sukareview.com – Kamera Xiaomi 12 Pro vs iPhone 13 Pro untuk mencari mana yang terbaik diantara kedua jajaran flaship dari brand ponsel paling terkemuka di dunia saat ini.

Pada peluncuran seri Xiaomi 12 Pro beberapa waktu lalu, Pendiri Xiaomi, Lei Jun berkali-kali membandingkan seri Xiaomi 12 dengan seri iPhone 13.

Hal ini merupakan pertama kalinya Xiaomi mengembangkan lini telepon unggulan mereka melawan ponsel unggulan Apple yang digaungkan lansung oleh pendiri perusahaan mereka. 

Xiaomi 12 Pro tidak diragukan lagi adalah model yang paling mencolok dalam seri ini, sementara saingannya, iPhone 13 Pro juga merupakan iPhone paling populer tahun ini.

Nah, mari kita mulai dengan pengaturan kamera mereka. 

Xiaomi 12 Pro vs iPhone 13 Pro

IPhone 13 Pro dilengkapi dengan sistem kamera belakang tiga lensa, termasuk lensa utama f / 1.5 setara 26mm, lensa ultra-wide-angle 13mm f / 1.8, dan lensa telefoto 77mm f / 2.8 3x lainnya. Ketiga kamera tersebut memiliki resolusi 12MP.

Xiaomi 12 Pro tampaknya memiliki pengaturan kamera yang lebih mumpuni di atas kertas. Ini juga memiliki kombinasi tiga lensa yang serupa, dan ketiga lensa memiliki resolusi tinggi 50MP, termasuk kamera utamanya, kamera telefoto 2x, dan lensa ultra-wide lainnya. 

Xiaomi 12 Pro vs iPhone 13 Pro – Kamera Utama

Sekarang mari kita mulai dengan kamera utama mereka. Cukup mengejutkan bahwa Xiaomi 12 Pro menerapkan penyetelan warna yang lebih agresif, yang mengarah ke sampel yang memiliki warna yang lebih jelas dibandingkan dengan apa yang kita lihat dalam kehidupan nyata.

Sementara iPhone 13 Pro pandai menghadirkan warna asli bersama dengan white balance yang baik yang mencerminkan lingkungan yang sebenarnya.

Namun di sisi lain, Xiaomi 12 Pro jauh lebih mudah menghadirkan warna yang lebih cerah dengan kejenuhan tinggi, yang pada pandangan pertama, lebih eye-catching. 

BACA JUGA:  Bakers Go Pink X Blibli Ajak Pelanggan Berkontribusi pada Penanganan Isu Sosial

Dalam sebagian besar kondisi, sampel ponsel Xiaomi tampaknya memiliki kontras yang lebih tinggi, tetapi jika kita melihat lebih dekat, sebenarnya memiliki sedikit cerah di area gelap.

Terutama untuk pemotretan kontras tinggi, keduanya tidak benar-benar memiliki kontrol otomatis yang baik untuk adegan gelap.

Meskipun kamera utama Xiaomi 12 Pro mendukung resolusi asli 50MP, namun tidak membawa banyak manfaat dalam hal kejelasan gambar dengan detail yang lebih tajam bila dibandingkan dengan sampel iPhone. 

Xiaomi 12 Pro vs iPhone 13 Pro – Kamera Ultra-Wide

Adapun lensa ultra-lebar, kita harus mengatakan keduanya memiliki detail gambar yang sangat bagus dan gambarnya jelas dan tajam. Meskipun model Xiaomi sedikit lebih baik daripada iPhone 13 Pro, perbedaannya sangat sulit untuk diperhatikan tanpa perbandingan yang cermat. 

Preferensi warna lensa sudut lebar kedua model hampir sama dengan apa yang kami temukan di kamera utama mereka. Warna model Xiaomi masih cerah dan jenuh tinggi, sementara iPhone masih lebih realistis. 

Dan keduanya tidak menunjukkan banyak fringing, yang lebih baik daripada lensa sudut lebar kebanyakan ponsel. 

Xiaomi 12 Pro vs iPhone 13 Pro – Telephoto (2X,3X,5X)

Adapun kamera telefoto, pada Xiaomi 12 Pro, mendukung zoom optik 2x, sementara iPhone 13 Pro menawarkan zoom optik 3x. Jadi untuk pemotretan 2x, model Xiaomi dengan sensor 50MP tidak diragukan lagi menghadirkan gambar yang lebih murni dan lebih tajam dengan kontrol fokus yang lebih baik.

Demikian pula, model iPhone 13 Pro menawarkan presentasi warna yang lebih baik dengan detail yang lebih kaya selama pemotretan 3x. Tapi secara pribadi, saya lebih suka solusi telefoto iPhone.

Karena tidak terlalu jauh di belakang selama pemotretan 2x, tetapi sementara itu, zoom optik 3x mendukung telefotografi yang lebih baik pada 3x ke atas. Misalnya, jika kita memotret pada zoom 5x pada kedua model, iPhone 13 Pro dapat memberikan gambar yang dipotong dengan lebih sedikit kehilangan gambar dan detail yang lebih baik juga.

BACA JUGA:  3 Perangkat Esensial Pintar Ini Wajib Ada di Rumah Anda

Tetapi di sisi lain, jika Anda melakukan banyak pemotretan potret, saya akan mengatakan bahwa 2x optik model Xiaomi adalah pilihan yang sangat baik, bahkan lebih baik daripada 3x iPhone.  

Xiaomi 12 Pro vs iPhone 13 Pro – Sampel Malam

Kemudian kami beralih ke malam hari. Setelah membandingkan bidikan malam, ini adalah kesimpulan kami: peningkatan kinerja malam iPhone 13 Pro masih kalah telak dibandingkan dengan Xiaomi 12 Pro. 

Meskipun kami memotret di bawah mode otomatis, kedua model ini dapat meningkatkan pencitraan setelah AI mengenali adegan malam. Selain mode otomatis, mereka juga menyediakan mode malam yang lebih agresif.

Untuk mengakses efek malam yang lebih baik, kamu perlu menyesuaikan efek malam iPhone dengan opsi maks, sedangkan untuk Xiaomi 12 Pro, kamu tinggal beralih ke mode malam.

Tapi kali ini, saya harus mengakui bahwa kamera Xiaomi 12 Pro juga memberikan pengalaman yang lebih user-friendly untuk pemotretan malam. Berkat perangkat lunak MIUI yang dioptimalkan, pengalaman pemotretan malam jauh mengalami peningkatan juga.

Untuk kamera utama, mode malam Xiaomi 12 Pro memiliki presentasi warna yang lebih baik dengan gambar yang lebih murni. Meskipun tampaknya sampel iPhone menjadi buram karena lebih sedikit autofokus, yang mengakibatkan sedikit lebih banyak kehilangan detail kegelapan.

Di sebagian besar adegan malam, mode otomatis model Xiaomi sudah berkinerja sangat baik, dan dengan mode malam menyala, foto cenderung mendapatkan eksposur yang relatif seimbang, sementara juga sedikit meningkatkan kemurnian gambar. 

Xiaomi 12 Pro vs iPhone 13 Pro – Video

sumber: youtube gizmochina https://youtu.be/FYA6gr1VQVo

Adapun pengambilan video, mode sinematik di iPhone 13 Pro adalah fitur paling mengesankan yang pernah kami lihat untuk pembuatan video seluler. Dan itu bekerja cukup baik dengan fokus potret subjek yang sangat baik dan efek kabur.

BACA JUGA:  Mau, Lari Ditemani Coach Pribadi? Galaxy Watch4 Solusinya

Sejauh ini iPhone 13 Pro masih yang terbaik di antara semua smartphone dengan stabilitas nya yang luar biasa.

iPhone 13 Pro mendukung resolusi 1080P dengan lensa utama dan lensa telefoto, dan pengenalan tepi tidak cukup akurat saat memotret dalam skenario yang rumit.

Sementara untuk Xiaomi, fitur pemfokusan baru, Cyber-focus, juga bekerja dengan baik dan menawarkan pemfokusan cepat dalam pengambilan video yang mendukung resolusi hingga 4k tetapi hanya tersedia pada lensa utama dan lensa telefoto2x.