sukareview.com – Hai Clubhousers! Seperti yang kita semua ketahui bahwa Clubhouse, aplikasi yang berbasis audio ini, telah hadir untuk menemani dan menghibur kita semua sejak 2020 lalu. Di awal kehadirannya, aplikasi Clubhouse hanya dapat diunduh secara eksklusif di perangkat iOS. Lalu, pada bulan Mei 2021, Clubhouse dengan bangga memberikan kabar bahagia bagi para pengguna Android, karena aplikasi ini sudah dapat diunduh dan dinikmati di perangkat Android. Melihat antusias para penggunanya yang semakin berkembang di seluruh dunia, Clubhouse semakin bersemangat dalam memberikan yang terbaik bagi para penggunanya. Hal ini tentu dapat terlihat dari upaya Clubhouse selama satu tahun terakhir dalam menyediakan fitur-fitur terbaru yang semakin mempermudah Clubhousers menggunakan Clubhouse, serta mencari dan mendapatkan informasi yang sesuai minat.

Tidak hanya itu, para Clubhousers juga memiliki kesempatan untuk saling berbagi informasi menarik yang dapat dilakukan dengan membuat “room” yang bisa dihadiri oleh banyak orang. Pembahasan yang diangkat dalam “room” pun beragam, mulai dari topik perkembangan ekonomi, teknologi, kesehatan, musik, hingga cerita misteri. Nah, ingin tahu lebih lanjut apa saja fitur-fitur terkini dari Clubhouse? Mari simak daftarnya!

Clubhouse Menghapus Sistem “Daftar Tunggu (waitlist)”

Ucapkan “Selamat datang!” kepada semua orang – Pada Juli 2021, Clubhouse memutuskan untuk menghapus sistem ‘daftar tunggu’ atau waitlist. Seperti yang diketahui, saat pertama kali muncul, Clubhouse memiliki sistem yang mengharuskan pengguna baru untuk mendapatkan ‘undangan’ dari pengguna lainnya untuk bisa menggunakan aplikasi Clubhouse. Namun, kini sistem tersebut telah dihapus. Kini semua orang dapat langsung bergabung dan menggunakan Clubhouse tanpa harus menunggu ‘undangan’ dari pengguna lainnya.

“Backchannel”, fitur pesan di Clubhouse

BACA JUGA:  Redeem Code FF 28 Agustus 2021: Gratis!

Pada Juli 2021, aplikasi Clubhouse semakin berkembang dengan mengumumkan fitur baru yaitu Backchannel, sebuah fitur layanan pesan instan yang dapat mempermudah para Clubhousers untuk berkomunikasi antar sesama pengguna.

Nikmati “Audio Spasial” di Clubhouse yang membuat percakapan terasa lebih hidup

Fitur menarik lainnya yang Clubhouse sediakan adalah “Audio Spasial”. Fitur ini dirancang untuk membuat para pengguna merasa lebih tenggelam dalam percakapan dan membuat audio yang kita dengarkan terasa lebih hidup dan dekat dengan kita.

Bayangkan jika Anda berada di “room” tentang musik bersama penyanyi idola Anda yang sedang bernyanyi, maka Anda akan secara otomatis akan merasakan idola Anda bernyanyi di hadapan Anda, menarik kan?!

Bergabung di ‘Klub’ di Clubhouse tanpa harus ‘mengikuti’ (follow) ‘Klub’ tersebut

Clubhouse menyederhanakan banyak hal dengan menghilangkan sistem “Followers” di Klub. Hal tersebut membuat Clubhousers dapat langsung bergabung menjadi anggota Klub dengan sistem ‘keanggotaan’. Jika Anda adalah Admin sebuah Klub, Anda dapat mengatur Klub tersebut dengan menjadikan keanggotaan dari Klub tersebut secara ‘open’ atau ‘terbuka’, artinya siapa pun dapat bergabung sebagai anggota Klub itu.

Atau pilihan lain adalah ‘by approval’, artinya Anda secara manual menerima satu per satu permintaan Clubhousers yang ingin menjadi anggota Klub. Untuk info lebih lanjut silakan klik di sini.

Apakah Anda seorang Clubhouser baru? Jangan khawatir, di Clubhouse ada Orientasi Bagi Pengguna Baru loh!

Jika Anda baru bergabung di Clubhouse atau memerlukan update tentang cara menggunakan Clubhouse, terdapat room bernama “New Member Orientation” atau “Orientasi Anggota Baru” setiap Kamis pukul 07:00 WIB yang dipimpin langsung oleh para pendiri Clubhouse, yaitu Paul Davison dan Rohan Seth; serta Anu Atluru, Head of Community Clubhouse. Mereka secara langsung akan menyambut dan mengajarkan Anda tentang fitur dan cara menggunakan Clubhouse. Keren banget kan!

BACA JUGA:  7 HP Dibawah 500 Ribuan Terbaik September 2021

Sebagai pengguna baru Clubhouse, simak panduan berikut. Terdapat dua “spaces” atau “halaman” yang paling penting di aplikasi Clubhouse, yaitu “the hallway” dan “room”. Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur di Clubhouse, Anda dapat klik di sini.

Creator Commons

Baru-baru ini, Clubhouse meluncurkan Creator Commons, sebuah platform untuk mendukung kesuksesan para kreator di Clubhouse. Clubhousers dapat menemukan informasi tentang Clubhouse dan tips untuk membuat “room” dan membuat “klub”, serta menentukan topik yang menarik untuk didiskusikan. Anda juga bisa mendapatkan informasi lengkap tentang cara bekerja sama dengan brand dan agensi. Intinya, Clubhousers dapat mengakses Creator Commons untuk mengetahui semua hal yang perlu disiapkan untuk membuat konten menarik di Clubhouse. Siapapun dapat mengakses Creator Commons di sini.

Hei, Anda tidak akan ketinggalan update apapun dari Clubhouse karena Clubhouse memiliki jadwal Town Hall mingguan yang dipimpin langsung oleh para pendiri Clubhouse!

Clubhouse SANGAT aktif memberikan informasi terbaru mengenai pembaharuan fitur dan hal lain seputar aplikasi Clubhouse melalui sesi Town Hall atau “Balai Kota” yang dilaksanakan setiap hari Minggu pukul 23.00 WIB di klub “Clubhouse HQ”. Di sesi ini, para pendiri Clubhouse, yaitu Paul Davison dan Rohan Seth; serta Anu Atluru, Head of Community Clubhouse, menyampaikan secara langsung informasi-informasi tersebut. Untuk mengikuti Town Hall ini, Clubhousers dapat bergabung dengan klub ini ‘Clubhouse HQ’.

KLUB ‘CLUBHOUSE HQ’

Klub resmi Clubhouse yang dimoderasi oleh tim internal Clubhouse. Klub ini membagikan informasi terkini seputar Clubhouse dan berita lainnya melalui sesi Town Hall setiap Minggu pukul 23.00 WIB.

Bergabung dengan klubnya di sini.

Selain itu, Clubhousers juga dapat bergabung dengan salah satu klub yang secara aktif merekap sesi Town Hall dari ‘Clubhouse HQ’ dalam Bahasa Indonesia yaitu:

BACA JUGA:  Bocor! Spesifikasi Realme Narzo 50A

KLUB ‘BINCANG TENGAH MALAM’

Klub ini dimaksudkan untuk berbagi cerita, pengalaman, informasi dan diskusi tentang berbagai hal, termasuk Rekap Town Hall Clubhouse yang dijelaskan dengan Bahasa Indonesia setiap Rabu pukul 19.00 WIB. Selain itu, di Klub ini juga terdapat room “Welcome to Clubhouse”, di mana dengan senang hati tim ‘Bincang Tengah Malam’ membuka sesi ‘Tanya Jawab’ dengan para Clubhousers baru mengenai fitur dan cara menggunakan aplikasi Clubhouse.

Bergabung dengan klubnya di sini.