Saat ini bisnis online sangat populer di kalangan masyarakat dunia. Sifatnya yang praktis dan mudah membuat sebagian besar orang mengubah kebiasaan berbelanja secara langsung menjadi via online. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui beberapa tips memilih hosting yang tepat untuk kesuksesan bisnis online Anda.

Kira-kira apa hubungan antara hosting dengan bisnis online? Kemudian bagaimana ciri-ciri hosting yang berkualitas baik untuk bisnis online? Mari simak selengkapnya melalui uraian sukareview.com berikut ini!

Apa Peran Hosting Terhadap Bisnis Online?

Hosting merupakan sebuah layanan online yang berguna untuk mengelola aplikasi web atau data situs oleh pemilik bisnis online. Website tersebut kemudian ditampilkan melalui internet. Untuk selengkapnya, baca lebih lanjut artikel kami tentang apa itu hosting? dan apa itu website?

Berikut ini beberapa manfaat atau peran hosting terhadap bisnis online Anda, yaitu:

  • Membuat halaman website bisnis online
  • Mengembangkan halaman situs jual beli online
  • Membuat email perusahaan yang profesional
  • Mampu melindungi website bisnis online dari malware, spam, atau virus

Tips Memilih Hosting Berkualitas Baik

Memilih hosting yang berkualitas baik akan membuat bisnis online Anda berkembang secara signifikan. Sehingga mampu untuk menaikkan angka penjualan dan trafik pengunjung. Silahkan simak beberapa tips memilih hosting berkualitas baik untuk website bisnis online Anda berikut ini:

  • Profesional dan Bisa Memberi Jaminan
  • Menyediakan Kapasitas yang Memadai
  • Fitur Lengkap
  • Kinerja Maksimal
  • Pelayanan Baik

1. Profesional dan Bisa Memberi Jaminan

Layanan hosting berkualitas baik akan memberikan jaminan bahwa website bisa Anda akses dalam kondisi apapun. Karena saat situs web tidak bisa Anda atau para pelanggan Anda akses, artinya peluang mendapatkan omset terbuang saat itu juga.

BACA JUGA:  Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 20: Hanya di www.prakerja.go.id

Penyedia layanan hosting berkualitas baik biasanya memiliki sikap profesional. Anda bisa melihat profesionalitas mereka pada data centre. Pada bagian data centre, web hosting akan mengatur koneksi internet halaman situs web bisnis Anda. Data centre juga mempunyai power backup, staf yang selalu standby memantau situs web, dan memiliki ruang pengontrol cuaca.

2. Menyediakan Kapasitas yang Memadai

Tips memilih hosting berkualitas baik selanjutnya adalah dengan memilih layanan yang menyediakan kapasitas memadai. Sehingga, Anda dapat bebas mengisi situs web bisnis dengan berbagai jenis file. Anda juga dapat meminta tambahan kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan situs web Anda.

Kapasitas penyimpanan perlu Anda pertimbangkan lebih dalam jika situs web Anda adalah situs web yang menggunakan banyak konten media, seperti: foto, video, gif, animasi dan lain sebagainya.

Jika Anda yakin situs web Anda hanya perlu penyimpanan kecil, silahkan cari hosting yang menyediakan penyimpanan kecil juga agar pengeluaran lebih irit. Tapi kalau Anda masih belum bisa menentukan seberapa besar kebutuhan penyimpanannya, maka pilihlah hosting unlimited sebagai solusinya.

3. Fitur Lengkap

Tips memilih hosting berkualitas baik berikutnya, yaitu dengan memperhatikan semua fitur yang mereka tawarkan kepada pelanggan. Setiap website pasti mempunyai kebutuhan tertentu, maka secara otomatis web hosting harus bisa memenuhi semua kebutuhan tersebut.

Apa saja fitur yang biasanya dibutuhkan dalam suatu website? Pada umumnya, website menggunakan fitur SSL sebagai sistem keamanannya. Fitur ini sangat penting diterapkan di website Anda demi menjaga setiap data dan informasi yang sifatnya rahasia tidak mudah dibongkar dan diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Fitur selanjutnya yang sering dipakai adalah email hosting. Email hosting adalah layanan email yang merepresentasikan website Anda sendiri. Domain pada email hosting akan diakhiri dengan domain website Anda tentunya.

BACA JUGA:  7 Mouse Gaming Wireless Terbaik Spek Bagus Agustus 2021

Fitur email hosting ini tentunya sangat penting, karena dengan email hosting kredibilitas Anda terlihat jauh lebih baik dibandingkan jika Anda menggunakan email pribadi biasa. Masih ada banyak fitur lainnya yang bisa Anda terapkan, carilah hosting yang bisa memenuhi kebutuhan Anda tersebut.

4. Kinerja Maksimal

Hosting yang berkualitas baik harus mempunyai nilai uptime sebesar 99% ke atas. Semakin tinggi nilai uptime dari server, maka akan semakin bagus. Halaman website bisnis online Anda tidak akan mudah mengalami downtime atau kondisi dimana situs web tidak bisa Anda akses.

Dengan begitu, Anda bisa melakukan aktivitas harian Anda yang lain dengan tenang tanpa harus cemas memikirkan apakah website Anda baik-baik saja atau malah rusak dan tidak bisa diakses oleh orang lain.

5. Pelayanan Baik

Tips memilih hosting berkualitas baik yang terakhir, yaitu pilih penyedia hosting dengan pelayanan terbaik. Salah satu pelayanan terbaik adalah kemudahan saat menghubungi pihak customer service saat Anda sedang mengalami kendala.

Poin ini menjadi sangat penting karena tidak ada yang bisa prediksi kapan kendala menimpa website Anda. Penyelesaian kendala yang baik dan cepat sangat berpengaruh terhadap kinerja website bisnis online Anda kedepannya.

Niagahoster Menyediakan Web Hosting Murah dan Berkualitas

Niagahoster merupakan penyedia jasa layanan web hosting murah dan berkualitas baik yang memenuhi semua tips memilih hosting berkualitas.
Berikut ini beberapa alasan web hosting dari Niagahoster cocok untuk bisnis online milik Anda, yaitu:

  • Meningkatkan kecepatan loading website
  • Memberikan jaminan uptime 99,98%
  • Fitur khusus WordPress
  • Harga mulai dari 10 ribu rupiah
  • Fully managed shared hostingĀ 
  • Tim support yang standby 24 jam dalam seminggu penuh
  • Tersedia fitur keamanan Imunify360 untuk melindungi website dari malware dan DDoS
BACA JUGA:  Cara Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik