ROCKOMOTIF, Jakarta – Baru pertama kali membeli mobil baru, hati-hati jangan mudah tergoda oleh promo dan rayuan tenaga penjual ya. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena beli mobil baru pastinya membutuhkan dana yang cukup banyak.

Supaya mobil baru yang diidamkan dapat memenuhi kebutuhan Anda, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pembelian yang diberikan oleh Honda Prospect Motor.

1. Tentukan Budget dan Sesuaikan dengan Kebutuhan

Hal pertama tentunya sesuaikan budget Anda dengan kebutuhan keluarga. Jangan sampai membeli mobil hanya karena dananya cukup untuk mobil tersebut. Tapi Anda juga harus memastikan apakah jenis mobilnya sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

Misal, untuk mahasiswa, pelajar atau keluarga muda, mobil dengan bangku dua baris lebih cocok untuk digunakan sehari-hari. Tapi kalau punya keluarga besar, MPV dengan 7 seater lebih cocok untuk kebutuhan Anda. Setelah itu, konsumen dapat mencari informasi mengenai mobil yang sesuai dengan kriteria di website resmi dan melakukan kunjungan ke dealer resmi untuk melakukan test drive secara langsung.

Baca juga: Jangan Lupa Dicek, Pelek Mobil Bisa Rusak Akibat Hal Ini

2. Cermati Skema Pembiayaan dan Program Penjualan yang Berlaku

Untuk mempertimbangkan biaya pembelian mobil, konsumen dapat mencermati setiap skema pembiayaan yang ditawarkan oleh pabrikan. Perusahaan leasing biasanya mempunyai besaran bunga dan tenor yang berbeda-beda. Konsumen juga dapat bertanya kepada sales di dealer resmi untuk dapat memberikan rekomendasi leasing yang tepat.

3. Program Penjualan Yang Berlaku

Konsumen juga perlu mencermati program penjualan yang sedang berlaku di dealer resmi. Program penjualan yang ditawarkan dealer biasanya beragam, mulai dari bonus pembelian, diskon, skema pembiayaan, dan sebagainya. Dengan program penjualan yang tepat, pembelian mobil pertama akan lebih ringan dan menguntungkan bagi konsumen.

BACA JUGA:  4 Cara Mengemudi dengan Teknik Eco Driving

4. Perhatikan Aspek Purna Jual & Biaya Perawatan

Selain harga beli, faktor lain yang perlu menjadi pertimbangan adalah layanan purna jual. Untuk pembeli mobil pertama, kemudahan dan biaya yang ringan untuk melakukan perawatan mobil tentu menjadi pertimbangan penting. Karena itu, konsumen perlu memastikan mobil pertama yang dipilih juga memiliki jaringan bengkel resmi yang luas, ketersediaan suku cadang asli yang memadai, serta ditangani oleh teknisi berpengalaman sehingga kesehatan mobil tetap terjamin.

Baca juga: Biaya Uji Emisi Mobil di Diler Honda Cuma Rp 50ribu

Perhatikan juga besaran biaya perawatan yang akan dibutuhkan selama memiliki mobil. Saat ini, banyak pabrikan yang telah memiliki paket servis yang dapat menghemat biaya perawatan mobil. Biasanya banyak yang menawarkan bonus berupa gratis biaya Jasa dan suku cadang sampai dengan 50.000 km atau 4 tahun.

5. Perhatikan Harga Jual Kembali

Untuk pembeli mobil khususnya mobil pertama, harga jual kembali dapat menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum membeli mobil. Setelah memiliki mobil pertama, seiring waktu konsumen mungkin berpikir untuk mengganti mobil ke model lain di atasnya, sehingga harga jual kembali dari mobil saat ini menjadi penting.

Konsumen dapat melakukan pengecekan harga mobil second di website marketplace yang banyak tersedia di internet, sehingga dapat mengetahui berapa kisaran harga jual kembali dari mobil yang hendak dibeli. Secara umum, popularitas sebuah merek mobil, kualitas dan daya tahan produk, desain yang tidak mudah ketinggalan jaman, dan dukungan jaringan dealer yang kuat akan mendukung harga jual kembali dari suatu mobil.