
Internet Conection Microsoft account and internet connectivity required for setup for Windows 11 Home
Sumber: Microsoft

Bagaimana? Sebenarnya, standar minimum yang ditentukan untuk menginstal atau meng-upgrade Windows 11 tidak terlalu tinggi. Bisa dibilang, masih wajar dan bisa kita jangkau.

Bisa kalian lihat dari kebutuhan Storage maupun Memori (RAM) yang dibutuhkan, yang mana hanya membutuhkan setidaknya 64GB untuk storage dan 4GB untuk memory.

Akan tetapi, dari pengalaman tim sukareview.com, meskipun spesifikasi laptop sudah memenuhi bahkan cenderung jauh di atas spesifikasi minimum Windows 11, laptop masih tidak support dan kompatibel untuk install Windows 11.

Dari kabar dan berita yang kami dapatkan, ternyata Windows 11 hanya mendukung kebanyakan PC atau laptop keluaran terbaru saja. Sementara untuk PC dan laptop versi lama atau jadul, jarang ada yang bisa upgrade ke Windows 11.

Untuk itu, selain membaca minimal spesifikasinya di atas, kalian masih perlu memastikan dan mengecek sendiri apakah PC kalian bisa upgrade ke Windows 11 atau tidak. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini.

Cara Mengecek PC/Laptop Bisa Upgrade ke Windows 11 Atau Tidak

Untuk mengecek dan mengetes kesiapan PC upgrade ke Windows 11, kita bisa menggunakan software bernama PC Health Check resmi buatan Microsoft.

Langsung saja, silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengecek PC bisa upgrade ke Windows 11 atau tidak.

Langkah #1: Download PC Health Check melalui link berikut https://aka.ms/GetPCHealthCheckApp.

Langkah #2: Install software PC Health Check seperti biasa layaknya menginstall software baru.

BACA JUGA:  Qualcomm Merayakan Momentum Snapdragon Sound bersama Steve Aoki dengan Snapdragon Soundscapes Experience

Langkah #3: Setelah proses instalasi selesai, buka PC Health Check dari menu Start atau dari shortcut yang muncul di desktop.

Langkah #4: Setelah software PC Health Check berhasil dimuat, klik tombol Check Now.

Langkah #5: Tunggu beberapa saat dan keterangan apakah PC kalian bisa upgrade ke Windows 11 atau tidak akan muncul. Jika keterangan yang muncul adalah This PC can run Windows 11 maka, selamat! Karena PC kalian bisa upgrade ke Windows 11. Namun apabila keterangannya This PC can’t run Windows 11 seperti gambar berikut, sayang sekali karena PC kalian belum bisa menjalankan Windows 11.

Tapi jangan khawatir, karena PC/laptop kalian tersebut masih bisa menjalankan Windows 10 dan menerima pembaharuannya.

Nah, bagi kalian yang PC-nya ternyata bisa menjalankan Windows 11, maka kalian bisa langsung melakukan upgrade ke Windows 11 atau menginstalnya secara langsung.

Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11

Simak dan ikuti langkah-langkah upgrade ke Windows 11 berikut ini:

Langkah #1: Masuk ke Menu Settings

Langkah pertama adalah klik tombol icon Windows yang ada di pojok kiri bawah pada Taskbar kalian. Kemudian masuk ke menu Settings.

Langkah #2: Pilih Update & Security

Setelah berhasil masuk ke menu Settings, selanjutnya pilih menu Update & Security.

Langkah #3: Masuk ke Menu Windows Update

Selanjutnya, masuk ke menu Windows Update untuk memastikan bahwa pembaharuan Windows 11 sudah tersedia pada perangkat kalian.

Langkah #4: Checks for Update

Apabila pada perangkat kalian belum terdapat pemberitahuan ketersediaan Windows 11, maka kalian bisa klik tombol Check for Updates untuk memastikan ketersediaan update di perangkat kalian.

Pada langkah ini, pastikan bahwa perangkat PC/Laptop terhubung dengan koneksi internet.

Langkah #5: Download dan Instal Versi Windows 11

Jika proses check for update sudah selesai, maka akan muncul keterangan terkait versi pembaharuan yang tersedia.

Nah, apabila pembaharuan Windows 11 sudah tersedia pada perangkat kalian, selanjutnya klik tombol Download and Install.

Tunggu proses download dan instalasi hingga selesai, pada proses download pack update Windows 11 tentunya tergantung pada koneksi internet yang tersambung. Pastikan koneksi internet kalian stabil dan memiliki kecapatan akses yang mumpuni.

Proses ini bisa berlangsung selama 1 hingga 2 jam ke depan. Sembari menunggu proses pembaharuan berlangsung, kalian bisa melakukan aktivitas lain yang produktif.


Nah itulah informasi tentang Windows 11 beserta cara upgrade-nya. Jadi, apakah PC/laptop kamu mendukung untuk upgrade ke Windows 11? Tulis jawabannya di kolom komentar ya!