sukareview.com – GIGABYTE TECHNOLOGY Co. Ltd, produsen motherboard, kartu grafis, dan solusi perangkat hardware terkemuka, hari ini mengumumkan motherboard gaming Z690 AORUS yang secara sempurna mendukung prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12 terbaru.

Menampilkan hingga 20 + 1 + 2 fase desain VRM daya digital dengan setiap fase menahan hingga 105 amp dan desain heatsink Fins-Array III yang ditingkatkan.

Jajaran GIGABYTE Z690 AORUS dilengkapi dengan desain daya dan manajemen termal terbaik untuk melepaskan kinerja ekstrim dan kemampuan overclocking yang dioptimalkan pada prosesor Intel® Core™ seri K multi-core generasi baru.

PCB, slot, dan komponen PCIe® 5.0 juga di implementasikan pada motherboard GIGABYTE Z690 AORUS untuk meningkatkan kinerja dan stabilitas.

Slot memori SMD eksklusif dengan topeng pelindung logam untuk anti-interferensi dan pengaturan BIOS overclocking memori DDR5 menawarkan sinyal yang lebih stabil ke memori, yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kinerja XMP dan overclocking dengan stabil.

Motherboard GIGABYTE Z690 AORUS tertentu menawarkan I/O kaya fitur dengan pelindung I/O terintegrasi serta desain Thermal Guard III terbaru, Smart Fan 6 dan banyak fitur lainnya.

Kinerja, manajemen daya, termal, serta audio, membuat motherboard GIGABYTE Z690 AORUS sempurna untuk pengguna yang ingin membawa daya komputasi mereka ke tingkat berikutnya.

“Dengan munculnya platform Intel® Z690 generasi baru dan prosesor Core™ generasi ke-12, GIGABYTE juga meluncurkan motherboard terbaru untuk memberikan pengguna produk yang sangat tahan lama dengan kompatibilitas premium, kinerja terobosan, serta suhu rendah melalui catu daya yang dioptimalkan, pembuangan panas dan ekspansi.” kata Jackson Hsu, Direktur Channel Solutions Product Development Division GIGABYTE.

“Motherboard GIGABYTE Z690 dirancang untuk desainer profesional dan power user yang mengejar kinerja. Menampilkan catu daya digital maksimum 20+1+2 fase, pembuangan panas VRM kelas atas, PCB 2Oz, desain pembuangan panas backplane nano-karbon, komponen premium dan fungsi penyetelan eksklusif, motherboard GIGABYTE Z690 meningkatkan kinerja keseluruhan dan overclocking CPU dan memori.

“Selain itu, ditingkatkan dengan dukungan kartu grafis PCIe® 5.0, konfigurasi beberapa array disk PCIe® 4.0 M.2, jaringan 2.5G berkecepatan sangat tinggi serta versi diatasnya, dll., dan penyetelan profesional R&D, GIGABYTE Motherboard Z690 memberikan kinerja yang mengesankan, stabilitas, dan pastinya merupakan pilihan sempurna bagi pengguna kelas atas yang mengejar kinerja ekstrim pada platform Intel® Z690.” tambah Jackson

Desain daya 20+1+2 fase, meningkatkan stabilitas overclocking prosesor

Prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12 menandai perubahan dalam desain proses pada arsitektur dan soket LGA1700 baru, yang berarti pengguna tidak dapat tetap menggunakan prosesor sebelumnya dengan memodifikasi detail firmware atau hardwarecfgvcfgvcfgv karena soket yang tidak kompatibel.

Arsitektur baru ini menampilkan 7 loncatan Intel® dan desain “hibrida” P-Core serta E-Core, yang tidak hanya meningkatkan kinerja teoritis, tetapi juga memungkinkan prosesor beralih secara dinamis antara operasi kinerja tinggi dan mode hemat energi pemuatan rendah.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengambil keuntungan penuh dari prosesor secara fleksibel dengan tuntutan operasi sistem.

Dengan hingga 20+1+2 fase yang masing-masing Vcore dan Vcc GT dapat menampung hingga 105 amp dengan desain Smart Power Stage-nya, sementara Vcc AUX dapat menampung 70 amp dengan dua set desain DrMOS, motherboard GIGABYTE Z690 AORUS gaming kelas flagship membuka potensi penuh dari prosesor baru dan meningkatkan kinerja overclocking yang ekstrim pada semua core multi core.

BACA JUGA:  Jajaki Sirkuit Adelaide, Babak Ketiga Honda Racing Simulator Championship Siap Digelar Akhir Pekan Ini

Sementara itu, beragam komponen berkualitas tinggi dengan soket pin yang solid dapat memberikan daya yang lebih stabil dan menghilangkan panas secara lebih efisien dari operasi pemuatan berat atau overclocking untuk mencegah pelambatan CPU oleh panas berlebih, serta memberikan hingga 2300 Amps untuk memberikan keseimbangan daya terbaik.

Selain itu, penambahan kapasitor Tantalum Polymer meningkatkan respon transien VRM antara beban tinggi dan rendah, meningkatkan stabilitas dan kemurnian daya untuk prosesor sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang kegagalan overlock yang disebabkan oleh daya yang tidak stabil.

Selama overclocking yang ekstrim, Intel® Core™ i9-12900k mencapai frekuensi 8 GHz.

Desain tata letak canggih, overclocking memori yang luar biasa

GIGABYTE memperkenalkan memori DDR5 mulai dari motherboard Intel® Z690 kelas consumer dengan dukungan DDR4, dan menyiapkan berbagai motherboard Z690 untuk pengguna sesuai dengan permintaan pasar dan perbedaan kelas.

Model DDR4 tampil mengesankan sebagai generasi terakhir, sementara model DDR5 mendapat manfaat dari arsitektur memori baru yang memungkinkan kecepatan dari 4800 MHz dengan efisiensi daya tinggi, latensi rendah, dan konsumsi daya rendah. 

Selain Shielded Memory Routing yang telah terkenal, motherboard GIGABYTE Z690 juga mengadopsi DIMM memori SMD terbaru dan pelindung logam ganda bagi pengguna untuk menikmati kinerja overclocking memori premium dengan daya tahan lebih dan stabilitas lebih.

Pengujian sebenarnya juga menegaskan peningkatan kinerja overclocking LN2 hingga 8000 MHz ke atas.

Untuk memberikan pengguna kinerja overclocking memori yang mencolok dengan mudah, motherboard GIGABYTE Z690 AORUS mengemas berbagai teknologi yang ditingkatkan.

Disempurnakan dengan desain tata letak eksklusif, fitur “DDR5 Unlocked Voltage” dapat membuka rentang penyesuaian tegangan asli memori DDR5, yang memungkinkan pengguna untuk mencapai clock memori yang lebih tinggi dengan stabilitas lebih.

Selain itu, pengaturan BIOS juga dioptimalkan ke tingkat yang baru, dimana “DDR5 Auto Booster” dapat meningkatkan frekuensi asli DDR5 dari 4800 MHz menjadi 5000 MHz dengan satu klik sederhana dan secara otomatis meningkatkan memori Anda setelah Windows dimuat.

Hal ini memungkinkan peningkatan kinerja mengerahkan dalam penggunaan komputasi nyata. “DDR5 XMP Booster” memungkinkan pengguna untuk memilih dengan cepat dari beberapa profil overclocking memori bawaan dan yang telah disetel sebelumnya.

“Profil Pengguna XMP 3.0” memungkinkan pengguna untuk membuat dan membakar profil XMP mereka sendiri untuk melepaskan kinerja memori yang ekstrem.

Teknologi Fins-Array III dilengkapi dengan bantalan termal koefisien tinggi

Untuk meningkatkan pembuangan panas secara keseluruhan, motherboard GIGABYTE Z690 AORUS MASTER dan di atasnya menampilkan teknologi Fins-Array III generasi baru untuk semakin memperbesar luas permukaan sirip termal hingga 9 kali lipat dari heatsink tradisional, yang menghilangkan lebih banyak panas saat udara dingin lewat.

oleh untuk pembuangan panas lanjutan. Desain Direct-Touch Heatpipe II memiliki fitur heatpipe sentuh langsung 8mm dengan jarak yang diperpendek dan area kontak yang ditingkatkan antara heatpipe dan heatsink untuk menurunkan suhu lebih cepat.

Sementara itu, motherboard GIGABYTE Z690 AORUS tertentu menerapkan bantalan termal LAIRD 9W/mK generasi baru di area VRM yang menawarkan pembuangan panas yang ditingkatkan secara signifikan dibandingkan dengan bantalan termal tradisional.

BACA JUGA:  Pembaruan Solusi Komputasi Edge dari Dell Technologies Dukung Kinerja TI Hingga di Luar Pusat Data

Lebih lanjut, motherboard AORUS yang dipilih memiliki pelat belakang logam dengan lapisan nano-karbon untuk desain termal yang bergaya, sementara beberapa model AORUS Z690 melanjutkan pelat logam one-piece berpenutup penuh pada area MOS dari desain sebelumnya untuk memberikan pembuangan panas yang lebih efisien.

Sirip berlipat ganda dan permukaan beralur menyediakan area pembuangan dua kali lebih besar daripada desain tradisional yang meningkatkan konveksi dan konduksi panas secara dramatis dengan memungkinkan lebih banyak aliran udara melewati heatsink.

Motherboard GIGABYTE Z690 mengadopsi PCB 6 lapis ke atas, bahkan hingga 10 lapis pada model kelas atas. Lapisan daya dan lapisan tanah keduanya menggunakan tembaga 2OZ untuk meningkatkan pembuangan panas di bawah operasi CPU berkecepatan tinggi untuk menghindari pelambatan oleh panas berlebih.

Selain desain termal perangkat keras pada VRM, motherboard GIGABYTE Z690 terus menerapkan teknologi Smart Fan 6 dan fungsi EZ Tuning untuk alokasi kipas yang lebih fleksibel, pengaturan yang lebih mudah pada fine tuning, dan mode pengaturan manual yang canggih.

Sekarang pengguna dapat lebih mengontrol pengaturan suhu sistem game untuk keseimbangan optimal antara senyap, sejuk, dan kinerja tinggi.

Bersiaplah untuk masa depan dengan desain PCIe® dan M.2 generasi baru

Prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12 dengan chipset Z690 mendukung spesifikasi PCIe® 5.0 terbaru. Untuk memenuhi bandwidth berkecepatan tinggi yang dibutuhkan oleh kartu grafis generasi berikutnya, motherboard GIGABYTE Z690 AORUS secara komprehensif mengadopsi desain PCIe® 5.0 dan komponen terpilih dari PCB, slot PCIe®, dan bahkan pengontrol untuk memberikan kualitas sinyal yang dioptimalkan dan mempersiapkan teknologi masa depan.

Desain armor baru untuk slot PCIe® 5.0 semakin meningkatkan kekuatan untuk ketahanan yang lebih baik. Selain itu, semua motherboard Z690 AORUS ATX dilengkapi empat slot PCIe®4.0 M.2.

Melalui dukungan VMD pada platform Z690, konfigurasi RAID diaktifkan melalui integrasi tata letak dari CPU dan chipset untuk memberikan kecepatan akses lebih dari 20000 MB/s.

Dalam hal operasi kecepatan tinggi, desain pembuangan panas menjadi sangat penting untuk SSD. Heatsink yang diperbesar dari motherboard Z690 AORUS tertentu dan Thermal Guard XTREME paten GIGABYTE, yang ditingkatkan dengan mempertinggi, melebarkan, heatsink yang diperbesar dengan heatpipe, memberikan pendinginan optimal untuk SSD PCIe 4.0 M.2 untuk mencegah pelambatan termal di bawah operasi kecepatan tinggi.

Jaringan secepat kilat, efek suara luar biasa, kemampuan ekspansi yang kuat

Jajaran GIGABYTE Z690 AORUS dilengkapi dengan 2.5Gb Ethernet, bahkan 10Gbit pada model unggulan, dan jaringan Intel® WiFi 6E 802.11ax untuk opsi jaringan paling lengkap dan fleksibel.

Selain itu, motherboard GIGABYTE Z690 AORUS sepenuhnya mengemas teknologi terbaru untuk memenuhi kebutuhan, termasuk slot USB 3.2 Gen2x2, 3.2 Gen2, dan ekspansi Thunderbolt™ 4 / USB 4.

Penambahan tombol QFLASH+ dan Clear CMOS membuat lebih mudah dan nyaman bagi pengguna untuk memecahkan masalah sistem mereka atau memperbarui BIOS mereka tanpa menginstal prosesor.

Bagian atas jajaran GIGABYTE Z690 AORUS menggunakan mesin audio SNR tinggi dan memasangkannya dengan kapasitor audio kelas studio WIMA FKP2, dan mengintegrasikan ESS SABRE DAC dengan DTS?X® Ultra untuk menghadirkan audio fidelitas tinggi untuk pengalaman suara yang paling berlimpah, baik itu untuk bermain game atau hiburan.

BACA JUGA:  realme Umumkan Tanggal Peluncuran realme GT Neo2 yang digadang sebagai “The Most Disruptive 5G Flagship Killer”

Motherboard unggulan Z690 AORUS XTREME memperkenalkan ESSential HEX USB DAC, yang merupakan codec audio ESS SABRE HiFi ES9280A built-in dengan ESS ES9080A untuk memproses audio saluran kiri dan kanan secara terpisah, dengan sempurna menghadirkan efek filter Linear Apodizing, mengurangi distorsi mode Linear murni, dan selanjutnya meningkatkan kedalaman dan keterbukaan gema panggung suara.

Pengguna dapat menikmati pengalaman audio yang lebih mendalam tanpa menurunkan kualitas suara yang disebabkan oleh desain tata letak audio di dalam sasis.

ESSential HEX USB DAC juga menyediakan output audio hingga 40 KHz, memungkinkan pemain merasakan pengalaman suara yang paling realistis dan efek hiburan yang menyenangkan di luar batasan fisiologis.

Selain desain eksklusif di atas, motherboard GIGABYTE Z690 AORUS melanjutkan dukungan yang dicatat dari lightening LED digital dan setting interface BIOS grafis yang menampilkan informasi penting seperti kecepatan jam, memori, perangkat penyimpanan, pengaturan status kipas, dan informasi hardware penting lainnya dalam cara yang lebih intuitif dan ramah pengguna.

Sementara itu, teknologi Q-Flash memungkinkan pengguna untuk mem-flash file BIOS tanpa menginstal CPU, RAM, GPU, dan periferal lainnya.

Selain model AORUS, Gigabyte juga meluncurkan tiga motherboard seri AERO Z690 untuk kreator. Seri Z690 AERO terbaru dengan sempurna melepaskan kinerja ekstrim dari prosesor generasi baru, dan memberikan kinerja termal yang luar biasa untuk memastikan operasi sistem yang stabil.

Dengan dukungan PCIe® 5.0 terbaru, jajaran Z690 AERO memenuhi kebutuhan bandwidth berkecepatan tinggi dari kartu grafis generasi berikutnya di satu sisi, dan memberikan kualitas transfer sinyal yang dioptimalkan di sisi lain.

Jajaran produk ini melengkapi empat slot PCIe®4.0 M.2 dengan desain pelindung untuk menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup kepada kreator dengan pendinginan optimal tanpa mengkhawatirkan pelambatan termal di bawah operasi kecepatan tinggi.

Z690 AERO G dan Z690 AERO G DDR4 menampilkan teknologi VisionLINK yang terkenal, yang memungkinkan transmisi data dan video berdasarkan interface USB Type-C® dan menyediakan pengiriman daya hingga 60W untuk pen display kelas atas.

Teknologi VisionLINK memungkinkan berbagi kinerja dari kartu grafis kelas atas ke pen display melalui interface DP_IN, yang menjanjikan kreator lingkungan kerja yang lebih mulus, menghindari kabel yang berantakan dan menghemat lebih banyak waktu, ruang, serta upaya dalam pembuatan konten.

VisionLINK TB pada Z690 AERO D adalah versi lanjutan dari teknologi VisionLINK, yang mendukung semua fitur Thunderbolt™ 4 dan juga catu daya 60W.

Selain itu, fitur 2.5Gbit Ethernet, jaringan Intel® WiFi 6E 802.11ax, USB 3.2 Gen2x2 dan interface Type-C® depan juga membantu pembuat konten meningkatkan efisiensi kerja mereka secara signifikan.

Motherboard GIGABYTE Z690 AORUS menawarkan beragam fitur menarik untuk menjadi pilihan terbaik untuk platform komputasi dan game kelas atas.

Produk-produk ini sekarang tersedia di pasaran. Untuk informasi dan berita lebih lanjut, silakan kunjungi situs web GIGABYTE AORUS: https://aorus.com

Untuk informasi dan berita lebih lanjut tentang produk GIGABYTE, silakan kunjungi situs resmi GIGABYTE: http://www.gigabyte.com