sukareview.com – Penurunan kasus COVID-19 di Indonesia serta pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diperkirakan akan berdampak pada pemulihan berbagai sektor, termasuk sektor ritel. Untuk mendukung pertumbuhan sektor ritel yang perlahan mulai membaik, platform tenaga kerja inklusif, Sampingan siap untuk memenuhi kebutuhan staffing termasuk dengan menyediakan lebih banyak tenaga sales dan merchandiser.

VP of Commercial Sampingan Andhika Soetalaksana mengatakan “Sektor ritel sendiri diperkirakan bisa tumbuh di akhir tahun 2021 dengan memanfaatkan momentum pelonggaran mobilitas. Hal ini juga didukung dengan semakin banyaknya gerai ritel yang mulai diperbolehkan kembali untuk beroperasi. Untuk itu, salah satu fokus kami di Sampingan adalah melayani sektor tersebut agar terus tumbuh positif. Melalui Sampingan Business, kami siap untuk membantu proses staffing dengan menyediakan lebih banyak tenaga kerja di bidang sales dan merchandiser yang erat kaitannya dengan sektor ritel.”

Andhika melanjutkan sektor ritel harus bersiap untuk kembali bangkit dan tumbuh setelah sempat terpukul karena adanya gelombang COVID-19. Agar dapat melakukan hal tersebut, dibutuhkan strategi marketing dan juga tenaga kerja yang tepat termasuk tenaga sales dan merchandiser. Kedua tenaga kerja ini makin dibutuhkan menyusul beroperasinya gerai-gerai ritel dan meningkatnya kunjungan masyarakat ke pusat-pusat perbelanjaan. Nantinya, sales akan bertugas untuk mengenalkan dan menawarkan produk kepada pelanggan/konsumen secara langsung hal ini akan membantu meningkatkan penjualan produk dari pelaku usaha ritel.

Di sisi lain, merchandiser, bertugas untuk merancang visualisasi penempatan produk di dalam sebuah toko. Merchandiser dibutuhkan untuk menciptakan efisiensi, ketertarikan, dan pengalaman berbelanja yang menarik dengan rancangan tiga dimensi atau tata visual produk di dalam toko. Semua hal tersebut dilakukan guna menciptakan kemudahan bagi pelanggan dalam mendapatkan kebutuhan mereka.

BACA JUGA:  XL Axiata x Kementerian PPPA RI Dorong 1.000 Pelaku Usaha Perempuan “Naik Kelas”

“Kami mengerti bahwa menyeleksi sales dan merchandiser tidaklah mudah. Diperlukan ketelitian dalam memilih staf yang berkualitas dan memenuhi kriteria yang dapat membantu peningkatan penjualan di industri ritel. Melalui Sampingan Business, kami memudahkan para pelaku industri untuk melakukan proses staffing, mulai dari rekrutmen yang cepat, memantau kinerja para sales dan merchandiser, melakukan perhitungan gaji dan benefit hingga pembayaran gaji untuk meningkatkan kualitas usaha ritel para pebisnis. Tak hanya itu, seluruh pekerja sales dan merchandiser kami sudah melalui proses dan pelatihan yang ketat,” ujar Andhika.

Sampingan sendiri sudah bekerja sama dengan beberapa peritel terkemuka di tanah air untuk melayani kebutuhan staffing mereka. Tak hanya di sektor ritel, hingga saat ini, Sampingan telah bermitra dengan lebih dari 150 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang.

“Dengan penyempurnaan fitur dan layanan juga yang terus dilakukan Sampingan, kami berharap semakin banyak perusahaan termasuk di sektor ritel yang menggunakan platform Sampingan Business untuk proses staffing,” tutup Andhika.