sukareview.com – PINA, aplikasi keuangan pribadi untuk mengelola dan mengembangkan keuangan anda dengan menyediakan pengelolaan uang secara otomatis serta solusi investasi dalam satu aplikasi, menutup putaran pendanaan VC dari perusahaan yang berfokus pada fintech dari Singapura 1982 Ventures, iSeed, PT Prasetia Dwidharma, Oberyn Capital dan angel investor terkemuka. PINA didirikan pada tahun 2021 oleh mantan eksekutif Grab Daniel van Leeuwen dan veteran industri layanan keuangan Christian Hermawan.

Indonesia memiliki jumlah penduduk lebih dari 270 juta tetapi kurang dari 2,0% orang Indonesia berinvestasi di pasar saham. Dalam beberapa tahun terakhir, aplikasi perdagangan saham yang menawarkan akses ke produk keuangan mulai popular di Indonesia dan telah menarik investasi asing dari investor terkemuka seperti Ribbit Capital, ICONIQ, Horizons Ventures, Softbank, Tencent, Harvard Management, dan Square Peg.

PINA berada di posisi yang tepat untuk memasuki pasar investasi ritel yang sedang berkembang ini. Nilai pasar tabungan dan investasi ritel Indonesia telah tumbuh secara signifikan hingga lebih dari $400 miliar. Sekitar 2,2 juta akun trading dibuka pada paruh pertama tahun 2021 saja, mewakili peningkatan 60% dibanding tahun 2020. Hampir 80% dari akun ini dibuka oleh orang berusia di bawah 40 tahun.

Daniel van Leeuwen, co-founder dan CEO PINA menyatakan, “Misi kami adalah membantu setiap orang mencapai kemandirian finansial dengan menyediakan produk serta financial advisory tools guna membuat keputusan keuangan rumit menjadi sederhana dan relevan. Aplikasi wealth creation yang disediakan bagi individu berpendapatan tinggi kini tersedia untuk semua orang. PINA memberdayakan siapapun untuk berinvestasi dan mengelola uang mereka dengan cerdas melalui saran analis yang telah dipersonalisasi serta alat investasi dan pengelolaan uang secara online.”

BACA JUGA:  7 Mouse Gaming Wireless Terbaik Spek Bagus Agustus 2021

Arya Setiadharma, CEO PT Prasetia Dwidharma, menyatakan “Visi PINA adalah memberdayakan masyarakat Indonesia untuk mengejar dan memberikan kebebasan finansial dengan sederhana dan mudah. Mengurangi hambatan untuk mengakses pasar sama pentingnya dengan mendidik mereka yang ingin mengakses pasar tersebut – literasi keuangan harus menjadi prioritas.”

Herston Powers, Managing Partner 1982 Ventures, menyatakan bahwa “PINA merupakan aplikasi keuangan pribadi Indonesia pertama yang melayani semua orang Indonesia. Jalan menuju investasi pribadi bukanlah perdagangan saham atau pertukaran kripto, tetapi produk keuangan yang dibuat untuk masyarakat luas yang berfokus pada membangun kekayaan. Pendekatan dan nilai-nilai holistik PINA sepenuhnya selaras dengan misi kami untuk mengubah layanan keuangan dan memberdayakan jutaan orang Indonesia.”

iSeed Partner Wing Vasiksiri mengatakan, “Investasi ritel di Indonesia akan berubah. Dengan tim berpengalaman yang berfokus pada akses ke produk keuangan berkelanjutan, literasi dan pendidikan, PINA berada di posisi yang tepat untuk memimpin industri pengelolaan keuangan pribadi di Indonesia.”

PINA tidak hanya menyediakan cara yang lebih mudah untuk berinvestasi di pasar keuangan yang sedang berkembang di Indonesia, tetapi juga memberikan akses, kepercayaan, dan literasi keuangan untuk meningkatkan penetrasi investor ritel yang rendah bagi segmen mass affluent, millenial, dan investor pemula yang sedang berkembang. PINA bertujuan untuk menjembatani kesenjangan tersebut dengan mendidik anggotanya tentang produk dan kesehatan keuangan guna meningkatkan literasi finansial mereka.

Menurut laporan e-Conomy SEA 2020 oleh Google, Temasek dan Bain & Company, ekonomi digital Indonesia masih tumbuh dua digit, dengan konsumen dan UKM mengadopsi layanan keuangan digital yang belum pernah ada sebelumnya meskipun ada gangguan Covid-19 terhadap aktivitas ekonomi global.

PINA bertujuan menggunakan dana baru ini untuk mempercepat pengembangan dan pertumbuhan produk sebelum diluncurkan pada November 2021. Fitur-fitur PINA termasuk:

  • PinaSave – Tools Finansial yang serbabisa untuk bantu merencanakan dan mengatur keuangan lebih cerdas
  • PinaInvest – Satu aplikasi dengan berbagai macam cara untuk berinvestasi dan mengembangkan tabungan
  • PinaClassroom – Akses ke ahli keuangan kapanpun di butuh.
BACA JUGA:  Harga & Spesifikasi Realme GT Neo 2 Bocor Menjelang Peluncuran

Pendaftaran untuk early access PINA sudah dibuka.