sukareview.com – Unit review realme Buds Q2 sudah kami pegang, tentu kami antusias. Apalagi realme mengklaim jika ia dinobatkan sebagai TWS paling layak beli dan lengkap di kelasnya. Ditambah slogan ‘Fleksibel Tanpa Kabel’.

True Wireless Stereo (TWS) harus diakui cocok buat menemani kegiatan anak muda yang aktif dan dinamis. Pemakaiannya pun lebih simpel jika dibandingkan dengan earphone kabel konvensional.

Nah, buat yang belum begitu familiar dengan gadget yang satu ini dan kebetulan tengah mencari rekomendasi earbuds TWS murah, ulasan kami kali ini mungkin bisa membantu kalian. Yuk simak.

Review realme Buds Q2

Inti dari TWS menyediakan perangkat audio nan praktis dan simpel. Kita bisa menikmati fitur audionya lewat perangkat berbasis Bluetooth. Juga bisa menerima telepon sambil beraktivitas tanpa risiko terbelit kabel.

Nah realme Buds Q2 punya fungsi tersebut di atas. Ia adalah salah satu TWS terbaru yang diperkenalkan ke pasaran. Dalam kotak penjualannya, ada 1 unit kabel micro-USB, dua pasang eartips, petunjuk penggunaan, kartu garansi, dan 1 unit realme Buds Q2.

Desain

Tampilan eksterior earbuds ini cukup nyentrik. Dibikin sangat simpel tapi estetis. Sang vendor mengklaim jika rancangan bentuk realme Buds Q2 ini terinspirasi dari desain Cobble (batu bulat).

Earpiecenya dibuat memanjang seperti paruh supaya pas dengan bagian dalam telinga. Saat dipasang eartips bawaan langsung terasa fit, duduk dengan stabil di rongga telinga. Sehingga bisa mengisolasi kebisingan luar dan menyodorkan audio yang dalam.

Tapi kalau kalian merasa kurang nyaman, realme menyediakan beberapa opsi ukuran, tinggal coba saja yang paling enak dipakai.

TWS ini punya dua pilihan warna, biru dan hitam. Nah, unit review realme Buds Q2 yang kami pegang berwarna biru. Terlihat atraktif dan cocok buat anak muda kalau menurut kami. Bobotnya pun sangat enteng, nyaman dipakai dalam durasi lama.

Oh ya soal durabilitas, realme Buds Q2 mendukung IPX4 Water Resistant untuk menahan cipratan air, hujan, dan keringat saat pemakaian sehari-hari.

BACA JUGA:  Apa itu Jailbreak dan Apa Untung Ruginya?

Ketika mengisi daya melalui USB, lampu indikator merah menunjukkan bahwa kotak sedang terisi, dan lampu indikator hijau mengindikasikan kotak sudah terisi penuh.

Audio

Soal audio ternyata, gadget ini termasuk si kecil cabe rawit. Biarpun mungil keluarannya audionya ternyata sangat powerful. Disetel volume maksimal, suaranya nendang dan lumayan bertenaga. Bass punya dentuman dan treble masih enak di telinga.

Ini semua berkat driver besar 10mm menggunakan diafragma komposit polimer berkualitas tinggi, PEEK&TPU, untuk pengalaman mendengarkan audio yang luar biasa.

Material PEEK mereproduksi suara dengan frekuensi menengah ke tinggi, sedangkan PU menghasilkan bass yang dalam dan kuat. realme Buds Q2 menggunakan solusi realme Bass Boost+.

Menariknya lagi, buat pecinta gaming atau film, kita dapat berganti ke Gaming Mode dengan latensi rendah. Latensi ini telah dikurangi sebanyak 51%, hanya membutuhkan sekitar 88ms untuk memindahkan suara dari smartphone ke realme Buds Q2.

Unit review realme Buds Q2 menghasilkan pengurangan kebisingan yang kuat dan didukung dengan algoritma Environmental Noise Cancellation (ENC). Buat meredam bising saat menelepon.

Performa, Koneksi dan Kontrol

Untuk koneksi, unit review realme Buds Q2 ini sudah mendukung Bluetooth 5.0. Dengan jarak transmisi hingga 10 meter, kita bisa meninggalkan smartphone sambil tetap terhubung.

Koneksi relatif mudah, hidupkan Bluetooth di smartphone, buka penutup charging case, tunggu sampai muncul ‘realme Buds Q2’ di tampilan Wifi, sambungkan. Oh ya, setelah terhubung ke smartphone, baterai earbuds dapat dicek di realme Link atau Bluetooth status bar.

Dukungan Intelligent Touch Control pada realme Buds Q2, pengguna dapat mengganti musik, menjawab/mematikan telepon, dan mengaktifkan Gaming Mode. Kontrol earbuds dilakukan lewat area sentuh di permukaan depannya. Berikut beberapa fungsi kontrol:

BACA JUGA:  Review Oppo Enco Buds: Solusi Earbuds Powerful Harga Terjangkau

• Double tap: Play/pause, menjawab/menutup telepon
• Triple tap: Next track
• Tahan 2 detik pada satu earbud: Mengalihkan telepon
• Tahan 2 detik pada kedua earbuds: Masuk/keluar
Mode Gaming

Kalian bisa melakukan kustomisasi lebih detil melalui realme Link App. Berbagai hal bisa dilakukan, mengatur fungsi touch control untuk menyalakan/mematikan mode ANC, Gaming Mode, pengaturan control EQ, dan lebih banyak lagi.

Sebagai tambahan, terdapat dua mode di realme Link App – Dynamic dan Bright. Dynamic menyeimbangkan bass, treble, dan mid-sounds. Sedangkan Bright meningkatkan suara manusia. Mode Bright cocok digunakan untuk mendengarkan podcast dan audiobook.

Baterai

realme Buds Q2 mengantongi baterai 40mAh untuk earbuds. Sementara pada charging case atau rumahnya ditanami baterai 400mAh.

Daya baterai ini dapat digunakan untuk 3-jam telepon dan 5-jam mendengarkan musik tanpa henti, atau sama dengan menonton 2 film atau 4-5 episode serial TV.

Dengan kotak pengisian daya, realme Buds Q2 mampu menghasilkan 20-jam total pemakaian, atau waktu yang cukup untuk menonton 8 film, mendengarkan 400 lagu, atau menonton 2 musim serial Game of Thrones.

Jika penggunaan rata-rata per hari adalah 3 jam, pengisian ulang daya pada realme Buds Q2 hanya perlu dilakukan satu minggu sekali.

Daya realme Buds Q2 dapat diisi ulang melalui port Micro-USB dan memakan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi penuh earbuds dan kotak pengisian daya, atau 2 jam jika hanya untuk mengisi penuh kotak pengisian dayanya saja.

Kesimpulan dan Harga Realme Buds Q2

Buat para early adopter TWS, sepertinya earbuds besutan realme ini akan langsung mengejutkan kalian. Meski harganya murah tapi kualitas audio menjanjikan.

Selain itu, baterainya yang cukup awet tidak akan merepotkan, karena tak perlu sering-sering mengecas.

BACA JUGA:  Poco M3 vs Poco X3 NFC: Pilih Mana?

Hanya saja, bentuknya yang mungil rentan hilang saat lupa menyimpan. Sebaiknya jika sudah memakai jangan ditaruh sembarangan, langsung masukkan ke dalam charging casenya.

Buat yang berminat harga resmi Realme Buds Q2 ini dibanderol Rp 299.000. Tapi pada flash sale jam 18:00 hari ini kalian bisa mendapat harga Rp 269.000. Kalian bisa mendapatkan TWS terjangkau ini di link ini: Shopee

Spesifikasi Realme Buds Q2:

Warna Hitam
Kontrol Sentuh Tekan satu kali: play/pause, menjawab/mengakhiri teleponTekan dua kali: lagu selanjutnyaTekan dan tahan 1 detik: tolak panggilan masukTekan dan tahan 3 detik: mode pemasanganTekan dan tahan 10 detik: reset ke setelan pabrik
Mode Pengurangan Kebisingan ENC
Konektivitas Bluetooth 5.010m rentang konektivitas
Ukuran dan Berat 410*125*21mmBerat: 23.1g
Pengisian Daya USB Type-C
Daya Tahan Baterai 2 jam waktu pengisian daya17 jam waktu pemakaian5 menit pengisian daya dari 0% dapat digunakan untuk 60 menit pemakaian10 menit pengisian daya dari 0% dapat digunakan untuk 120 menit pemakaian
Isi dalam Kotak realme Buds Wireless 2 Neo 1 pcsEartips silikon 6 pcs – ukuran S, M, dan LKabel USB Type-C 1 pcsPetunjuk Penggunaan dan Kartu Garansi 1 pcs