sukareview.com – Anchanto, perusahaan teknologi (SaaS) di sector e-commerce dan logistik yang berpusat di Singapura, baru saja merayakan hari jadi ke-10 tahun, bersamaan dengan langkah ekspansi agresifnya di tengah pertumbuhan pesat e-commerce dan logistik. Keputusan Anchanto melakukan perubahan strategi pada 2017 dan bertransformasi menjadi perusahaan jasa Saas B2B menjadikan Anchanto sebagai perusahaan teknologi yang turut mengantongi berkah dari pertumbuhan ekonomi digital di pasar Asia Tenggara.

Tahun 2021 merupakan tahun dengan rekor pertumbuhan bisnis bagi Anchanto. Di tahun ini, Anchanto mencatat peningkatan volume pesanan sebanyak 3 kali lipat dibandingkan tahun 2020 di platform manajemen pesanan (order management) dan manajemen gudang (warehouse management). Kenaikan volume ini menunjukkan peningkatan sebesar 85% secara tahunan dengan volume pesanan sebanyak 1,65 pesanan yang mampu diproses dalam 24 jam pada momen belanja online 9 September (9:9). Anchanto memprediksi akan memecahkan rekor baru dengan memproses lebih dari 4 juta pesanan pada periode momen belanja online 11:11 dan 12:12.

Dengan kinerja yang terus tumbuh, Vaibhav Dabhade, Founder dan CEO Anchanto menambahkan bahwa perusahaan terus menerima dukungan kuat dari para investor. Yang menarik, empat investor Anchanto adalah pelanggan yang kemudian tertarik berinvestasi di Anchanto. Tahun lalu, Anchanto menyelesaikan putaran pendanaan Seri C dan berhasil mendapatkan pendanaan sebesar S$ 16,6 juta yang dipimpin oleh perusahaan layanan logistic e-commerce lintas Eropa, Asendia. Perusahaan telekomunikasi BUMN PT Telkom Indonesia juga turut berpartisipasi dalam pendanaan seri C. Telkom lewat anak usahanya MDI Ventures telah berinvestasi di Anchanto sejak 2018. Hingga saat ini, Anchanto telah mengumpulkan total pendanaan sebesar US$ 27,2 juta yang digunakan untuk memperkuat portofolio penelitian dan pengembangan, serta memajukan infrastruktur teknologi e- commerce.

BACA JUGA:  Work From Home Tetap Produktif dengan Smartphone

Saat ini Anchanto telah menggaet ratusan perusahaan menengah dan perusahaan berskala global, termasuk tiga perusahaan Fortune-500. Dengan jaringan di wilayah Asia Pasific, Anchanto kini melayani klien global semisal Panasonic, Lóréal, DHL e-commerce, Asendia Asia, Fossil, HP, POS Malaysia, Decathlon, GreatDeals, Luxasia, DKSH dan masih banyak lagi. Anchanto juga menggandakan jumlah personel tim dalam waktu kurang dari satu tahun selama masa pandemi. Saat ini Anchanto memiliki tenaga kerja sebanyak 265 karyawan yang tersebar di sembilan negara di seluruh kawasan Asia Pasifik.

Setelah meraih sukses di wilayah Asia Pasifik (APAC), Anchanto berencana untuk memperluas ekspansinya secara global. Dengan kehadiran yang kuat di pasar Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Thailand, Vietnam dan Australia, Anchanto akan segera mengumumkan rencana ekspansinya ke pasar baru.

Sebagai bagian dari rencana ekspansi bisnis, Anchanto juga bekerja sama dengan perusahaan global dan regional untuk meluncurkan produk baru dan inovatif yang fokus menawarkan produk untuk membantu perusahaan e-commerce menyederhanakan operasional bisnis mereka. Anchanto berencana meluncurkan produk terbaru berbasis data pada tahun depan, yang akan membantu e-commerce mengakses informasi berbasis analisis untuk meningkatkan kemampuan dan menyederhanakan operasi omni-channel mereka. Untuk meluncurkan produk baru ini, Anchanto sudah merekrut lebih dari 15 ahli di berbagai divisi baru yaitu data science dan machine learning. Selain itu, Anchanto juga tengah memulai pengembangan produk baru untuk perusahaan logistik global. Produk terbaru ini akan melengkapi layanan Anchanto yang sudah ada seperti platform manajemen pesanan SelluSeller dan sistem manajemen gudang Wareo.

Dengan berfokus pada ekspansi dan pertumbuhan bisnis, Anchanto juga telah memperluas tim manajemen senior untuk merestrukturisasi proses bisnis dan meningkatkan pertumbuhan bisnis pada jangka panjang. Anchanto menunjuk Dave Giblin, seorang eksekutif senior denganpengalaman selama dua dekade sebagai Chief Customer Officer yang bertanggung jawab untuk memimpin transformasi dan memberikan pengalaman baru kepada pelanggan serta membantu strategi pertumbuhan bisnis Anchanto.

BACA JUGA:  Kesejahteraan mental kamu penting dalam hal berkencan, kata Tinder melalui inisiatif #BeThereForYou di Indonesia

Madanjit Singh, juga bergabung sebagai Chief Revenue Officer, dan akan bertanggung jawab pada manajemen pendapatan dan pertumbuhan penjualan perusahaan. Madanjit memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun sebagai manajer bisnis dengan spesialisasi Saas dan produk perbankan dan keuangan. Selain merekrut karyawan C-level ini, Anchanto juga fokus memperkuat tim di level menengah.

Vaibhav mengatakan berbagi pencapaian di usia ke-10 tahun berawal dari misi membantu pelaku bisnis meraih potensi pertumbuhan e-commerce dan logistik.

“Di masa depan, kami akan terus berusaha untuk mengembangkan penawaran produk dan operasional dengan skala lebih besar. Kami ingin memberikan solusi untuk setiap pemain pasar global dan membantu mereka mencapai pertumbuhan. Solusi produk kami akan berbasis analisis data di masa depan,” ujar Vaibhav.

Anchanto dianugerahi sertifikasi ISO 27001 pada awal tahun ini, sertfikasi keamanan standar internasional untuk sistem manajemen keamanan informasi. Sertifikasi ini menunjukkan dedikasi Anchanto dalam melindungi keamanan data pelanggan dan kemampuannya dalam manajemen keamaan informasi yang efektif dalam skala besar.

Anchanto juga akan menjajaki kemitraan potensial yang dapat menjangkau lebih banyak pemain e-commerce di industri dan mengelola operasi online dan offline mereka dengan lebih baik. Sebelumnya, Anchanto telah mengumumkan bahwa konglomerasi Panasonic telah memilih platform Anchanto untuk membantu menyederhanakan dan meningkatkan kemampuan bisnis e-commerce mereka di seluruh kawasan Asia Pasifik.