sukareview.com – Teknologi rumah pintar sudah bukan lagi menjadi sesuatu yang baru atau mengejutkan. Saat ini, ide peralatan rumah pintar bukan hanya sekedar adegan dari cyberpunk, melainkan kenyataan yang muncul secara aktif. Dibuktikan dengan laporan dari Berg Insight mengungkapkan bahwa jumlah rumah pintar di Eropa dan Amerika Utara sudah mencapai 102,6 juta pada tahun 2020.

“Apa yang dulunya merupakan kumpulan perangkat tunggal dan terpisah, rumah pintar berubah menjadi sistem pintar lengkap yang dapat membantu aktivitas manusia mulai dari membuat kopi tepat waktu, menyesuaikan suhu, dan memantau keamanan rumah saat Anda berpergian. Semua ini terwujud nyata berkat digitalisasi perangkat yang jumlahnya semakin banyak.” Kata Chris Connell, Managing Director untuk Asia Pasifik di Kaspersky.

Kaspersky mengungkapkan sejumlah manfaat paling menarik yang dapat disuguhkan oleh rumah pintar modern untuk menjadi asisten atau pelindung pribadi yang lengkap bagi kehidupan masyarakat modern.

Keamanan

Teknologi rumah pintar dapat meningkatkan keamanan rumah Anda. Dan kita tidak hanya berbicara tentang alarm. Kamera modern, sensor gerak, dan bahkan kunci pintu pintar akan membantu mengubah rumah Anda menjadi benteng nyata, yang akan segera mengirim pesan ke ponsel cerdas Anda jika terjadi sesuatu.

Salah satu contoh paling nyata adalah pemasangan sistem pengawasan video rumahan yang terhubung ke internet. Kamera tersebut akan bekerja 24/7 dan memungkinkan pemilik untuk melihat apa yang terjadi di mana saja di rumah melalui aplikasi di ponsel cerdas. Terkadang kamera semacam itu memiliki sensor gerak – jika kamera melihat sesuatu bergerak (baik itu kucing, anjing, atau penyusup), kamera akan merekam file dan mengirimkannya ke server. Perangkat kemudian menerima pemberitahuan sehingga Anda dapat bereaksi secepat mungkin dan mungkin mencegah properti Anda dibobol.

Rumah pintar juga memungkinkan untuk menemukan kembali kunci pintu. Untuk mengamankan rumah Anda semaksimal mungkin, opsi termudah adalah menghentikan penyusup agar tidak bisa melewati pintu masuk. Namun, kunci modern telah beralih dari sekadar mekanisme. Saat ini, mereka dapat melakukan lebih dari sekadar mencegah penyusup masuk. Misalnya, mereka dapat mengirimkan pemberitahuan ketika seseorang masuk dan keluar, atau membuat kode akses untuk Anda atau mereka yang bekerja di rumah Anda (pengasuh, pembantu rumah tangga, tukang kebun, dll.).

BACA JUGA:  Daftar Harga Terbaru HP Samsung Oktober 2021

Semua solusi ini dapat mengubah rumah Anda menjadi rumah berteknologi tinggi, tetapi bahkan pertahanan cerdas pun membutuhkan perlindungan. Untuk memastikan pertahanan Anda memiliki perisai, solusi telah dibuat yang membantu melindungi tidak hanya perangkat individu dari peretasan, tetapi juga seluruh ekosistem IoT.

Ketenangan pikiran

Selalu akan ada kekhawatiran kecil di sekitar rumah – apakah kita sudah mematikan setrika atau menutup pintu? Siapa yang akan menyirami bunga saat sedang berlibur? Bahkan keraguan kecil saja sudah cukup untuk merusak malam bersama teman atau liburan singkat bersama orang yang dicintai.

Perangkat pintar dapat memberikan jaminan dan rasa aman yang sangat dibutuhkan dalam situasi seperti itu. Detektor kebocoran air pintar, misalnya, yang bereaksi terhadap kontak dengan air, dapat membantu Anda tetap tenang dan santai. Sensor dapat dipasang di sebelah baterai, pipa di kamar mandi dan di dapur. Perangkat tidak hanya dapat memantau ketinggian air, tetapi juga menentukan tingkat kelembaban di dalam ruangan: jika suatu saat terjadi kebanjiran dari atas, Anda akan segera mengetahuinya meskipun tidak di rumah.

Situasi yang sama berlaku dengan detektor asap pintar, yang dapat memperingatkan bahaya sebelum terlambat. Jika kabel tiba-tiba menyala di rumah atau kobaran api yang menyala, sensor akan segera bereaksi.

Asisten penting lainnya – soket pintar – juga akan memberi pemberitahuan jika Anda lupa mematikan setrika saat terburu-buru. Hanya dengan melihat pemberitahuan di ponsel cerdas, Anda dapat memutuskan sambungan perangkat dari jarak jauh dari sumber daya, di mana pun berada.

Kenyamanan

Akhirnya tiba saatnya ketika Anda dapat benar-benar bersantai dan meninggalkan beberapa tugas rumah tangga di tangan teknologi. Dengan mengotomatiskan beberapa jenis furnitur, kita dapat meningkatkan kenyamanan dan perawatan kesehatan ke tingkat lebih tinggi.

Misalnya, Eight Sleep telah mengembangkan tempat tidur yang dilengkapi dengan sensor yang mampu memantau kualitas tidur pengguna berdasarkan 15 parameter, termasuk durasi fase REM dan deep sleep, serta pola detak jantung. Ini memungkinkan Anda untuk memilih waktu yang optimal untuk tidur dan bangun.

Tempat tidur pintar akan membangunkan pemiliknya dengan lembut, menangkap momen ketika tubuh siap untuk bangun, dan menciptakan lingkungan pagi yang menyenangkan, misalnya, menghidupkan musik yang tenang atau getaran ringan, menyalakan lampu atau menyalakan mesin kopi melalui perintah suara.

BACA JUGA:  Riot Games dan Netflix Keluarkan Poster Karakter ARCANE

Selain kenyamanan tidur, rumah pintar juga dapat membuat aktivitas memasak menjadi lebih mudah, nyaman, dan menyenangkan. Misalnya, Layar Cerdas Dapur EYWA, sebuah panel kecil, tidak lebih besar dari pintu lemari dinding standar. Ini menjadikannya penolong yang sangat diperlukan dengan kemampuannya sebagai berikut:

  • Menemukan resep masakan online;
  • Membuat daftar bahan-bahan yang dibutuhkan;
  • Melakukan pembelian mandiri secara online;
  • Melakukan pengiriman pesanan pada waktu tertentu;
  • Menyalakan peralatan rumah tangga dan atur timer;
  • Mengalihkan perhatian anak-anak dengan kartun;

Untuk menggunakan solusi cerdas yang terintegrasi ke dalam aktivitas harian Anda dengan aman (termasuk memasak, berbelanja, memilih konten), Anda perlu memastikan keamanan perangkat itu sendiri. Jika tidak, penyerang bisa masuk ke jaringan rumah dan mendapatkan akses ke data pribadi melalui papan pintar atau sakelar yang nyaman.

Langkah pertama dan paling sederhana mungkin adalah mengubah kata sandi perangkat default menjadi kata sandi yang lebih kompleks – dan tidak menyalinnya untuk penggunaan di akun lain. Jika Anda memiliki banyak perangkat dan sulit mengingat semua kata sandi, Anda dapat menggunakan solusi khusus untuk melindungi ekosistem rumah pintar. Ini tidak hanya akan menjaga keamanan kata sandi, tetapi juga memperingatkan Anda jika kata sandi telah disusupi.

Ramah hewan peliharaan

Selain menjaga keamanan dan kenyamanan pemilik rumah, pasar IoT berupaya membuat hidup lebih mudah dan lebih baik bagi hewan peliharaan. Menurut penelitian, tingkat pasar PetTech di Amerika Serikat telah mencapai $5,5 miliar – ini termasuk kerah yang terhubung, pintu pintar, feeders, pagar, mainan, dll.

Beberapa perangkat hewan peliharaan pintar yang paling populer adalah untuk minuman dan makanan. Mereka membantu tidak hanya mengontrol nutrisi dan mencegah makan berlebihan, tetapi juga memungkinkan Anda meninggalkan hewan peliharaan untuk sementara waktu di rumah sendirian, tanpa khawatir kucing Anda lapar atau telah menjatuhkan semangkuk air. Tentu saja, dalam beberapa situasi ekstrem, kucing juga dapat mengaktifkan mode bertahan hidup – misalnya, kucing baru-baru ini ditemukan memakan kardus dan menegak air dari keran bocor selama 52 hari. Namun, tidak ada pemilik yang ingin mengulangi skenario ini untuk hewan peliharaan mereka.

Contoh lain adalah rumah pintar bagi hewan yang dirancang untuk meningkatkan kenyamanan hewan peliharaan. Mereka dilengkapi dengan kontrol suhu cerdas dan sensor lingkungan yang mengatur suhu di dalam tergantung pada jumlah derajat di luar. Selain itu, rumah pintar tersebut juga dapat memantau kesehatan hewan, melacak dan merekam aktivitas hewan peliharaan dan data tidur. Semua informasi ini dapat dibaca dari aplikasi di ponsel cerdas untuk memantau kesehatan hewan peliharaan Anda secara tepat waktu.

BACA JUGA:  HP Gaming 1 Jutaan Terbaik Agustus 2021

Hunian ramah lingkungan

Selain kenyamanan dan keamanan, teknologi rumah pintar membantu membuat hidup kita lebih ramah lingkungan dengan memungkinkan untuk menggunakan sumber daya secara lebih cerdas – misalnya, menggunakan air dan listrik dengan cara yang lebih rasional.

Misalnya, sensor bisa menyalakan dan mematikan lampu di suatu ruangan, tergantung dari keberadaan seseorang atau tidak. Pilihan lain adalah pemanas cerdas, yang memungkinkan Anda mempertahankan parameter iklim mikro tertentu di setiap kamar. Misalnya, jika setiap orang berangkat sekolah dan bekerja di pagi hari, sistem dapat mengurangi konsumsi energi dan meningkatkannya di kemudian hari ketika semua orang kembali.

Namun, selain mengendalikan konsumsi energi, rumah pintar modern juga mampu menghasilkan energi. Untuk ini, sistem untuk produksi energi alternatif dibangun – seperti panel surya, turbin angin atau instalasi panas bumi.

Tergantung pada lokasi bangunan, dalam beberapa kasus, bahkan energi air – arus atau pasang surut – dapat digunakan. Akibatnya, pusat kendali rumah pintar tidak hanya dapat mengontrol konsumsi energi tetapi juga memantau produksinya, serta distribusi yang tepat.

Rumah pintar modern yang dibangun dari awal telah mencakup teknologi hemat energi. Kebocoran panas dan emisi CO2 dari bangunan seperti itu adalah minimal. Dinding pintar, atap, dan elemen bangunan lainnya dapat memberi tahu pemiliknya tentang masalah mereka: munculnya kebocoran kelembaban atau panas. Ini memungkinkan Anda untuk segera memperbaiki kerusakan yang timbul.

“Secara umum, pasar untuk perangkat pintar tumbuh secara aktif dan produsen sistem tersebut berusaha untuk mendigitalkan lebih banyak elemen rumah. Hal ini tidak hanya meningkatkan keamanan dan kenyamanan, tetapi juga bermanfaat bagi lingkungan. Akibatnya, rumah pintar diubah dari sekelompok perangkat sederhana menjadi ekosistem digital berlapis, dan ini tentunya membutuhkan tingkat perlindungan yang sesuai.” Tutup Chris Connell, Managing Director untuk Asia Pasifik di Kaspersky.