ROCKOMOTIF, Jakarta – Pasca merayakan Hari Raya Lebaran 2021, tingkat mobilitas mobil memang meningkat dari penggunaan biasanya. Bersilaturahmi ke rumah keluarga menjadi momen yang harus dilakukan saat momen tersebut.

Setelah melakukan beberapa kunjungan menggunakan mobil, sebaiknya pemilik kendaraan harus melakukan kembali perawatan pada kendaraannya. Ada 5 hal yang harus dilakukan untuk memberikan performa yang maksimal pada mobil.

Adapun beberapa komponen yang harus dicek kembali meliputi beberapa aspek, seperti kelistrikan, mesin, ban serta interior. Hal ini akan memberikan dampak yang baik terhadap performa mobil agar ketika digunakan kembali dalam mobilitas harian tetap mumpuni.

Baca juga: Sudah Benarkah Posisi Mengemudi Anda? Simak Tipsnya!

Berikut komponen yang harus dicek agar mobil tetap nyaman digunakan.

1. Sistem Kelistrikan

Pemilik kendaraan bisa memeriksa sistem kelistrikan dengan dimulai dari memeriksa kondisi aki yang berada di dalam mesin, di aki biasanya terdapat indikator yang menunjukan kondisi kerjanya. Apabila indikator tampak berwarna merah maka aki harus segera diganti karena sudah soak, berwarna putih maka aki harus segera di-charge, dan warna biru menunjukkan aki masih prima.

Setelah itu, pemilik mobil bisa melakukan pemeriksaan dengan mengaktifkan sejumlah komponen lainnya, seperti lampu sein, lampu hazard, lampu utama, wiper, dan head unit. Apabila semua komponen bekerja dengan baik, maka kemungkinan besar sistem kelistrikan kendaraan dalam kondisi baik dan optimal.

2. Oli Mesin

Oli mesin memegang peranan penting untuk menunjang kinerja mesin, apalagi setelah digunakan untuk perjalanan yang lama. Cara paling mudah pertama yang harus dilakukan untuk memeriksa oli mesin, dengan mengecek odometer. Apabila sudah memasuki waktu untuk pergantian oli mesin, maka segera menggantinya dengan oli baru.

BACA JUGA:  4 Penyebab Setir Mobil Berat Dan Cara Memperbaikinya

Selanjutnya, dengan cara mengecek kondisi oli mesin melalui dipstick. Melalui dipstick ini maka pemilik kendaraan bisa mengecek kualitas dan volume oli dari luar mesin. Bila volume oli di bawah batas minimal maka bisa ditambahkan oli yang sejenis, dan apabila sudah hitam pekat maka sebaiknya diganti saja.

Baca juga: Begini Tips Mengemudi yang Aman saat Hujan Deras

3. Radiator

Radiator bekerja untuk mendinginkan panas di mesin selama bekerja keras menjalankan mobil. Kondisinya perlu diperhatikan karena apabila abai diperiksa kondisinya, bisa-bisa kendaraan mengalami overheat engine.

Cara mudah untuk mengecek radiator adalah melalui cairan radiator masih sesuai dengan standar atau tidak. Apabila sudah berkurang maka bisa ditambahkan, dan pastikan di bagian bawah mobil tidak ada kebocoran cairan radiator.

4. Kondisi Ban

Ban merupakan komponen yang paling bekerja keras selama perjalanan karena menopang bobot kendaraan dan kontak secara langsung dengan jalanan. Pemilik kendaraan perlu memeriksa kondisi ban, baik dari segi tekanan angin dan ketebalannya.

Bisa dilihat ban kurang angin, maka bisa menambah tekanan angin yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan. Pemilik mobil bisa melihat rekomendasi tekanan dan ukuran ban dari pabrikan di pilar pintu pengemudi. Sedangkan apabila sudah tipis atau permukaannya sudah tidak rata, maka disarankan untuk segera diganti dengan ban baru.

Baca juga: Tips Ringan Memodifikasi Mobil 4×4 dari Julian Johan

5. Kebersihan Interior & Eksterior

Pemilik mobil membersihkan kendaraan di interior dan eksterior untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang. Dimulai dari mengeluarkan sampah, barang yang tidak digunakan, serta membersihkan kotoran yang ada di interior. Setelah itu dilanjut dengan mencuci eksterior dengan menggunakan sampo khusus yang diperuntukan bagi body mobil.

BACA JUGA:  Begini Cara Perpanjang SIM secara Online dan Offline

Dalam melakukan pengecekan tersebut, bisa dilakukan secara mandiri. Atau, jika tidak mau repot, bisa langsung membawa unit kendaraan ke bengkel resmi.