Di era yang serba cepat seperti sekarang ini, smartphone yang bagus sebaiknya tidak hanya berfungsi sebagai media penyimpan data, komunikasi, serta alat pengambil rekaman audio, foto dan video saja.

Seperti namanya, smartphone (ponsel pintar) haruslah dapat berfungsi secara pintar untuk bisa lebih memudahkan aktivitas sehari-hari kita.

Salah satu fitur canggih pada smartphone yang akhir-akhir ini sering menjadi incaran warganet adalah NFC (near field communication).

Smartphone yang memiliki dukungan fitur NFC dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas tambahan seperti cek saldo uang elektronik, transfer data cepat hingga melakukan cetak dokumen secara langsung ke mesin printer.

Sayangnya, tidak semua smartphone telah dibekali dengan fitur ini.

Ya, smartphone dengan fitur ini biasanya memang dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Tapi kamu tentu masih bisa memiliki ponsel dengan fitur NFC tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Berikut ini, sukareview.com telah mengumpulkan daftar 7 smartphone murah terbaik di tahun 2021 yang sudah mendukung fitur NFC.

  1. Nokia 2
  2. LG G2
  3. Asus Zenfone 5 ZE620KL
  4. Xiaomi POCO X3 NFC
  5. Xiaomi Redmi Note 8 Pro
  6. Realme 7
  7. Vivo V20

1. Nokia 4.2

Jajaran ponsel murah dengan fitur NFC yang pertama diisi oleh produk keluaran Nokia, yaitu Nokia 4.2.

Dibanderol dengan harga 2 Jutaan, ponsel ini pertama kali masuk ke pasar gawai Indonesia pada bulan Mei tahun 2019 lalu oleh HMD Global.

Ponsel ini memiliki spesifikasi inti yaitu RAM 3GB dan memori internal 32GB. Sistem operasi yang dijalankan oleh ponsel ini adalah Android 9 Pie. Dari sisi kamera, Nokia 4.2 memiliki resolusi 13 MP untuk main-camera dan 2 MP untuk selfie-camera.

Selain itu, handphone ini juga membawa fitur low-light HDR yang digadang-gadang mampu mengambil berbagai foto secara simultan dan menggabungkannya menjadi sebuah foto yang lebih kaya cahaya, warna yang lebih kuat serta jangkauan dinamis yang lebih luas.

BACA JUGA:  Indigo, Program Inkubasi dan Akselerasi Startup Milik Telkom Lakukan Rebranding Setelah 8 Tahun Didirikan

2. LG G2

Pilihan HP NFC murah berikutnya adalah LG G2. Ponsel yang dirilis sejak Agustus 2013 ini mungkin merupakan handphone termurah yang sudah mendukung fitur NFC.

Dibanderol dengan harga 1 Jutaan, ponsel pintar ini dibekali dengan Chipset Qualcomm MSM8974 dan RAM 2GB, dan terdapat pilihan kapasitas memori internal yaitu 16GB serta 32GB.

Selain itu, LG G2 juga membawa spesifikasi kamera standar yaitu 13 MP f/2.4 29mm untuk kamera utama serta 2.1 MP untuk kamera depan.

Dari sisi daya, LG G2 membopong baterai tanam dengan kapasitas 3000 mAh. Pada posisi standby, daya baterai handphone ini mampu bertahan hingga 900 Jam.

3. Asus Zenfone 5 ZE620KL

Daftar berikutnya diisi oleh salah satu ponsel anyar keluaran Asus, Zenfone. Kualitas Zenfone memang sudah tidak diragukan lagi, apalagi dari sisi tampilan grafis.

Didukung dengan panel IPS, ponsel ini mampu memberikan pengalaman visual yang sangat ciamik bagi para penggunanya.

Pilihan kapasitas memori handphone Zenfone 5 ZE620KL ini terbagi menjadi dua, yaitu pilihan pertama dengan memori internal 64GB dan RAM 4GB serta pilihan kedua dengan memori internal 64GB dan RAM 6GB.

Ponsel yang dirilis pada awal 2018 ini, juga dibekali dengan kapasitas daya baterai 3300 mAh yang cukup untuk penggunaan normal sehari-hari.

4. Xiaomi POCO X3 NFC

Sementara itu, di jajaran ponsel pintar keluaran Xiaomi kita memiliki pilihan handphone yang sudah menggunakan NFC, yaitu Xiaomi POCO X3 NFC.

Tidak hanya memiliki fitur NFC, ponsel ini juga termasuk ke kategori HP gaming murah berkat dukungan chipset Qualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G (8 nm) dan beberapa opsi kapasitas memori yaitu 64GB/4GB, 128GB/6GB serta 128GB/8GB.

BACA JUGA:  Advan Bersama Telkomsel Luncurkan Orbit CPE Hybrid Router

Selain itu, layar smartphone ini juga didukung dengan kecepatan refresh-rate 120Hz yang akan memanjakan mata anda ketika melakukan browsing di internet.

Dari sisi daya, smartphone Xiaomi POCO X3 NFC didukung dengan baterai berkapasitas tinggi. Yaitu 5160 mAh dan dilengkapi dengan fitur pengisian daya yang super cepat 33W Teknologi Liquid-Cool 1.0 Plus.

Handphone Xiaomi POCO X3 NFC dibanderol dengan harga 3 Jutaan untuk pasar ponsel pintar Indonesia.

5. Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Jajaran ponsel pintar murah dengan dukungan fitur NFC yang berikutnya kembali diisi oleh produk dari Xiaomi, kali ini adalah tipe Redmi Note 8 Pro.

Dibanderol dengan harga 2 Jutaan, ponsel ini sudah mendukung teknologi kamera foto beresolusi tinggi yang digadang-gadang dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik untuk poster setinggi 3,2 meter.

Tidak tanggung-tanggung, Xiaomi Redmi Note 8 Pro dibekali dengan kamera level flagship, 64 MP Quad Camera serta prosesor berteknologi Liquid-Cool.

Tidak hanya itu, Redmi Note 8 Pro juga didukung dengan kapasitas baterai berkapasitas 4500 mAh yang cukup mumpuni untuk kebutuhan mobile kamu.

Dari sisi pengisian daya, ponsel ini sudah didukung dengan fitur fast-charging 18W dan port USB type C.

6. Realme 7

Pilihan HP NFC murah berikutnya adalah Realme 7. HP yang dapat dibeli dengan harga 3 Jutaan ini, juga dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur unggulan selain daripada NFC itu sendiri.

Dari sisi performa, Realme 7 dibekali dengan prosesor MediaTek Helio G95 dengan score AnTuTu lebih dari 300.000. Tidak hanya itu, Realme 7 juga didukung dengan kapasitas daya baterai yang cukup mumpuni, yaitu 5000 mAh.

Pengisian daya di ponsel ini pun juga sangat cepat. Realme 7 sudah didukung dengan fitur Dart-Charge dengan kecepatan tinggi, pihak Realme sendiri mengklaim bahwa hanya membutuhkan 26 menit untuk mengisi daya ponsel ini dari 0 hingga 50%.

BACA JUGA:  Cara Buka Blokir Web di HP Android via VPN

Refresh-rate pada layar ponsel ini juga terbilang cukup mumpuni apabila digunakan untuk kegiatan browsing dan sehari-hari. Yaitu 90Hz Ultra Smooth Display dengan resolusi layar 5,6″(16.5cm) FHD + Fullscreen

.

7. Vivo V20

Urutan HP NFC murah terakhir yang sangat layak menjadi pilihan adalah Vivo V20. Dibanderol dengan harga 4 Jutaan, ponsel ini didukung dengan kamera super wide-angle, macro dan light speckle bokeh.

Dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 7-Series Platform dan 8GB RAM serta 128GB ROM, ponsel ini merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang membutuhkan ponsel dengan mobilitas tinggi.

Dari sisi daya, Vivo Y20 dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh dengan fitur 33W Flash-Charge yang tentunya akan membuat pengisian daya berlangsung dengan cepat.

Tidak hanya itu, Vivo V20 juga dilengkapi dengan chip NFC Multi-functios yang terintegrasi dengan baik sehingga dapat memberikan pengalaman menggunakan fitur NFC terbaik bagi para penggunanya.

Dengan fitur NFC ini, kamu tidak hanya dapat melakukan transfer dokumen dan cek saldo uang elektronik, melainkan juga memindahkan fungsi kartu akses ke smartphone-mu.


Nah, itu dia sob daftar HP NFC murah yang bisa kalian jadikan referensi untuk memilih hp nfc yang sesuai dengan kepentingan dan budget yang kamu punya.