sukareview.com – Butuh laptop konvertibel dengan harga tidak menguras kantong dengan tampilan dan nuansa yang stylish? Jika ya, maka bacalah review Acer Spin 3 Active kami di bawah ini.

Selama bertahun-tahun, Acer datang dengan sejumlah laptop yang menakjubkan untuk kategori yang berbeda. Selain itu, laptop ramah kantong atau budget mereka bersaing ketat dengan laptop sekelas lainnya dari merek pesaing.

Review Acer Spin 3 Active

Contoh yang bagus adalah Acer Spin 3 Active, yang menawarkan banyak fitur bagus dengan harga yang wajar. Selain itu, dengan laptop ini, Anda dapat merasakan sedikit kemewahan.

Acer Spin3 Active (SP313-51N) dibanderol dengan harga mulai Rp13 jutaan. Bagaimana performa dan kemampuan laptop ini? Berikut adalah reviewnya

Desain

Desain yang memuaskan bukanlah sesuatu yang sering kita lihat di laptop budget. Sering kali laptop budget hadir dengan desain jauh dari menarik. Namun, Acer berhasil menawarkan tampilan yang lebih terlihat mewah di Spin 3 Active yang memiliki bobot 1,4kg.

Bagian luar laptop adalah hal pertama yang akan diperhatikan. Eksterior Acer Spin3 Active cukup sedap dipandang dan mengesankan. Secara khusus, Spin 3 Active memiliki sasis aluminium berwarna krom. Sasis aluminiumnya dipoles dengan lapisan perak yang tampak mahal.

Saat membuka tutup laptop Acer ini, Anda akan melihat layarnya dikelilingi oleh bezel tipis. Namun, bezel atas layar relatif lebih tebal daripada bezel samping dan bawah. Dugaan saya, bezel atas setebal itu karena di situlah letak webcam laptop.

Dua engsel krom 360 derajat menahan tampilan layar sentuh di tempatnya. Sebagai laptop konvertibel, engsel ini memungkinkan Spin 3 Active digunakan dalam berbagai mode.

Mode ini termasuk mode laptop standar, mode tenda, mode berdiri, dan mode tablet. Biasanya, engsel pada laptop konvertibel tidak selalu solid, tetapi engsel Spin 3 Active mempertahankan layarnya di tempatnya, apa pun mode yang digunakan.

BACA JUGA:  HP Spek Dewa 2021: Harga 1 Jutaan & Dibawah 2 Juta

Layar

Soal ukuran layar, Spin 3 Active menggunakan layar sentuh berukuran 13,3 inci. Layar touchscreen ini hadir dengan resolusi IPS WQXGA (2560 x 1600). Dalam hal kinerja, layarnya sangat cerah, bahkan pada pengaturan kecerahan 50%.

Selain itu, layarnya cukup tinggi (16:10), yang membuatnya muat lebih banyak informasi dan mengurangi kebutuhan untuk scrolling. Selain itu, layar sentuh menawarkan respons sentuhan cepat dan mencatat ketukan serta gerakan tanpa lag.

Prosesor Acer Spin 3 Active

Oleh karena itu, agar kartu grafis ini dapat melakukan pemrosesan grafis, ia berbagi memori dengan CPU. Jadi jangan berekspektasi untuk memainkan game berat di laptop ini.

Soal prosesor, Acer Spin 3 Active dibekali pilihan prosesor Intel Core i5-1135G7 dan i7-1165G7. Dari segi kinerja, prosesor ini terasa bertenaga untuk tugas komputasi sehari-hari seperti browsing internet dan pengolah kata.

Juga, untuk multitasking serta beberapa game ringan. Acer Spin3 Active dapat mengulang sejumlah video YouTube 4K tanpa menurunkan framerate. Laptop hadir dengan RAM LPDDR4X hingga kapasitas 16 GB dan dengan drive penyimpanan SSD 512 GB.

Dalam hal grafis, Acer Spin 3 Active memiliki Intel Iris Xe Graphics. Kartu grafis ini merupakan kartu grafis terintegrasi, yang artinya tertanam ke dalam CPU laptop.

Spesifikasi dan Fitur Pelengkap

Pindah ke kamera, Acer Spin 3 memiliki fitur Webcam HD 720p. Webcam ini cukup untuk panggilan video biasa serta pertemuan konferensi online. Namun, webcam tidak mendukung pengenalan wajah untuk keamanan.

Spin 3 Active menyediakan keyboard ukuran penuh, hanya saja tombolnya terasa sedikit lebih kecil dari laptop pada umumnya.

Sebagai catatan positif, dalam hal pengalaman mengetik, tombol-tombolnya ditempatkan dengan apik dan menawarkan pengalaman mengetik yang baik.

BACA JUGA:  Harga Dan Spesifikasi Vivo Y35

Selain itu, keyboard Spin 3 memiliki lampu latar, yang membuat pengetikan di lingkungan gelap atau minim cahaya menjadi lebih mudah.

Di bawah keyboard terletak touchpad berukuran standar yang dilengkapi pemindai sidik jari di sudut kiri atas. Melanjutkan ke port, Acer Spin 3 Active hadir dengan jumlah port yang berguna.

Di sisi kiri, Anda akan menemukan port Thunderbolt 4, port pengisian daya, port HDMI, port USB 3.2 Type-A, dan pembaca kartu MicroSD.

Di sebelah kanan, Anda akan menemukan kunci Kensington, disertai dengan jack headphone, port USB 3.2 Type-A lagi, dan tombol power.

Fitur menarik lainnya dari Acer Spin3 Active adalah stylus S Pen yang disertakan. Pena stylus ini cukup terpuji karena dirancang untuk terasa seperti pena asli.

S Pen menawarkan pengalaman pena yang nyata dengan suara pensil di atas kertas yang halus saat Anda menulis. Selain itu, pena ini juga terasa nyaman untuk membuat catatan, menggambar, dan scrolling tampilan pada laptop.

Slot pena ini dapat ditemukan di sisi kanan laptop. Laptop mengisi daya pena stylus hanya selama 15 detik, Anda dapat menggunakan pena selama sekitar 90 menit.

Melanjutkan ke baterai di Acer Spin 3 Active, Anda akan menemukan baterai yang diklaim mampu bertahan hingga durasi 15 jam.

Kesimpulan

Untuk laptop yang tidak terlalu mahal, ia berhasil menonjol karena fitur-fiturnya yang mengesankan. Port Thunderbolt 4 dan stylus terintegrasi adalah hal-hal yang tidak akan Anda temukan di banyak model lain dalam kisaran harganya.

Selain itu, laptop ini dilengkapi dengan layar sentuh IPS WQXGA yang menawarkan kecerahan yang memadai dan sudut pandang hingga 170 derajat yang nyaman. Laptop ini memiliki desain yang ramping, dan berkat engsel 360 derajatnya, laptop ini dapat digunakan dalam berbagai mode.

BACA JUGA:  Mudahkan Masyarakat Dapatkan Hiburan Original dan Berkualitas, ShopeePay Kembali Hadirkan Google Play Festival

Acer Spin 3 Active wajib dibeli jika Anda membutuhkan laptop konvertibel yang kaya fitur dan ramping serta tidak menguras kantong.