sukareview.com – Cara ubah foto jadi tulisan teks pakai aplikasi di ponsel ternyata tidaklah susah jika kita mengetahui cara dan menggunakan aplikasi yang benar. Dengan bantuan aplikasi berikut ini kamu hanya perlu memotret tulisan dibuku atau dokumen tanpa harus repot mengetiknya kemudian foto tersebut akan menjadi teks layaknya teks ketikan.

Perkembangan teknologi semakin cepat dan maju semenjak didukung oleh perkembangan internet mobile, mulai dari mengikuti perkembangan kemajuan internasional hingga memudahkan pekerjaan sehari-hari. Salah satunya adalah hanya dengan bantuan ponsel kamu dapat mengubah foto menjadi tulisan teks tanpa perlu repot mengetik ulangnya.

Mengubah foto menjadi teks sangat berguna sekali bagi kalangan pelajar, mahasiswa hingga pegawai kantoran, dengan kecanggihan aplikasi berikut kamu dapat dengan mudah menyalin teks dari koran, buku, atau lainnya.

Text Fairy

Ketika selesai memindai dokumen fisik, Text Fairy akan mengekstrak semua teksnya. Selain itu dengan batuan aplikasi ini kamu juga bisa mengedit semua teks tersebut sebelum disimpan, untuk menjaga kesalahan selama proses pengekstrakan.

Text Fairy mampu mengenali lebih dari 50 bahasa di dunia. Tips ketika menggunakan Text Fairy adalah, pastikan bahwa pencahayaan diruangan kamu dalam kondisi bagus. Dengan begitu Text Fairy bisa mengenali semua teks di dokumen dengan baik.

Office Lens

Aplikasi Office Lens adalah buatan dari raksasa tekno Microsoft. Aplikasi ini sangat cocok untuk para pengguna produk-produk buatan Microsoft yang sudah sangat umum sekali digunakan. Aplikasi ini sangat cocok untuk melengkapi kinerja Microsoft Office. Jadi dikantor kamu bisa memindai dokumen fisik yang sudah tidak digunakan, kemudian mengabadikannya menjadi dokumen digital.

Bukan hanya dapat mengoversi tulisan ke file Word, kamu juga bisa mengubahnya menjadi file PowerPoint atau PDF. Kamu tidak perlu lagi takut jika dokumen tersebut hilang, karena kamu sudah punya salinan digitalnya. Secara keseluruhan, Office Lens mampu mengenali teks didalam foto dengan sangat baik.

BACA JUGA:  Aplikasi Edit Foto HP Terbaik & Terbaru September 2021:

 Text Scanner [OCR]

Diklaim menawarkan kecepatan dan kualitas tinggi, Text Scanner [OCR] merupakan aplikasi Optical Character Recognition (OCR) yang memungkinkan kamu untuk mengubah gambar menjadi teks tulisan.

Tak hanya sampai di situ, tersedia juga beberapa fungsi lanjutan saat gambar berhasil di-scan. Seperti misalnya, untuk dicopy ke clipboard, melakukan panggilan telepon, menyimpan di Google Drive, dan lainnya.

Aplikasi Text Scanner juga tidak cuma mampu membaca teks dari sebuah buku, majalah, atau file dokumen, melainkan mendukung tulisan tangan.

Adobe Scan: PDF Scanner with OCR, PDF Creator

Aplikasi pengubah gambar menjadi teks yang berikutnya datang dari developer ternama, Adobe, yang dikenal dengan produk-produk aplikasi edit foto dan video-nya.

Adobe Scan sendiri sebenarnya menawarkan fitur utama yang mirip seperti aplikasi lainnya pada daftar kali ini. Hanya saja, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengonversi hasil pindaian ke dalam file JPEG atau PDF.

Satu hal yang lebih menarik lagi, kamu bisa memindai beberapa halaman dokumen sekaligus dan menyimpannya dalam satu sentuhan saja. Dijamin praktis dan cepat!

Google Lens

Tak seperti daftar aplikasi sebelumnya, Google Lens sendiri sebenarnya sudah menjadi salah satu aplikasi bawaan pada smartphone Android zaman sekarang.

Sehingga pada dasarnya kamu tidak perlu install aplikasi tambahan saat mencoba cara mengubah gambar menjadi teks. Terlebih aplikasi Google Lens juga menyediakan fitur lainnya selain fungsi OCR itu sendiri, lho!

Seperti misalnya mencari sebuah objek yang terdapat pada suatu foto, fitur translate, shopping, places, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang merupakan paket lengkap dan pastinya gratis.

Ocr2edit.com

Ini adalah layanan situs penyalin file gambar format JPG, PNG, TIF, WEBP, dan lainnya menjadi salinan teks secara online, menggunakan situs ini kamu dapat menyalin foto ke teks tanpa perlu menginstall aplikasi trerlebih dahulu.

BACA JUGA:  Yuk Bikin Konten yang Bikin Ketawa ala Ardit Erwandha Pakai Fitur Lengkap Hape 3 Jutaan

Cara penggunaanya juga terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu upload gambar yang akan kamu jadikan teks pada form yang disediakan, tidak masalah apakah itu PNG, JPG, GIF, atau lainnya, kemudian Pilih bahasa teks pada gambar, kemudian kamu hanya perlu mengklik “Mulai”, dan menunggu sesaat untuk dapat mendownload teks hasil ekstraksi.

Berikut alamat situsnya: https://www.ocr2edit.com/id/konversi-ke-txt

CamScanner

Telah didownload oleh lebih dari 100 juta pengguna di Play Store, CamScanner menjadi salah satu aplikasi ubah gambar menjadi teks yang paling populer. Terlebih aplikasi ini juga tersedia untuk platform iOS dan Android.

CamScanner sendiri menawarkan beragam fitur pendukung yang menarik dan tentunya bermanfaat. Salah satunya yang paling mengagumkan adalah hadirnya mode Scan Buku yang dapat memindai dan memisahkan halaman buku otomatis.