Instagram Music merupakan salah satu dari sekian banyak fitur Instagram yang didambakan dan difavoritkan banyak pengguna. Pasalnya, dengan Instagram Music, kita bisa membuat InstaStory yang lebih bagus dan kreatif dengan dilengkapi latar belakang lagu-lagu favorit kita. Fitur Instagram Music ini sendiri baru saja digulirkan di Indonesia pada hari Rabu 23 Juni 2021 kemarin, bersamaan dengan fitur Instagram Reels.

Masalahnya, meski Instagram Music sudah digulirkan untuk para pengguna di Indonesia, realitanya masih banyak orang yang mengeluhkan bahwa Instagram Music di akun mereka tidak muncul. Apakah kamu juga mengalami hal yang sama?

Lantas, bagaimana mengatasi hal ini?

Tenang saja, karena pada kesempatan kali ini sukareview.com akan memberitahu lima cara mengatasi Instagram Music yang tidak muncul. Simak selengkapnya berikut ini!

  • Update Aplikasi Instagram
  • Login Ulang Akun Instagram
  • Hapus Cache Aplikasi Instagram
  • Hapus Data Aplikasi Instagram
  • Instal Ulang Aplikasi Instagram

1. Update Aplikasi Instagram

Cara mengatasi fitur musik di Instagram tidak muncul yang pertama adalah dengan meng-update atau memperbaharui aplikasi Instagram itu sendiri di Google Play Store atau App Store. Cara ini bisa dibilang merupakan yang paling ampuh dan bisa mengatasi masalah ini.

Mengapa begitu? Pasalnya, Instagram baru meluncurkan fitur Instagram Music untuk pengguna di Indonesia baru beberapa minggu kemarin pada pembaharuan versi terbaru aplikasi mereka. Jadi, fitur ini hanya tersedia pada aplikasi Instagram versi terbaru saja. Kalau kamu masih menggunakan aplikasi versi lama, maka sudah jelas fitur Instagram Music tidak akan muncul di Instagram kamu.

Silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk memperbaharui aplikasi Instagram.

  1. Buka Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).
  2. Cari aplikasi Instagram di kotak pencarian.
  3. Klik tombol Update atau Perbarui.
BACA JUGA:  Seri X dari POCO Berikan Pengalaman Streaming Lebih Nyaman

Selesai. Cobalah buka lagi aplikasi Instagram kamu, maka fitur Instagram Music akan muncul secara otomatis. Seharusnya cara pertama ini sudah cukup untuk mengatasi musik yang tidak muncul di Instagram. Tetapi, kalau ternyata masih tidak muncul, silakan lanjut ke cara berikutnya di bawah ini.

2. Login Ulang Akun Instagram

Melakukan aktivitas login ulang atau log out kemudian login lagi sama dengan membuat Instagram memuat ulang semua fitur-fiturnya. Oleh karena itu, cara ini juga patut dicoba untuk mengatasi musik yang tidak muncul.

Namun, sebelumnya pastikan kamu sudah hafal dengan data dan informasi akun Instagram kamu seperti alamat email atau nomor HP yang digunakan dan tentunya kata sandinya. Karena kalau kamu lupa, maka ada kemungkinan kamu tidak bisa login lagi nantinya.

Kalau kamu sudah memastikan hafal dengan informasi login akunmu, ikuti langkah-langkah berikut untuk login ulang di aplikasi Instagram.

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Buka profile kamu atau ketuk menu pojok kanan bawah yang menampilkan foto profile Instagram kamu.
  3. Ketuk menu garis tiga yang ada di pojok kanan atas.
  4. Masuk ke Pengaturan.
  5. Gulir ke bawah dan pilih Keluar.
  6. Akun kamu akan dikeluarkan dari Instagram dan kamu akan dibawa ke halaman login.
  7. Login kembali ke akunmu yang tadi.

3. Hapus Cache Aplikasi Instagram

Pernah mendengar yang namanya cache? Secara singkat, cache adalah sampah penyimpanan yang dihasilkan dari aplikasi-aplikasi yang terpasang di perangkat. Baca artikel kami tentang apa itu cache? untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Nah, terkadang beberapa error dan masalah sebuah aplikasi juga bisa disebabkan oleh cache-nya, termasuk masalah fitur musik Instagram tidak muncul ini. Oleh sebab itu, cobalah untuk membersihkan atau menghapus juga cache aplikasi Instagram.

BACA JUGA:  #HariTagar: Merayakan Percakapan dan Komunitas di Twitter

Bagaimana caranya?

Setidaknya ada dua cara untuk menghapus cache aplikasi, cara yang pertama adalah dengan menghapusnya secara manual melalui pengaturan, dan cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan aplikasi pembersih atau antivirus pihak ketiga.

Berikut ini adalah cara menghapus cache aplikasi Instagram secara manual:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Masuk ke Manajemen Aplikasi.
  3. Buka Daftar Aplikasi.
  4. Cari dan pilih aplikasi Instagram.
  5. Buka Penggunaan dan Penyimpanan.
  6. Klik Hapus Cache.

4. Hapus Data Aplikasi Instagram

Menghapus data aplikasi berarti menghapus seluruh pengaturan pengguna, informasi, dan data akun dari aplikasi tersebut. Hal ini bisa digunakan untuk menyegarkan fitr-fitur sepenuhnya dan mengatur ulang semua setelan ke setelan awalnya, termasuk untuk memunculkan music di Instagram.

Pastikan kamu sudah mencatat atau menghafal informasi login akun Instagram kamu sebelum menghapus data aplikasi. Karena nantinya kamu harus melakukan login ulang.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus data aplikasi Instagram:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Masuk ke Manajemen Aplikasi.
  3. Buka Daftar Aplikasi.
  4. Cari dan pilih aplikasi Instagram.
  5. Buka Penggunaan dan Penyimpanan.
  6. Klik Hapus Data.

5. Instal Ulang Aplikasi Instagram

Dan cara terakhir untuk mengatasi Instagram Music yang tidak muncul adalah dengan menginstal ulang aplikasi Instagram-nya. Ini merupakan pilihan terakhir dan seharusnya ampuh untuk mengatasi masalah ini. Dengan mencopot pemasangan aplikasi lalu memasangnya kembali maka segala kerusakan dan bug yang sebelumnya muncul bisa hilang.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal ulang aplikasi Instagram:

  1. Tekan dan tahan lama pada aplikasi Instagram di layar depan.
  2. Klik Uninstall.
  3. Setelah proses pencopotan selesai, restart ponsel bila perlu.
  4. Buka aplikasi Google Play Store atau App Store.
  5. Cari aplikasi Instagram.
  6. Klik Install.
BACA JUGA:  Harga & Spesifikasi Realme Book, Laptop Dengan 2K Display

Nah itulah cara mengatasi fitur Instagram Music yang tidak muncul. Seharusnya, hanya dengan meng-update aplikasi Instagram saja sudah bisa menyelesaikan masalah ini. Kalau tidak, sebaiknya silakan kamu coba satu per satu cara di atas dan semoga bisa menyelesaikan masalahnya. Kamu punya cara lain untuk mengatasi masalah ini? Coba tulis di kolom komentar ya!