sukareview.com – realme C31 hadir di saat yang tepat. Dikemas dalam slogan ‘Desain Keren, Seru Seharian’, smartphone harga sejutaan ini bisa menjadi pilihan yang worth it buat Ramadhan.

realme menegaskan bahwa smartphone keren dan stylish tidak hanya hadir untuk segmen mid end. Kali ini sang vendor memboyong realme C series ini dalam sentuhan desain terbaik buat segmen entry level.

Dan kami sudah memegang unit review realme C31. So, kita akan bisa langsung menilai kualitas desain dan mengurai seperti apa level performa serta spesifikasinya.

Review realme C31

Seperti biasa, sebelum mengulas lebih dalam, kita bongkar terlebih dahulu box atau paket penjualannya. Box yang dipakai membungkus produk masih menggunakan warna kuning nan simpel.

Saat kami unboxing, kita akan mendapati satu unit smartphone yang terbungkus plastik. Kemudian ada lembaran buku panduan dan kartu garansi.

realme juga menyisipkan SIM ejector, head charger dan kabel micro-USB. Sayang tak ada softcase dan panel sentuhnya belum terlindungi plastik anti gores.

Unit review realme C31 sudah di tangan, saatnya kita kupas tuntas semua aspek penting dari perangkat ini satu persatu. Kita langsung tancap gas!

Rancangan Bodi

Kok sang vendor berani mengklaim HP realme ini sebagai smartphone entry level paling stylish? Ternyata untuk sebuah HP sejutaan, perangkat ini ramping sekali. Ketebalannya hanya 8,4mm, salah satu yang tertipis di kelasnya.

Dan kami lebih kaget melihat bagian eksterior belakangnya. Unit review realme C31 ini benar-benar stylish dengan panel bertekstur. Biarpun terbuat dari plastik polikarbonat tapi built quality terasa premium dan bermutu.

Jujurly, sebagai seri murah, kualitas rancangan bodinya terasa ‘mewah’ dan terlihat stylish. Modul kameranya ada di sudut kiri atas, berkonsep etalase kaca berbentuk persegi.

Satu lagi, ternyata HP realme terbaru ini juga tahan lama karena sudah mengantongi sertifikasi tinggi TÜV Rheinland.

Sebagian besar kondisi pengujian didasarkan pada siklus hidup tiga tahunan smartphone. Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland berisi 23 tes utama..

realme C31 juga lulus lebih dari 300 uji realme untuk memberikan pengalaman smartphone yang tahan lama kepada pengguna.

BACA JUGA:  KontrolFreek Hadirkan Generasi Thumbstick Terbaru

Overall, smartphone ini tak licin, nyaman dipegang dan minim bekas sidik jari. Memiliki slot tiga kartu (2 SIM + 1 microSD hingga 256GB) di ruas kiri.

Lalu ada port audio 3,5mm dan lubang mikrofon di ruas bawah. Tombol volume di kiri, dan power sekaligus sensor sidik jari di kanan. Speaker diletakkan di sisi kiri panel bodi belakang.

Display

realme sengaja menyematkan display sentuh besar 6,5 inci, supaya experience saat menikmati konten di layar lebih maksimal. Didukung rasio layar 88,7% dengan bagian frame dan dagu tebal.

Resolusinya bisa dibilang standar dengan kerapatan piksel 1600x720p alias HD+. Tampilannya memang tak setajam resolusi Full HD+ tapi tenang saja masih tetap kelihatan halus dan mulus kok.

Panel depan responsif terhadap sentuhan, permukaannya pun tak kesat. Lebih jauh, dalam pengujian, layarnya sanggup menerima 10 sentuhan jari sekaligus.

Performa

Unit review realme C31 mengantongi prosesor yang diklaim memiliki kinerja terbaik di kelasnya UNISOC T612. Chipset ini sudah melewati proses fabrikasi 12nm.

Dapur pacu ini mengantongi prosesor octa core: 2 inti A-75 performa tinggi berclockspeed 1.82GHz dan 6 inti A-55 hemat daya berclockspeed 1.82GHz. Disempurnakan dengan GPU Mali G57 650MHz.

AnTuTu Benchmark perangkat ini menorehkan skor 207.773. Sementara pengujian dengan Geekbench mencatatkan angka 331 buat single-core dan 1287 untuk multi-core.

Saat diuji langsung, performanya cukup mumpuni untuk ukuran HP sejutaan. Game seperti Mobile Legends bisa digenjot tanpa gangguan dengan grafis ultra dan refresh rate tinggi.

Gameplay PUBG Mobile: New State bisa disetting ke frame rate Max dan grafis Ultra. Masih aman dimainkan dan tetap adem. Tapi buat gameplay lebih smooth dan nyaman lebih baik gunakan setting bawaan.

Oh ya, smartphone ini sudah mendukung UFS 2.2 yang lebih cepat dalam membaca dan menulis data.

Unit review realme C31 yang kami uji mengusung RAM 4GB serta memori internal 64GB. Disokong slot microSD yang bisa memperluas penyimpanan hingga 1TB.

BACA JUGA:  realme C31, Smartphone 1 Jutaan Paling Stylish

Kamera realme C31

realme C31 mengadopsi triple AI camera dengan sensor utama 13MP besutan Sony. Memiliki area luas plus aperture besar f/2.2 untuk mengantisipasi low light.

Lensa Makro 2MP, dengan f/2.4 Aperture, 3P lens dan 4cm FF bisa dimanfaatkan buat penggemar fotografi makro. Ditambah lensa Lensa B&W untuk memberikan efek artistik buat foto bokeh.

Soal fitur, kameranya dilengkapi dengan AI scene dan Night Pro layaknya smartphone flagship realme. Terdapat juga portrait mode.

Buat penggila selfie, di sektor depan terdapat waterdrop display yang ditanami kamera 5MP. Ditunjang AI beauty, mode HDR dan flash menggunakan layar.

Unit review realme C31 juga bisa merekam video dengan kualitas memadai pada 480p @30fps,720p @ 30fps hingga 1080p @ 30fps. Tapi jangan terlalu berharap banyak soal stabilitas.

Hasil Kamera:

Night Pro
Night Pro
Auto HDR kondisi backlight
Mode Auto
Mode Auto
Mode Macro

Kapasitas Baterai dan Pengecasan

Baterai menjadi aspek krusial saat ini. Buat yang mobilitasnya tinggi, kapasitas baterai yang dibenamkan pada realme C31 mungkin bisa membuat kalian tersenyum puas.

Unit review realme C31 mengadopsi baterai 5000mAh. Aman sih buat ditenteng seharian. Kita bisa menonton video, bermain game sambil menunggu waktu berbuka puasa tanpa takut baterai habis.

Fiturnya dilengkapi Super Power Saving Mode yang akan mengaktifkan manajemen penghematan daya secara agresif. Kita bisa menjalankan enam fungsi inti realme C31 walau dalam keadaan baterai lemah.

Pengujian realme Lab, smartphone ini bisa memutar audio selama 81 jam dan bisa bertahan selama 45 hari dalam keadaan standby.

Soal pengecasan mungkin menjadi catatan tersendiri. realme C31 hanya mengandalkan charger 10W. Pengisian ulang baterai membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Fitur Lain

Desain realme C31 meletakkan lubang speaker di belakang bodi. Ternyata semburan audionya cukup nyaring. Lagi-lagi lumayan sih buat smartphone sejutaan.

Sorotan lain, smartphone dilengkapi dengan sensor sidik jari instan yang dapat mengamankan smartphone. Lokasinya menyatu dengan tombol power, cukup sensitif terhadap sentuhan dan responnya cepat.

Untuk antarmuka, unit review realme C31 mengedepankan realme UI R Edition based on Android 11. Interface ini dibangun mendekati konsep Android murni.

BACA JUGA:  Cara Dapatkan Diskon 90% di Free Fire Event Mystery Shop

Kelebihan dan Kekurangan realme C31

Setelah mengupas tuntas seluruh aspek pada perangkat ini, sekarang kita simpulkan kelebihan dan kekurangan realme C31.

Kelebihan yang tampak paling menonjol dari smartphone ini adalah desainnya. Dikemas ramping, stylish dengan built quality dan daya tahan bagus. Dukungan sertifikasi tinggi TÜV Rheinland membuatnya lebih tahan lama.

Keunggulan lain realme C31 terletak pada pasokan baterai 5000mAh, performa dapur pacu dan kamera yang sudah cukup mumpuni di kelasnya.

Tapi kita tidak dapat memungkiri sisi minusnya. Semisal pengecasan yang membutuhkan waktu lama, resolusi layar masih HD+ serta penggunaan port microUSB.

Overall, smartphone ini termasuk kategori smartphone worth it to buy di segmen sejutaan. Cocok dibeli saat momentum Ramadhan seperti sekarang. Selain itu, realme adalah price to quality brand.

Harga realme C31

realme C31 hadir dengan dua varian memori 3GB/32GB seharga Rp 1.599.000 dan 4GB/64GB seharga Rp 1.799.000. realme C31 menjadi salah satu smartphone Rp 1 jutaan paling worth it di bulan Ramadan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai realme C31, kunjungi realme.com dan realme Official Stores di JD.ID dan Tokopedia. Tersedia dalam 2 warna cantik yaitu Light Silver dan Dark Green.
Bagaimana? Tertarik membeli?

Spesifikasi realme C31:

  • Ukuran Layar: 6.52 inch; rasio Layar: 88.7%; resolusi: HD+ 1600720 Dimensi: 164.7476.19*8.43mm
  • Berat: 197g
  • OS: realme UI R Edition based on Android 11
  • Chipset: Unisoc T612, (12nm, 1.82Ghz)
  • Kapasitas Penyimpanan: RAM: 3GB/4GB; ROM: 32GB/64GB
  • Kamera: 13MP (f/2.2 Aperture, 5P lens, 4X digital zoom), lensa Makro 2MP (f/2.4 Aperture, 3P lens, 4cm FF), lensa B&W (f/2.8 Aperture, 2P Lens)
  • Kamera Depan: 5MP f/2.2 Aperture
  • Video: 480p @30fps,720p @ 30fps, 1080p @ 30fps
  • Konektivitas: Wifi 2.4Ghz, Bluetooth 5.0, microUSB
  • Sensor: Sensor induksi magnetik (Magnetic induction sensor), Sensor cahaya (Light Sensor), Sensor jarak (Proximity Sensor), Sensor akselerasi (Acceleration sensor)
  • Baterai: 5000mAh
  • Warna: Light Silver dan Dark Green.