sukareview.com – Grup WhatsApp merupakan suatu yang sangat familiar bagi kita masyarakat kekinian, hal ini dikarenakan kegunaan dan fungsi grup WhatsApp yang memang sangat efektiv sekali dalam membuat kita terhubung baik dengan keluarga, teman satu sekolah, kolega usaha hingga rekan kerja dalam satu forum.

Seiring perkembanganya, fitur Grup WhatsApp juga sering dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk menambahkan banyak orang ke grup demi kepentinganya yang sebenarnya tidak kita butuhkan, seperti menjual produk atau mempromosikan layanan tertentu.

Grup-grup ini sering dibuat tanpa izin dari peserta yang ditambahkan dan bahkan bisa membuat frustasi bagi banyak orang. Sebagian besar dari kita benci menjadi bagian dari grup yang tidak perlu dan sering mempertimbangkan apakah tidak sopan untuk keluar dari grup. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah memiliki filter yang akan menghentikan orang acak menambahkan kamu ke grup.

Cara mencegah pengguna yang tidak dikenal menambahkan Kamu ke grup WhatsApp

Untungnya, ada pengaturan yang dapat disesuaikan di bagian privasi akun WhatsApp yang membuat pengguna tidak ditambahkan ke grup acak atau grup yang tidak kamu inginkan. Pengaturan ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan siapa yang dapat menambahkanya ke grup dan, secara default, pengaturan diatur ke ‘Semua Orang’, yang berarti siapa pun yang memiliki nomor telepon kamu dapat menambahkan kamu ke dalam grup.

Penting untuk dicatat bahwa admin grup dapat mengirimi kamu tautan undangan dan mendorong kamu untuk bergabung dengan grup, bahkan setelah mengubah pengaturan. Untuk menghindari ditambahkan ke grup oleh orang acak atau tidak dikenal, simak cara berikut:

  1. Buka WhatsApp, klik pada tiga titik di sudut kanan atas layar.
  2. Klik pada opsi Pengaturan lalu ketuk Akun.
  3. Klik Privasi > Grup. Pengaturan default kemungkinan akan disetel ke ‘Semua Orang’.
  4. Anda dapat memilih dari tiga opsi — ‘Semua Orang’, ‘Kontak Saya’, dan ‘Kontak Saya Kecuali’.
  5. Opsi ‘Semua Orang’ memungkinkan setiap pengguna dengan nomor telepon Anda menambahkan Anda ke dalam grup tanpa izin Anda.
  6. Opsi ‘Kontak Saya’ hanya memungkinkan pengguna tersebut menambahkan Anda ke grup yang nomornya telah Anda simpan di daftar kontak Anda.
  7. Opsi terakhir ‘Kontak Saya Kecuali’ memungkinkan Anda memilih dengan tepat siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup dengan memfilter lebih lanjut dan menghapus kontak yang tidak ingin Anda tambahkan ke grup.
BACA JUGA:  Eksibisi Esports PON XX PAPUA 2021 Usai, Persaingan Prestasi dan Kekuatan Antar Daerah Makin Kompetitif dan Merata