sukareview.com – Teknologi 5G sekarang ini masih jadi sebuah topik yang hangat untuk diperbincangkan. Tentunya ini tidak mengherankan karena teknologi 5G ini adalah sebuah terobosan baru di Indonesia. Kita jadi harus mengetahui kelebihan dan kekurangan HP 5G.

Teknologi ini tidak hanya menawarkan sebuah ‘peningkatan’ saja, namun juga menghadirkan era baru untuk transformasi digital di Indonesia. Lengkapnya kalian juga bisa baca ulasan apa itu 5G.

Inilah yang membuat banyak produsen smartphone memproduksi ponsel 5G. Di pasaran, Anda bisa menemukan berbagai jenis ponsel dengan jaringan 5G dari berbagai jenis dan merk.

Salah satunya adalah perusahaan Oppo yang mengeluarkan ponsel seri Oppo Reno 6 5G. Harga Oppo Reno 6 ini sendiri berada di kisaran Rp6 juta saja.

Bicara tentang teknologi 5G, kebanyakan orang akan membicarakan tentang kecepatan ultra yang sangat tinggi dan latensinya yang rendah. Juga kelebihan dan kekurangan menggunakan HP 5G.

Jaringan 5G ini juga menawarkan kecepatan internet yang juga tinggi, bahkan diduga 10 kali lebih cepat daripada jaringan 4G yang sedang kita pakai saat ini. Tentu saja ini jadi nilai plus untuk masyarakat Indonesia yang sering berselancar di media sosial.

Tanpa disadari, kelebihan yang dihadirkan ini ternyata tidak hanya tentang jaringan yang super cepat. Dengan memiliki ponsel 5G maka Anda bisa memiliki pengalaman baru yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Untuk mengetahui kelebihan dari ponsel dengan jaringan 5G ini, Anda bisa membaca ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Menikmati Hiburan dengan Resolusi Tinggi

Berkembangnya teknologi 5G ini didukung dari industri hiburan. Jika Anda suka menonton konten di sosial media, maka Anda bisa mendapatkan momen dan pengalaman baru dari menikmati hiburan di ponsel jaringan 5G Anda.

BACA JUGA:  Telkom Gelar InnoVillage 2021 Sebagai Upaya Lahirkan Sociopreneur Muda Indonesia

Dengan jaringan ini, maka Anda bisa menikmati layanan streaming film atau pertandingan olahraga dengan resolusi yang tinggi bahkan sampai 8K tanpa buffering sekalipun.

Dengan kecepatan tinggi ini, Anda bisa menonton konser virtual yang diadakan oleh artis favorit Anda di rumah sehingga lebih terasa seperti menonton secara langsung!

Ini adalah kelebihan HP 5G, misalnya yang dihadirkan OPPO.

2. Adanya Konsep Smart Living dengan Teknologi IoT

Ketika Anda memiliki kegiatan yang cukup padat sehari-hari, maka Anda sering terpikir untuk melakukan banyak kegiatan dengan lebih praktis. Hadirnya jaringan 5G di Indonesia ternyata mampu menghadirkan teknologi IoT atau Internet of Things yang bisa membuat kegiatan Anda lebih praktis.

Dilansir dari Wired UK, teknologi IoT ini adalah sebuah jenis teknologi yang bisa mengumpulkan banyak informasi dalam internet dengan sistem yang otomatis.

Ini memudahkan Anda yang sedang melakukan suatu pekerjaan karena dapat mengumpulkan informasi yang telah dianalisis dengan baik oleh jaringan itu.

Kesimpulannya, Anda bisa memiliki konsep Smart Living dan mampu mengontrol semuanya dalam satu klik lewat teknologi IoT. Mematikan listrik di rumah hanya butuh satu perintah lewat ponsel 5G kamu!

Kelebihan dan kekurangan HP 5G nantinya bakal semakin menarik.

3. Berinteraksi Lintas Batas dengan Level yang Berbeda

Anda mungkin tidak asing dengan istilah Metaverse. Jaringan 5G ini dapat membuat Anda menjelajahi dunia Metaverse dan melakukan interaksi lintas batas!

Dengan menggunakan teknologi dari 5G dan AR (Augmented Reality), Anda bisa melakukan komunikasi dengan semua orang tanpa terhalang jarak.

Mungkin Anda berpikir, sekarang Anda bisa melakukan komunikasi secara online dengan mudah karena jaringan 4G, namun di jaringan 5G maka Anda bisa membuat interaksi online yang sangat berbeda dan terasa seperti nyata.

BACA JUGA:  Smartphone RAM 4GB Harga Murah di September 2021, Spek Dewa

Anda bisa bertemu dengan teman yang tinggal jauh dari negeri Anda atau bahkan keluarga yang jauh dengan teknologi ini.

4. Belanja Online rasa Offline

Anda senang berbelanja online? Memang kegiatan berbelanja secara online ini makin meningkat di masa pandemi. Namun, berbelanja secara offline terkadang memberikan lebih banyak keuntungan untuk semua orang.

Nah, dengan hadirnya teknologi 5G, Anda bisa merasakan sensasi berbelanja online namun seperti sedang belanja offline.

Dengan memanfaatkan teknologi XR (Extended Reality) yang termasuk di dalamnya adalah Virtual Reality, Augmented Reality, dan Mixed Reality, Anda bisa memilih barang yang ada di pameran virtual!

Tidak heran, jaringan ini disebut-sebut sebagai jaringan yang mendukung perkembangan UMKM Indonesia. Ini jadi kelebihan HP 5G.

5. Banyaknya Perangkat yang Terhubung

Ini jadi keuntungan yang tidak kalah penting bagi Anda yang memutuskan untuk memiliki ponsel 5G. Apalagi jika Anda sering mengalami masalah koneksi internet yang terhubung di berbagai perangkat.

Teknologi 5G dapat memberikan ruang yang lebih banyak di jaringan yang akan digunakan. Kapasitasnya yang besar ini membuat Anda mendapatkan kecepatan internet yang tinggi saat memakai ponsel 5G.

Ponsel dengan teknologi 5G ini dapat menghadirkan performa yang lebih konsisten walau dihubungkan ke berbagai perangkat di satu waktu yang bersamaan. Anda tidak perlu khawatir dengan internet yang lemot atau video call yang terputus jika sedang WFH atau melakukan kegiatan lain.

Teknologi 5G ini terdengar sangat seru bukan? Anda bisa merasakan berbagai pengalaman baru yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Tentunya pengalaman ini bisa Anda dapatkan dalam Oppo Reno 6 yang telah dilengkapi dengan jaringan 5G!

Untuk mendapatkan ponsel pintar berkualitas, jangan lupa untuk mengunjungi website dan aplikasi Blibli. Selain mendapatkan ponsel impian, Anda juga bisa mendapatkan berbagai promo menarik yang tentunya menguntungkan! 

BACA JUGA:  Cara Transfer Pulsa Telkomsel 2022 (Update September)

Mungkin juga selain kelebihan, ini bisa jado kekurangan HP 5G.

Kekurangan HP 5G

Tapi harap dicatat, ada juga kekurangan HP 5G yakni kita cenderung terasa boros dalam menggunakan kuota internet. Pasalnya akses cepat membuat kita tidak terasa saat upload download dalam ukuran besar.

Selain itu, untuk saat ini kekurangan HP 5G adalah masalah ketersediaan jaringan yang masih terbatas. Jadi tidak semua tempat, lokasi dan daerah menyediakan akses ini.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan HP 5G.