Bicara soal motor dan jeroannya memang selalu menarik. Salah satu produsen motor ternama yang kerap diperbincangkan adalah Piaggio. Piaggio merupakan perusahaan asal Italia yang berdiri sejak tahun 1946. Produk andalan mereka adalah motor berjenis skuter yang hingga saat ini masih eksis dan dikenal dengan sebutan vespa. Kamu pasti familiar dengan versi klasik vespa yang mempunyai suara bising yang khas. Nah, saat ini jenis motor vespa terbaru yang keluar sudah berwujud matic yang menggunakan mesin 4 Tak dengan transmisi Automatic CVT (Continuously Variable Transmission). Teknologinya lebih canggih bahkan lebih ramah lingkungan karena dilengkapi teknologi Fuel Injection.

Sayangnya, semua kemajuan tersebut membuat harga motor vespa terbaru lebih mahal dibandingkan motor matic buatan Jepang, seperti Honda, Yamaha, atau Suzuki. harga bandrolnya mencapai Rp30 juta bahkan beberapa mencapai ratusan juta. Harga vespa bekas pun masih cukup tinggi dibanding kompetitornya.

Saat ini, tersedia motor vespa piaggio terbaru dalam berbagai tipe dan spesifikasi. Rata-rata menggunakan mesin berkapasitas 150cc yang dioptimalkan oleh teknologi Fuel Injection. Untuk motor vespa terbaru harga Rp100 jutaan, mesinnya bisa mencapai 300cc.

Berikut ini Qoala sajikan motor vespa terbaru tahun 2021 lengkap dengan spesifikasi dan harganya. Simak, yuk!

1. Vespa LX 125 I-GET

Sumber Foto: Ovu0ng Via Shutterstock

Jenis motor vespa terbaru yang pertama adalah Vespa LX 125 I-Get. Vespa ini pertama dikeluarkan di dunia tahun 2005 dan hadir di Indonesia 6 tahun kemudian pada 2011.

Harga

Rp 38 juta (on the road Jakarta)

Spesifikasi

LX 125 I-GET merupakan produk Vespa kelas entry level. Skuter ini dibekali tenaga yang relatif kecil dari produk skuter Vespa lainnya, yaitu 125 cc. Beberapa kali mendapat penyegaran sejak merambah ke pasar Indonesia, akhirnya vespa paling murah diantara produk matic yang lain ini mendapatkan teknologi mesin i-Get.

Skuter yang hadir dengan tiga pilihan warna, yaitu Red Passione, Black Vulcano dan Yellow Lime ini juga sudah dilengkapi dengan lampu utama LED. Ditambah, LED yang disematkan adalah tipe Daytime Running Light (DRL) yang diklaim dapat memberikan visibilitas terbaik di berbagai kondisi cuaca.

Turun ke bawah sedikit, ada aksesori front tie baru. Heat Protector ikut dapat pembaruan dengan tampilan lebih modern. Ada lagi yang baru, yaitu kaca spion dan logo ‘LX’. Fitur lain yang menarik adalah layar LCD dengan kualitas grafis yang baik sehingga panel instrumen terlihat lebih jelas. Tidak ketinggalan, ada USB port yang diletakkan pada area kemudi.

Pengalaman mengemudimu pun akan lebih nyaman karena adanya double-swinging arm dengan fitur ‘2 degrees of freedom’ yang berfungsi untuk mengurangi getaran mesin. Urusan mekanis, LX 125 i-Get ini ditunjang oleh mesin berkapasitas 124,5 cc, 4 langkah dan silinder tunggal dengan 3 katup. Dalam kondisi maksimal, tenaga vespa ini dapat mencapai 10 Hp pada 7.600 rpm dan torsi maksimal 10,2 Nm di putaran 6.000 rpm.

2. Vespa S 125 I-GET

Kemudian ada juga motor vespa terbaru tipe S 125 I-GET yang juga merupakan kelas entry level. Setelah pembaruan yang diterimanya, skuter ini tampil dengan desain yang merefleksikan elegan, small-body bergaya dan dinamis namun tetap terasa maskulin.

Harga

Rp 39,5 juta (on the road Jakarta)

Spesifikasi

Vespa dengan desain maskulin ini  dikombinasi dengan polesan hitam matt dan glossy pada beberapa komponen. Untuk pilihan warna sendiri, ada Blue Vivace, Black Vulcano, dan Grey Titanio.

Vespa S 125 i-get masih mempertahankan ‘rasa’ Italia-nya dengan beberapa fitur terkini. Lampu depan LED Daytime Running Light (DRL), front tie baru yang berpadu dengan headlamp heksagon dan penambahan USB port yang tersemat di laci depan.

BACA JUGA:  4 Penyebab Setir Mobil Berat Dan Cara Memperbaikinya

Ada peningkatan pada pijakan kaki (footrest) yang membuat kontrol dan kenyamanan berkendara lebih baik lagi. Selain itu, pengalaman nyaman saat berkendara juga diperkuat dengan hadirnya double swinging arm baru (2 degrees of freedom).

Performa Vespa S 125 i-Get berasal dari mesin 1-silinder 124,5 cc 3-katup berteknologi i-Get. Perpaduan komponen tadi menghasilkan tenaga sebesar 10,1 hp dengan torsi maksimum 10,2 Nm.

3. Vespa Primavera 150 I-GET ABS

Melalui Primavera 150 I-GET ABS, vespa seakan ingin menyampaikan bagaimana hasilnya jika versi klasik mereka dibuat di zaman modern. Ya, tampilan vespa jadul yang kamu tahu terasa di vespa model terbaru ini, namun tentu saja ditampilkan dengan model yang lebih up to date.

Harga

Rp 44,8 juta (on the road Jakarta)

Spesifikasi

Lampu vespa ini berbentuk bulat dengan teknologi LED. Tidak hanya untuk bagian depan kendaraan, teknologi yang sama juga disematkan di lampu bagian belakang. Warna krom dipilih untuk beberapa ornamen. Sementara untuk bagian jok, Primavera 150 I-GET ABS ini menggunakan bahan kulit berwarna coklat tua (dark brown). Varian warnanya sendiri ada 3 pilihan, yaitu Green Relax, Blue Energia dan White innocenza

Ban motor vespa tipe ini sudah dilengkapi dengan perangkat keselamatan ABS single-channel di bagian depan dan memiliki diameter 12 inci. Untuk urusan performa skuter ini disokong oleh mesin i-get, 4-stroke, satu silinder berkapasitas 150 cc yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 12,7 hp pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 12,8 Nm pada 5.000 rpm.

4. Vespa Primavera S 150 I-GET ABS

Motor vespa terbaru berikutnya adalah Primavera S 150 I-GET ABS. Sama dengan versi standar vespa yang kita bahas sebelumnya, Primavera S 150 I-GET ABS ini mengusung konsep vespa klasik dalam interpretasi modern. Perbedaannya dengan tipe standar (Primavera 150 I-GET ABS) adalah tampilannya yang lebih sporty.

Harga

Rp 47,3 juta (on the road Jakarta)

Spesifikasi

Vespa ini hadir dengan aksen warna abu-abu (grey) yang menghiasi bagian klakson, front crest di spakbor depan dan pelek jadi pembeda lainnya dari seri S ini. Untuk bagian jok memakai warna hitam di bagian pelipis. Kamu pun diberi pilihan 3 varian warna, yaitu Blue Vivace, Black Volcano dan White Innocenza.

Penguat aksen klasik di motor vespa terbaru ini adalah bagian dashboard, bagian tersebut akan sangat familiar untukmu yang hobi dengan vespa klasik. Rupanya nyaris sama dengan tambahan unsur modern karena dihadirkannya fitur LCD.

Lampu seri S ini juga berbentuk bulat dengan teknologi LED di bagian depan dan belakang. Roda yang disematkan berdiameter 12 inci dan sudah lengkap dengan perangkat keselamatan ABS single-channel.

Guna menunjang performanya, motor vespa terbaru ini dibekali mesin i-get, 4-stroke, satu silinder berkapasitas 150 cc. Maksimal tenaga yang dihasilkan adalah 12,7 hp pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 12,8 Nm pada 5.000 rpm. Walau harga vespa primavera ini terbilang mahal, namun rasanya sepadan untuk semua fitur yang ditawarkan.

5. Vespa Sprint 150 I-GET ABS

Sumber Foto: Nuk2013 Via Shutterstock

Motor vespa terbaru selanjutnya adalah Vespa Sprint 150 I-GET ABS. Vespa ini hadir dengan spek yang tak kalah mumpuni dibanding tipe lainnya.

Harga

Rp 47,6 juta (on the road Jakarta)

Spesifikasi

Jika dilihat dari spesifikasi mesin, tipe Sprint 150 ini sama dengan Primavera, yaitu mesin i-Get 154.8 cc 4 stroke, 3 katup, satu silinder, dan memiliki pendingin udara. Kondisi maksimalnya menghasilkan tenaga sebesar 12,7 hp pada 7.750 rpm dan torsi 12,8 Nm pada 6.500 rpm.

Pada bagian eksterior, Sprint 150 I-GET ABS membawa kembali kenangan ke vespa special era 60an, motor vespa terbaru ini menggunakan lampu berbentuk heksagonal dengan kaca spion oval. Kamu dapat memilih dari 3 variasi warna yang ditawarkan, yaitu Red Scarlatto, Grey Titanio dan White Innocenza.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Motor Injeksi Kehabisan Bensin Susah Hidup

Bekal lainnya adalah suspensi Enhanced Sliding Suspension (ESS), sistem rem cakram untuk roda depan, dan rem tromol untuk bagian belakang. Urusan pelek, Vespa Sprint menggunakan 10 palang yang terlihat melengkung mengelilingi seluruh diameter ban.

Fitur-fitur yang tersemat adalah lampu LED untuk bagian depan dan belakang, LCD Dashboard, ABS, Immobilizer, Electronic Saddle With Button, dan USB Port. Dengan semua kelebihan yang dimilikinya, membuat harga vespa sprint yang tidak murah menjadi masuk akal.

6. Vespa Sprint S 150 I-GET ABS

Berikutnya, ada juga vespa Sprint S 150 I-GET ABS yang bisa diandalkan. Meskipun harganya relatif lebih mahal, namun dari mesin dan tampilan vespa ini memang meyakinkan.

Harga

Rp 50,1 juta (on the road Jakarta)

Spesifikasi

Spesifikasi Vespa Sprint S 150 I-GET ABS hampir sama dengan tipe standarnya. Performanya dihasilkan dari mesin i-Get 154.8 cc 4 stroke, 3 katup, satu silinder, dan memiliki pendingin udara. Konfigurasi ini menghasilkan tenaga maksimum sebesar 12,7 hp pada 7.750 rpm dan torsi 12,8 Nm pada 6.500 rpm.

Perbedaannya terletak di sisi estetika. Ada aksen warna merah yang dioleskan pada cover klakson dan straight decal motor vespa terbaru ini. Sepintas pelek tipe S sama dengan yang standar, namun jika lebih teliti ada tambahan hiasan decals logo S yang membuatnya tampil lebih sporty.

Ada 3 opsi warna sporty yang dapat jadi pilihan, yaitu Black Opaco, Yellow Sole, dan Grey Materia. Dengan harga yang tidak terpaut jauh dari tipe standarnya, kamu bisa mendapatkan sprint dengan wujud lebih sporty.

7. Vespa GTS Super 150 I-Get ABS

Selanjutnya ada Vespa GTS Super 150 I-Get ABS, motor vespa keluaran terbaru ini hadir dari keluarga Vespa ‘big body family’. Ada empat varian warna, yaitu Grey Stile, Yellow Sole, White Innocenza, serta Black Volcano.

Harga

Rp 62 juta (on the road Jakarta)

Spesifikasi

Bicara bagian eksterior, motor vespa terbaru ini membawa desain khas vespa dengan bentuk serba membulat. Kita mulai dari sisi depan, ada ‘tiga sirip’ hiu berlapis krom yang memberi kesan elegan. Kedua spionnya juga dilapisi krom, lalu ada motif menyerupai sarang lebah berwarna coklat yang digambar di kedua sisi sayap.

Jok vespa ini memakai model terbaru dengan warna hitam dan hiasan list garis putih. Penggunaan material berkualitas pun akan memberikan kenyamanan bagi pengemudinya. Beberapa fitur unggulan dari model vespa terbaru ini adalah USB port, bike finder, Electric Remote Opening System on Saddle dan start-stop engine.

Jika masuk ke urusan performa, nilai cc motor vespa ini adalah 155,1 cc i-get, dengan silinder tunggal 4 katup dan dilengkapi sistem start & stop. Pada puncak performa tenaga yang dapat dihasilkan mencapai 14,6 Hp pada 8.250 rpm dan torsi maksimum 13,5 Nm di putaran 6.750 rpm.

Mesin dari skuter satu ini sudah memakai sistem pendingin liquid lengkap dengan sistem kelistrikan injeksi. Lalu sabuk CVT pun dipercaya untuk menyalurkan tenaga putaran mesin ke roda belakang.

Sisi keselamatan akan terbantu dengan hadirnya fitur ABS (Anti-Iock Braking System). Selain itu, terdapat tilt sensor dan immobilizer yang menambah keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Turun ke bagian bawah, ada pelek dengan ring 12 inci berwarna black glossy, ban tubeless berukuran 120/70 depan dan 130/70 untuk bagian belakang serta. Bagian suspensi depan memakai lengan tunggal dengan pegas heliks dan peredam kejut hidrolik tunggal. Sedangkan suspensi belakang menggunakan hidrolik ganda dengan 4 level setelan kekerasan.

BACA JUGA:  Wajib Tahu! Inilah 3 Ciri-Ciri Shockbreaker Motor Rusak

8. Vespa GTS Super Tech 300

GTS Super Tech 300 diklaim sebagai motor vespa terbaru matic tercanggih yang pernah ada. Skuter ini adalah penerus dari model sebelumnya namun dengan rancangan lebih hebat dibanding keluarga GTS lainnya.

Harga

Rp 153,5 juta (on the road Jakarta)

Spesifikasi

Hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Black Vulcano dan Grey Materia skuter canggih ini menyuguhkan desain yang estetik sekaligus futuristik. Menggunakan shield terbaru, horn cover berwarna kuning menghiasi bagian depan, chrome-plated crest, Mudguard depan dan motif honeycomb gres di bagian samping.

Di bawah ada pelek glossy black berdiameter 12 inci dan shock spring bercorak kuning. Lalu bagian jok memakai jok ganda beraksen jahitan two tone. Kontur dari vespa ini juga diracik sedemikian rupa agar pengendara merasakan kenyamanan yang maksimal.

Sebanding dengan harga tingginya, mesin motor vespa terbaru ini memiliki kekuatan 278,3 cc bertitel HPE (High Performance Engine). Output dari mesin besar ini mencapai 23,8 Hp pada 8.250rpm dan dorongan torsi 26 Nm di 5.250rpm.

Mesin anyar pada vespa satu ini dikontrol oleh MIU4 ECU generasi terbaru untuk meningkatkan efisiensi secara keseluruhan. Teknologi ECU juga memungkinkan mesin dijalankan secara praktis.

Fitur keamanannya didukung oleh ASR (Anti-Slip Regulations) untuk mengatur traksi motor dan meredakan gejala selip. Rem cakram dengan sensor ABS dua kanal juga dijejalkan untuk menahan laju kencang tanpa gejala terkunci.

Motor ini mengusung layar digital TFT fuII-color 4,3 inci yang dapat terkoneksi melalui Bluetooth ke smartphone berkat adanya sistem konektivitas smartphone Vespa MIA. Selain itu, ada fitur Smart Dash yang memungkinkan pengendara untuk mengontrol melalui perintah suara, menerima panggilan, mengatur notifikasi pesan, dan sistem navigasi.

Teknologi pencahayaannya sudah berteknologi LED DRL (Daytime Running Light), baik di bagian depan maupun belakang yang akan memberikan visibilitas lebih baik di segala kondisi.

9.Vespa Red / Vespa 946

Berkolaborasi dengan RED Foundation, Piaggio melahirkan Vespa Red / Vespa 946 yang masuk ke pasar Indonesia pada November 2017. Sesuai namanya, vespa ini tampil dengan desain serba merah yang unik dan nyentrik.

Harga

Rp 181 juta (on the road Jakarta)

Spesifikasi

Urusan performa, skuter ini mengandalkan mesin berkapasitas 125 cc silinder tunggal, 3 katup yang dapat menyemburkan power optimal dan kondisi puncak torsi yang maksimal. Bagian rem menggunakan teknologi ABS dan ASR Traction Control yang sanggup untuk mencegah ban selip atau tergelincir.

Sisi eksterior Vespa 946 Red ini menghadirkan desain skuter modern namun tetap ada rasa klasiknya. Vespa ini terinspirasi dari model MP6 Prototype membawa tampilan merah mengkilap. Dari sisi depan, ada headlamp halogen berbentuk bulat yang berpadu dengan 2 spion bergaya retro.

Itulah 9 motor vespa terbaru lengkap dengan spesifikasinya yang telah dipasarkan di Indonesia. Kalau kamu tertarik, kamu bisa memilih salah satu jenis yang sesuai dengan budget serta kebutuhanmu. Namun perlu diingat, harga yang tertera di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Harga diatas merupakan harga OTR Jakarta yang biasanya lebih murah dibandingkan daerah lain, seperti Bandung, Semarang, Surabaya dan lainnya.

Mengingat harganya yang tidak murah, akan lebih baik jika kamu memproteksi motor vespa terbaru dengan asuransi motor. Dengan asuransi, kamu tidak perlu memikirkan risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari karena sudah dicover oleh pihak asuransi. Yuk, temukan asuransi kendaraan terbaik di Qoala App!