sukareview.com – Geliat industri esports di Indonesia selama beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang sangat signifikan, terlihat dari kehadiran cabang olahraga esports pada ajang PON XX Papua kemarin dan pembentukan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) sebagai organisasi induk yang mewadahi esports di Indonesia.
UniPin selaku penyedia layanan hiburan digital terkemuka dari Indonesia juga memiliki andil yang cukup besar dalam memajukan industri esports, salah satunya melalui program UNITY Student Warchief yang diinisiasi oleh UniPin Community atau UNITY.

UniPin sendiri selama ini berperan dalam membentuk ekosistem gaming Indonesia melalui layanan top up game yang cepat, mudah, dan aman sehingga para gamer dapat menikmati pengalaman bermain mereka dengan lebih menyeluruh, yang pada akhirnya memungkinkan komunitas dan kompetisi esports untuk terus berkembang.

Ekosistem gaming khususnya esports saat ini tengah menyebar ke institusi pendidikan di Indonesia seperti universitas. Tidak heran jika banyak kampus telah memiliki organisasi esports resmi sebagai wadah para mahasiswanya untuk menyalurkan hobi sekaligus bakatnya di bidang game.

Untuk memberikan ruang yang lebih besar pada para organisasi esports di tingkat mahasiswa ini, UniPin Community (UNITY) membentuk Unity Student Warchief, di mana di dalamnya akan ada turnamen sebagai napas dari esports yang dapat diikuti oleh berbagai komunitas esports universitas yang siap menyalurkan bakat mereka dan berkompetisi.

Pendaftaran USW kali ini dibuka mulai tanggal 21 Oktober – 21 November 2021. Ada 1.024 slot yang tersedia bagi berbagai universitas di Indonesia serta akan diikuti lebih dari 100 universitas ternama di Indonesia seperti ITB, UI, IPB, Universitas Ciputra, UPI, Universitas Atma Jaya, Undip, Universitas Gunadarma, dan lain sebagainya.
Mereka yang lolos qualifier akan bertanding pada babak utama pada tanggal 25 November – 12 Desember 2021 dan memperebutkan prizepool sebesar Rp30.000.000,00-.

BACA JUGA:  Garena Free Fire Ajak Gamers Ekspresikan Gaya Unik Melalui Kampanye Battle In Style

Debora Imanuella selaku Senior Vice President dari UniPin Community menyebutkan bahwa tujuan awal Unity membentuk USW adalah sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan antusiasmenya di dunia esports,

“UNITY bertujuan untuk membantu memelihara dan mengembangkan komunitas esports yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah komunitas esports tingkat mahasiswa. Dengan USW, diharapkan para komunitas esports mahasiswa ini dapat mengembangkan potensi mereka, serta menjadikan kegiatan bermain game menjadi lebih produktif, kreatif, dan positif,” ujar Debora.

Selain itu industri esports juga sudah terbukti membuka berbagai pilihan karir yang baru. Tidak hanya sebagai pro player, ada banyak pilihan karier yang tersedia seperti caster, streamer, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, USW ini dapat menjadi pintu gerbang bagi para mahasiswa sebelum terjun ke dunia esports profesional, sekaligus ajang untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa industri esports ini cukup menjanjikan sebagai pilihan karir.

Debora menambahkan, “Kami di UniPin Community berharap USW akan menginisiasi kemunculan calon pro player atau profesional industri esports lainnya di masa depan. Dengan terpaparnya para mahasiswa ke ekosistem esports yang profesional, diharapkan dapat membantu membuka wawasan mereka dan menumbuhkan ketertarikan untuk berkarir di dunia esports.”

Universitas atau kampus yang tertarik untuk bergabung ke dalam Unity Student Warchief 2021 ini bisa langsung melakukan registrasi langsung di sini. Keseluruhan rangkaian acara USW 2021 dapat dilihat melalui akun Instagram resmi @unipincommunity dan website www.unipin.com.