sukareview.com – Bekerja, belajar, atau kuliah sambil main game sudah menjadi trending style yang mewabah di hampir semua golongan usia. Anda termasuk golongan para pecinta game?

Meski kadang para orang tua selalu was-was dan mengingatkan anak-anak untuk tidak terlalu banyak main game, tapi karena berbagai macam layanan game yang disediakan para provider game diikuti dengan penawaran para industry laptop gaming yang bisa support untuk berbagai jenis game, membuat kita leluasa memilih jenis dan topik game-nya, baik game offline atau online.

Yang lebih seru lagi, kita bisa main game online dengan teman-teman baru di seluruh penjuru dunia, tentu saja menambah ilmu, wawasan, pola pikir bahkan kreatifitas.

Asal kita harus pandai memilih game yang mendidik, memacu untuk berkreasi dan berinovasi serta didukung oleh fasilitas laptop gaming yang memadai. Banyak juga game-game yang bisa mengasah otak agar bisa terlatih berstrategi dalam menghadapi satu masalah. 

Tentu Anda ingin main game dengan asyik tanpa terganggu dengan kondisi laptop yang suka eror karena berat loadingnya, atau lemot, atau bahkan rewel karena kondisi laptop yang gak support.

Memang, rata-rata game memang butuh space besar dan kecepatan RAM yang lebih tinggi dibanding aplikasi standar lainnya.

Apakah semua laptop bisa digunakan dan aman untuk main game? Tentu jawabannya bisa digunakan, tapi tidak menjamin keamanannya.

Laptop yang spesifikasinya rendah akan sangat rentan jika dipakai untuk bermain game setiap hari atau bahkan dipaksa untuk install aplikasi game tertentu yang membutuhkan support spesifikasi tinggi.

Lalu bagaimana cara agar bisa main game di laptop yang lama dengan aman? Tentu saja Anda harus tahu spesifikasi minimal laptop yang bisa support untuk permainan game, lalu Anda bisa upgrading laptop lama Anda menjadi spesifikasi minimal.

BACA JUGA:  Aplikasi Download Streaming Film Sub Indo: Korea, Jepang, India

Atau jika Anda ingin membeli laptop yang baru, maka perhatikan benar-benar spesifikasinya agar dapat Anda gunakan untuk bekerja, belajar, kuliah dan untuk bermain game dengan aman dan nyaman.

Spesifikasi minimal yang dipersyaratkan agar Laptop bisa di masukkan dalam Laptop Gaming lebih ditekankan pada kecepatan memory nya, dan processornya. Untuk harddisk, layar display dan lainnya, biasanya standar dan hampir semua jenis bisa digunakan.

Memory standar minimal yang bisa digunakan untuk Laptop Gaming adalah 16GB DDR4, tapi jika Anda terpaksa harus menggunakan laptop dengan memory lebih rendah dari itu juga masih bisa asal minimal RAM nya 8 GB DDR4 boleh dengan satu slots atau 2 slots.

Beberapa perusahaan manufacturing laptop dunia, mengeluarkan produk Laptop Gaming dengan standar spesifikasi yang bervariasi tergantung dari produk unggulan dan budget harga dari masing-masing product yang dikeluarkan.

Antara satu dan yang lainnya ada berbagai macam perbedaan tergantung dari misi pabrik tersebut lebih menekankan keunggulannya di bagian mana.

Tapi pada prinsipnya semua produk yang dikeluarkan tentu yang paling aman untuk Laptop Gaming. Anda bisa mengunjungi Blibli untuk melihat berbagai macam produk Laptop Gaming yang ditawarkan lengkap dengan penjelasan dan harganya, menyesuaikan dengan budget Anda tentunya.

Spesifikasi Standar Laptop Gaming

Berikut ini adalah beberapa perbandingan spesifikasi standar yang diberlakukan oleh beberapa industry Laptop yang mengeluarkan produk unggulan mereka yang support dengan Laptop Gaming diantara produk dari IBM Lenovo, ASUS, DELL, ACER dan HP Paviliun.

HP PAVILION Gaming 15-EC2010AX

Merk HP PAVILION Gaming 15-EC2010AX
Processor AMD Ryzen TM5 5600H up to $.2 GHz  max boost
  clock 16MB L3 cachewe
  6 Cores 12 threads
Memory 16GB 8GB DDR4 (2 slots) up to 32GB
Hard Drive 512GB M2NVMe Pcie 2,0 SSD
Graphics Nvidia Ge-Force GTX3050 Ti 4GB GDDR5
Display 15,6 inch FHD 144Hz IPS NTSC

ACER GAMING NITRO AN515-57

Merk ACER GAMING NITRO AN515-57
Processor Dual Slot NVMe  2TB SSD 4 RGB Intel core 17-
  11800H Processor (2.20 Ghz up to 4,1 GHz
  with Turbo Boots, 9MB Cache
Memory 1X16GB DDR4
Hard Drive 512GB M2NVMe Pcie 3,0 SSD
Graphics Nvidia Ge-Force GTX3050 Ti 4GB GDDR5
Display 15,6 inch FHD 144Hz IPS NTSC

Lenovo Legion Y530

Merk Lenovo Legion Y530
Processor Up to 8th Generation Intel Core TM 17-8750 6
  core Processor (2.20 Ghz up to 4,1 GHz
  with Turbo Boots, 9MB Cache
Memory 8GB DDR4 (2 slots)
Hard Drive 1 TB HDD
Graphics Nvidia Ge-Force GTX1050 Ti 4GB GDDR5
Display 15,6 inch Full Hd IPS LED Backlit

ASUS TUF Gaming F15 FX506LH

Merk ASUS TUF Gaming F15 FX506LH
Processor Up to 10th Generation Intel Core TM 15-10300H
  6 core Processor (2.20 Ghz up to 4,1 GHz
  with Turbo Boots, 9MB Cache
Memory 8GB DDR4 (2 slots) up to 32GB
Hard Drive 512GB M2NVMe Pcie 3,0 SSD
Graphics Nvidia Ge-Force GTX1650 Ti 4GB GDDR5
Display 15,6 inch FHD 144Hz IPS NTSC

DELL Gaming G5-5505 RYZEN 5

Merk DELL Gaming G5-5505 RYZEN 5
Processor AMD Radeon RX 5600 6GB GDD R6
  6 core Processor (2.20 Ghz up to 4,1 GHz
  with Turbo Boots, 9MB Cache
Memory 8GB DDR4 (2slots 2x4GB)
Hard Drive 512GB M2NVMe Pcie 3,0 SSD
Graphics Nvidia Ge-Force GTX1650 Ti 4GB GDDR5
Display 15,6 inch FHD 120Hz 250 nits LED Backlit

Nah, rekomendasi spesifikasi minimal agar laptop Anda bisa disebut laptop gaming dapat Anda lihat dengan perbandingan spesifikasi di atas. Anda tinggal menyesuaikan spesifikasinya aja.

BACA JUGA:  Peran Aktif Swasta dalam Ekonomi Digital Berkelanjutan

Yang tak kalah penting perhatikanlah beberapa faktor perawatan dan penggunaan laptop agar laptop gaming Anda tidak bermasalah karena beratnya beban saat loading.

Tentu Anda harus memperhatikan perlakuan saat menyalakan dan mematikan laptop dengan cara yang baik, dan rajin untuk membersihkan cache dan sampah yang ditimbulkan saat Anda main game online maupun offline yang akan mengganggu kecepatan laptop anda jika Anda malas membersihkannya.

Selamat mencoba!