sukareview.com – Samsung Galaxy A03 Core menambah variasi smartphone Samsung di segmen entry-level. Model baru ini diklaim sebagai seri paling terjangkau Samsung hingga saat ini. Sang vendor sendiri berusaha memastikan spesifikasinya bisa memenuhi kebutuhan pengguna.

Kebetulan di meja redaksi sudah ada
unit review Samsung Galaxy A03 Core. Sehingga kita bisa mengintip apa saja kelebihan dan kekurangan HP Samsung terbaru ini.

Review Samsung Galaxy A03 Core

Samsung Galaxy A03 Core sejatinya diluncurkan sebagai pendamping harian. Pihak Samsung menegaskan jika HP Samsung 1 jutaan ini memungkinkan pengguna untuk melakukan segala rutinitas memasuki gaya hidup hybrid.

Tapi sebelum melangkah lebih jauh, kurang afdol rasanya jika kita belum melakukan unboxing paket penjualan smartphone ini. Sebagai seri entry level, tak ada yang istimewa dari boxnya. Di sini Samsung sudah mulai memangkas biaya produksi.

Bungkus atau kardusnya terbuat dari bahan karton tipis. Dibalut warna putih polos dengan gambar perangkat di bagian cover.

Saat dibongkar, di dalamnya terdapat 1 unit Samsung Galaxy A03 Core yang kami review, adaptor, kabel USB type-B, buku panduan cepat, kartu garansi, 1 paket kartu perdana Telkomsel.

Rancangan Bodi & Layar

Eksterior Samsung Galaxy A03 Core terbuat dari plastik dengan tampilan biasa saja. Tapi buat dipegang masih nyaman, apalagi permukaan cover belakangnya kesat. So, saat kita pegang tak licin dan tak mudah tergelincir.

Panel sentuhnya mudah kotor oleh debu dan gampang ternoda sidik jari. Saat menyapukan jari ke permukaannya agak kesat. Pengetikan dan proses navigasi jadi kurang mulus.

Elemen pendukung yang bisa kita temukan di bodinya antara lain: Di bagian kanan terdapat tombol Volume dan Power. SIM Tray yang berada di ruas kiri terdiri dari dua slot SIM card dan microSD. Di bawah ada port jack audio 3,5mm, microUSB, dan lubang speaker.

BACA JUGA:  ROG Zephyrus M16, Laptop Gaming 16-inci Pertama di Dunia

Unit review Samsung Galaxy A03 Core mengusung layar LCD 6,5 inci dengan Infinity V display. Pada bagian notch yang berbentuk V, tertanam kamera selfie. Area panel sentuhnya cukup lebar, dihiasi bezelnya dan area dagu agak besar di sektor bawah.

Dukungan layar besar, rasio layar 20:9, resolusi HD+ dengan teknologi display berbasis PLS, cukup nyaman buat kebutuhan harian. Seperti membuka Tiktok atau main game ringan. Gambar masih cukup tajam dan terlihat natural.

Tapi sayang, di kondisi outdoor melawan sinar matahari langsung, tampilan yang terpampang pada panel sentuh terlihat kurang maksimal. Jadi, kita harus membawanya ke area yang agak redup supaya bisa nyaman memakainya.

Performa & Kamera

Bekal prosesor Unisoc SC9863A, octa core 1,6GHz membuat Samsung bisa memangkas harganya supaya terjangkau pasar. Tapi jangan salah, biarpun bukan merek chipset populer, performanya lumayan kok.

Aktivitas basic seperti internetan, Whatsapp, browsing masih nyaman. Chipset ini juga handal buat menjalankan aplikasi esensial sehari-hari seperti Facebook, Tiktok, Youtube, dan lain-lain.

Untuk penikmat gaming, tenang saja unit review Samsung Galaxy A03 Core ini bisa memainkan Mobile Legends atau Free Fire. Aman sih buat dipakai menjalankan game kasual. Dengan setting standar tak ada gangguan lag dan semacamnya.

Tapi kalau sudah dipakai multitasksing harap maklum kalau kinerjanya bakal menurut. Saran kami, jangan membuka banyak aplikasi sekaligus. Cukup buka 1 atau 2 saja bersamaan.

Soal antarmuka, Samsung menyematkan sistem operasi Android 11 Go Edition yang ringkas dan smooth. Kita masih tetap bisa menikmati experinece ala Samsung baik dari segi ikon maupun navigasi.

Tak banyak yang bisa dibahas soal kamera HP ini. Tapi setidaknya, kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP di Galaxy A03 Core masih memungkinkan kita memotret dengan hasil yang ‘aman’.

BACA JUGA:  Indosat Ooredoo Gandeng Funzi Sediakan Kursus Pelatihan Gratis

Hasil kamera:

Memori & Baterai

Bicara sarana penyimpanan, Samsung Galaxy A03 Core sudah menyiapkan RAM 2GB dan memori internal 32GB. Untuk ukuran HP 1 jutaan, fasilitas ini sudah bagus. Apalagi vendor menyediakan slot microSD hingga 1TB.

Pengguna bisa download beragam aplikasi streaming, berbagai media sosial, hingga game-game. Hanya saja dengan RAM 2GB, kita harus pintar memilah aplikasi yang penting. Karena kapasitasnya agak terbatas.

Lebih jauh, soal sumber daya, unit review Galaxy A03 Core yang kami pegang sudah ditanami baterai berkapasitas besar 5.000mAh. Sektor ini menjanjikan sih, karena mampu menemani pengguna seharian.

Pemakaian standar, baterainya mampu bertahan hingga seharian lebih mencapai 15-16 jam. Sementara untuk pengisian daya, adaptor charger 7,75W membutuhkan waktu 3 jam lebih mengisi dari kosong hingga penuh.

Harga Samsung Galaxy A03 Core

Hadir dengan pilihan warna hitam dan biru, Samsung Galaxy A03 Core dapat dipesan dengan harga rekomendasi retail Rp1.199.000 di Samsung.com dan juga offline store mulai 15 Desember 2021.

Unit review Galaxy A03 Core ini dibanderol dengan harga murah meriah. Cocok buat kalangan yang membutuhkan seri terjangkau dengan dukungan lengkap.

Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy A12

Sebagai kesimpulan, redaksi wajib membahas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A03 Core. Sebagai smartphone entry level, seri ini sudah mewakili keperluan konsumen.

Kelebihan Samsung A03 Core yang bisa disorot tentu saja dalam hal sumber daya. Cocok buat kalian yang butuh HP baterai besar yang awet dipakai seharian.

Layarnya yang besar jadi nilai tambah. Karena tak terlalu banyak HP murah dengan dukungan display jumbo. Kita bisa menikmati film atau video dengan lebih leluasa.

Kekurangan Samsung Galaxy A03 Core yang paling terlihat tentu saja dari sisi desain. Tampilan serta material plastik yang dipakai kurang enak dilihat. Kameranya pun kurang bisa diandalkan.

BACA JUGA:  Huawei Resmi Luncurkan HUAWEI MateBook D14 & MateBook D15

Spesifikasi Samsung Galaxy A03 Core:

  • Layar : TFT, 6.5 inches
  • Resolusi : 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~409 ppi density)
  • OS : Android
  • Chipset : Unisoc SC9863A (28nm)
  • CPU : Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55)
  • GPU : IMG8322
  • RAM/ROM : 32GB 2GB RAM
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot)
  • Kamera Utama : T8 MP, f/2.0, AF
  • Features LED flash
  • Video : [email protected]
  • Kamera Selfie : Single 5 MP, f/2.2
  • NFC : No
  • USB : USB
  • Baterai : Type Li-Po 5000 mAh
  • Warna : Black, Blue