Buat kalian yang mengalami speaker HP kena air,  tenang saja jangan langsung panik dan cemas. Karena ada solusi yang bisa kalian coba dengan mengeluarkan air. Memang sih, karena perangkat elektronik mungkin ada problem yang terjadi, tapi setidaknya kita tetap berusaha.

Boleh jadi smartphone atau HP memang merupakan perangkat yang musuh utamanya adalah air. sangat rawan mengalami kerusakan jika terkena air khususnya pada bagian speaker. Jika speaker rusak maka performa HP pastinya akan menurun karena tidak bisa mengeluarkan suara dengan maksimal.

Masalah Speaker Kena Air

Speaker HP yang terkena air bisa mengalami berbagai kerusakan seperti suara menjadi kecil hingga tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali.

Untuk menghindari kerusakan yang semakin parah, ada baiknya segera bersihkan air yang masuk ke dalam speaker HP tersebut. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengeluarkan air dari speaker HP yang bisa disesuaikan dengan tipe HP. Yuk simak ulasan berikut buat solusinya.

1. Suara yang Dikeluarkan Speaker Kecil

Salah satu dampak paling umum jika speaker HP kemasukan air adalah suara yang dikeluarkan menjadi kecil. Hal ini bisa terjadi karena membran speaker tertutup oleh air sehingga getaran suara yang dihasilkan tidak maksimal.

Untuk membuat suaranya normal kembali kamu perlu melakukan cara mengeluarkan air dari speaker smartphone karena menjadi penyebab suaranya menjadi kecil.

2. Suara yang Keluar Tidak Jelas

Dampak lainnya dari speaker HP terkena air adalah suara yang dihasilkan menjadi tidak jelas. Kondisi ini pastinya sangat mengganggu terutama jika digunakan untuk menelepon atau komunikasi.

Untuk menghindari kerusakan yang semakin parah kamu harus segera lakukan cara mengeluarkan air dari speaker HP OPPO agar suaranya bisa jelas kembali.

3. Bunyi atau Suara Terdengar Pecah

Speaker HP yang terkena air bisa membuat suara yang dihasilkan menjadi terdengar pecah. Kondisi ini  akan semakin parah jika kamu menaikkan volume speaker ke level maksimal. Segera lakukan cara mengeluarkan air dari speaker smartphone agar bunyi yang dihasilkan tidak terdengar semakin pecah.

4. Tidak Terdengar Suara Sama Sekali dari Speaker

Jika tidak segera dilakukan tindakan sesaat setelah speaker HP terkena air, bisa menyebabkan suaranya tidak terdengar sama sekali. Kondisi umumnya terjadi ketika speaker sudah terlalu parah yang menyebabkan permukaanya robek.

Jika sudah seperti ini, segera bawa ke tempat service untuk mengetahui penyebab pasti dan jika diperlukan akan dilakukan penggantian speaker HP agar fungsinya bisa normal kembali.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP

Speaker HP yang kemasukan air bisa membuat speaker tidak berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu, jika secara tidak sengaja HP kamu kemasukan air segera lakukan tindakan agar tidak menyebabkan kerusakan yang parah. 

Ada banyak cara mengeluarkan air dari speaker smartphone yang bisa dilakukan baik untuk tipe HP baterai tanam maupun tipe HP biasa. Berikut ini beberapa cara paling umum yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan air dari speaker HP.

1. Cek Pengaturan Volume HP

Cara mengeluarkan air dari speaker HP yang pertama adalah dengan mengecek terlebih dahulu pengaturan volume HP.

Kamu perlu memastikan apakah suara yang dikeluarkan oleh speaker masih normal atau tidak. Bisa jadi masalah disebabkan oleh pengaturan volume yang keliru, bukan karena terkena air.

2. Lakukan Tes pada Speaker HP

Jika cara pertama belum berhasil, kamu bisa lakukan cara selanjutnya yaitu dengan melakukan tes pada speaker HP. Caranya adalah gunakan kode pengecekan atau kode informasi hardware. Cara ini bertujuan untuk mengetahui apakah speaker mengalami kerusakan atau tidak sebelum melakukan tindakan pembongkaran komponen speaker.

3. Bersihkan Speaker HP yang Terkena Air

Jika masih tertinggal sisa air pada permukaan speaker HP, maka segera bersihkan agar air tidak masuk ke dalam. Cara mengeluarkan air dari speaker HP bisa menggunakan jarum atau sejenisnya. Dengan membersihkan sisa air yang menempel, biasanya akan membantu menghilangkan suara kresek-kresek dari speaker.

4. Keringkan HP Menggunakan Hairdryer

Selain bisa digunakan untuk mengeringkan rambut, hairdryer ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengeluarkan air dari speaker HP Iphone 7 plus atau HP jenis lainnya. Angin panas yang dikeluarkan oleh hairdryer bisa membuat embun air yang menempel pada speaker menjadi kering.

Cara mengeringkan speaker HP dengan hairdryer cukup mudah. Kamu hanya perlu menyalakan hair dryer dengan mode panas paling rendah kemudian arahkan ke speaker HP. Jika HP kamu tipe removable battery, sebaiknya lepas casing dan baterainya agar proses pengeringan lebih cepat dan maksimal.

5. Keringkan HP di Media Beras

Mengeringkan HP pada media beras juga bisa kamu coba sebagai cara mengeluarkan air dari speaker HP jika tercebur ke dalam air secara sepenuhnya. Beras memiliki sifat yang mampu menyerap air dengan sangat baik sehingga bisa mengeringkan komponen HP yang lembab termasuk speaker.

Untuk melakukan cara ini sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beras ke dalam mangkuk atau wadah kemudian kubur HP di dalamnya. Jika ingin hasil lebih maksimal, kamu bisa melepas komponen HP terlebih dahulu kemudian diamkan 2 sampai 3 hari.

6. Keringkan HP Menggunakan Kipas Angin

Jika tidak memiliki hairdryer, kamu bisa memanfaatkan kipas angin untuk mengeringkan HP yang terkena air. Sebelum dikeringkan, pastikan semua komponen yang bisa dilepas kamu copot kemudian letakkan di depan kipas angin. Arahkan kipas angin agar fokus ke bagian speaker HP supaya pengeringan lebih maksimal. Lakukan cara ini kurang lebih selama 5 jam sampai air di dalam speaker HP benar-benar kering.

7. Segera Service HP

Jika semua cara mengeluarkan air dari speaker HP di atas sudah kamu lakukan namun belum ada hasilnya, cara terakhir adalah dengan segera bawa ke pusat service HP.

Teknisi akan memastikan apakah speaker HP kamu masih bisa digunakan atau harus diganti dengan sparepart baru. Jika HP kamu masih dalam kondisi garansi, cara ini pastinya menjadi cara yang paling tepat karena kamu akan mendapatkan service secara gratis.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Sesuai Tipe HP

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan air dari speaker HP yang bisa kamu coba. Bahkan saat ini telah ada aplikasi untuk mengeluarkan air dari speaker HP yang bisa digunakan dengan mudah.  Namun perlu kamu tahu, masing-masing tipe HP memiliki komponen yang berbeda sehingga jika speaker terkena air maka penanganannya juga akan berbeda. Agar tidak salah tindakan, pastikan gunakan cara yang tepat sesuai tipe HP yang kamu gunakan.

Berikut ini beberapa cara mengeluarkan air dari speaker smartphone sesuai tipe HP yang kamu gunakan.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP iPhone

Beberapa tipe HP iPhone telah dilengkapi dengan teknologi anti air yang mampu menahan kedalaman air hingga 1 meter selama 30 menit. Sayangnya, tidak semua HP iPhone dilengkapi dengan teknologi tersebut sehingga saat speaker terkena air membuat suara yang dikeluarkan menjadi kurang bagus. Untuk mengatasi masalah seperti ini, kamu harus tahu cara mengeluarkan air dari speaker smartphone baterai tanam agar suara speaker menjadi normal kembali.

Cara paling sederhana untuk mengeluarkan air dari HP iPhone adalah dengan cara menggoyangkannya, menjemur selama beberapa saat atau merendam ke dalam wadah beras. Akan tetapi selain cara tersebut, ada cara mengeluarkan air dari speaker smartphone dengan lebih modern, yaitu:

  • Menggunakan Shortcut Water Eject

Shortcut water eject merupakan aplikasi yang biasa digunakan untuk mengeluarkan air dari speaker HP Iphone. Aplikasi ini bekerja dengan mengeluarkan gelombang suara frekuensi ultra rendah sekitar 165 Hz. Aplikasi Shortcut Water Eject akan mendorong air keluar dari lubang speaker Iphone.

  • Menggunakan Aplikasi Sonic

Selain aplikasi Shortcut Water Eject, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Sonic sebagai cara mengeluarkan air dari speaker smartphone iPhone. Aplikasi ini mampu mengeluarkan gelombang suara yang akan mendorong air keluar dari speaker HP.

  • Menggunakan Situs FixMySpeaker

Situs FixMySpeaker juga bisa dimanfaat untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam speaker HP iPhone. Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengunjungi situs tersebut kemudian tekan tombol yang berbentuk gambar hempasan angin beserta air. Secara otomatis situs tersebut akan mengeluarkan suara yang secara perlahan mendorong air keluar dari speaker.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP OPPO

Sebagian besar tipe HP OPPO menggunakan tipe baterai baterai tanam sehingga cara mengeluarkan air dari speaker smartphone OPPO A3S maupun jenis lainnya tidak bisa dilakukan dengan sembarang. Jika HP OPPO kamu terkena atau tercebur ke dalam air, segera lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Segera matikan HP
  • Lepaskan casing, sim card, dan memory card
  • Kibaskan HP untuk mengeluarkan air yang tersisa di dalam speaker
  • Keringkan HP dengan lap untuk menyerap air
  • Rendam dalam wadah besar
  • Cek speaker menggunakan kode tes dengan kode *#800#

Agar air di dalam speaker bisa keluar dan lebih cepat kering, kamu juga bisa menggunakan kipas angin atau hairdryer.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Vivo

Jika speaker HP Vivo kamu terkena air, jangan panik dulu karena ada banyak cara mengeluarkan air dari speaker smartphone yang bisa kamu coba. HP Vivo sebagian besar menggunakan tipe removable battery sehingga lebih mudah penanganannya karena semua komponen bisa dilepas untuk memudahkan proses pengeringan.

Ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk mengeluarkan air dari speaker smartphone Vivo seperti:

  • Cek pengaturan volume HP
  • Cek menggunakan kode tes rahasia HP Vivo dengan kode *#*#0289#*#*
  • Menjemur di bawah matahari
  • Membersihkan speaker menggunakan peniti
  • Keringkan speaker menggunakan kipas angin atau hairdyer

Jika cara diatas tidak bekerja, ada baiknya segera bawa ke service center Vivo sebagai langkah terakhir. Kamu bisa datang ke service center Vivo terdekat untuk melakukan klaim garansi agar bisa mendapatkan service secara gratis.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Samsung

Speaker HP Samsung yang terkena air bisa menyebabkan suara yang dihasilkan menjadi pecah atau sember. Kondisi ini harus segera diatasi karena jika tidak, bisa membuat kerusakan menjadi semakin parah. Untuk mengatasinya, lakukan langkah berikut ini.

  • Bersihkan perangkat dengan kain kering
  • Letakkan perangkat dengan posisi speaker HP berada di bawah kemudian goyangkan dengan hati-hati
  • Cek pengaturan volume HP Samsung
  • Lakukan cek menggunakan kode test Samsung dengan kode #0#

Jika dengan cara mengeluarkan air dari speaker smartphone di atas belum membuahkan hasil, ada baiknya kunjungi pusat layanan Samsung dengan perangkat untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Realme

Cara mengeluarkan air dari speaker smartphone Realme sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis smartphone tipe baterai tanam lainnya. Kamu bisa mencoba merendam di wadah beras atau mengeringkannya menggunakan hairdryer. Akan tetapi selain cara tersebut, sebenarnya masih ada banyak cara lainnya sebagai berikut.

  • Memanfaatkan aplikasi speaker cleaner-remove water & fix sound
  • Mengecilkan volume hingga level sedang untuk mengantisipasi air lebih masuk ke dalam
  • Cek menggunakan kode tes speaker dengan kode *#*#0289#*#*

Jika cara diatas tidak berhasil, segera kunjungi service center HP Realme. Cara ini bisa dibilang paling aman karena akan ditangani secara langsung oleh profesional sehingga tingkat keberhasilan akan semakin besar.

HP merupakan salah satu perangkat penting yang menunjang aktivitas kita. Tidak heran jika HP akan dibawa kemana saja sehingga resiko terkena air bisa saja terjadi. Jika secara tidak sengaja speaker HP kamu terkena air yang membuat suaranya menjadi bermasalah, langkah pertama adalah pastikan tahu cara mengeluarkan air dari speaker smartphone tersebut.

Perlu kamu ketahui, mengeluarkan air dari speaker HP harus dilakukan dengan cara yang benar agar kerusakan tidak semakin parah. Masing-masing tipe HP memiliki cara yang berbeda khususnya cara mengeluarkan air dari speaker smartphone Iphone 6. Oleh sebab itulah, sebelum mencoba cara di atas, pastikan pilih cara yang paling tepat sesuai jenis HP yang kamu gunakan.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, cara mengatasi speaker HP yang kemasukan air tidak hanya bisa dilakukan secara manual saja. Telah banyak tersedia aplikasi mengeluarkan air dari speaker HP yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan cara ini pastinya speaker HP yang kemasukan air akan lebih mudah untuk diatasi.

Itulah ulasan lengkap tentang cara mengeluarkan air dari speaker HP android dan iPhone yang bisa kamu coba. Penting untuk digaris bawahi, saat HP terkena air jangan coba-coba untuk meniupnya.

BACA JUGA:  HP Vivo Harga 1 Jutaan Terbaik Agustus 2021