sukareview.com – Dompet digital DANA meneguhkan komitmennya dalam meningkatkan inklusi keuagan digital melalui upaya kolaboratif dengan berbagai ekosistem dan para pemangku kepentingan. Komitmen tersebut kali ini diwujudkan melalui penandantanganan kerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang untuk pemanfaatan dompet digital guna perluasan dan peningkatan transaksi nontunai di kota tersebut. Kerja sama ini sekaligus mendukung Kota Semarang menjadi kota cerdas dan menjadi bagian dari upaya mewujudkan Indonesia Cashless Society.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Pemanfaatan Fasilitas dan Layanan Dompet Digital untuk Mendukung Semarang Smart City antara Pemerintah Kota Semarang dan DANA dilakukan di Semarang yang dilakukan oleh Hendrar Prihadi, Wali Kota Semarang yang diwakilkan oleh Iswar Aminuddin, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Semarang dan Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA. DANA saat ini sudah bisa digunakan untuk pembayaran pajak maupun penerimaan daerah serta untuk transportasi Trans Semarang.

“Kami mengapresiasi jajaran Pemerintah Kota Semarang yang sudah aktif mengajak berbagai pihak untuk pengembangan di sektor digitalisasi ekonomi di Semarang. Sebagai aplikasi teknologi finansial yang punya misi menjadikan keuangan digital semakin inklusif, DANA bertanggung jawab untuk mendukung berbagai ekosistem ekonomi guna mendorong kemudahan bertransaksi nontunai, termasuk untuk pembayaran pajak daerah. DANA menawarkan satu solusi terintegrasi untuk berbagai kebutuhan agar mampu mendorong masyarakat taat atas kewajibannya terhadap negara dan berkontribusi aktif dalam pembangunan ekonomi,” ujar Vince.

Vince menambahkan, dukungan DANA bukan hanya sebatas dalam hal memudahkan pembayaran pajak maupun penerimaan daerah, tetapi juga dalam upaya digitalisasi pelaku usaha khususnya UMKM di Kota Semarang baik dalam proses digital onboarding maupun memberikan pelatihan untuk peningkatan kemampuan. Program pelatihan kepada UMKM tersebut sudah digulirkan sejak 30 Oktober 2021 melalui program DANA Academy di Spiegel Semarang yang dihadiri oleh 30 mitra UMKM terpilih.

BACA JUGA:  Gojek Sukses Bantu Puluhan Ribu Mitra Usaha GoFood Perluas Akses Pasar melalui GoAds

Saat ini, jumlah pengguna DANA sudah melebihi 85 juta dengan 460.000 di antaranya adalah masyarakat Semarang. Sementara dari total 300.000 pelaku usaha termasuk UMKM yang menggunakan DANA Bisnis, 18% di antaranya adalah UMKM dari Semarang.

Inisiatif DANA untuk mendigitalisasi Kota Semarang ini juga mendapat sambutan hangat oleh Walikota Semarang yang diwakili oleh Iswar Aminuddin, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Semarang. Menurutnya, keterlibatan dan kolaborasi industri teknologi finansial seperti DANA menjadi kunci penting di era serba cepat dan penuh tantangan digitalisasi seperti ini. “Oleh karena itu, kami percaya bahwa kerja sama antara DANA dengan Pemerintah Kota Semarang akan memperkokoh kedudukan dan identitas Kota Semarang sebagai Smart City,” pungkasnya.