#kamisukareview – Sudah menjadi hal lumrah memiliki beberapa grup WhatsApp (WA). Tapi kok banyak yang mencari cara mengatasi HP lemot karena grup WA di dalamnya? Oh ternyata memang kebanyakan grup di dalam aplikasi itu bikin masalah.

Mulai dari grup rekanan kerja, alumni sekolah, grup keluarga, hingga grup forum hobi semuanya penting. Karena dirasa sangat penting keberadaanya dalam kontak WA atau Whatsapp kita tidak keluar dari grup.

Namun terkadang beberapa grup tersebut seringkali membagikan video dan foto yang lama kelamaan akan membuat file akan menumpuk. Skibatnya HP lemot akibat media penyimpanan menjadi penuh dan dapat membuat penurunan performa ponsel.

HP Lemot Karena Grup WA

Akhirnya cara mengatasi HP lemot karena grup WA atau Whatsapp menumpuk pun banyak dicari. Ketika masih baru, ponsel terasa sangat ringan dan lancar dalam pengoperasiannya. Seiring makin lama ponsel digunakan dan tentu saja akan ada penambahan beberapa aplikasi.

Kemudian terjadi penumpukan penyimpanan data pada HP yang akan membuatnya akan menjadi lemot secara lama kelamaan, ini adalah hal yang wajar.

Sebenarnya penyebab smartphone menjadi lemot dan tidak lancar sangat banyak faktornya. Namun kasus paling umum penyebab hal ini adalah karena menumpuknya file di media penyimpanan internalm

Nah HP lemot terjadi karena penumpukan data seperti file video, gambar dan teks. Kebanyakan file-file tersebut berasal dari berbagai kiriman dari grup WA.

Cara Setting HP Tidak Lemot Karena Grup WA

Cara yang dapat kalian lakukan untuk mempercepat kinerja aplikasi WhatsApp adalah:

  1. Buka WhatsApp
    Apabila aplikasi WhatsApp kalian belum up to date lebih baik di update terlebih dahulu ya.
  2. Klik ‘Tombol Titik Tiga’
    Tombol ini pada umumnya berada di bagian atas kanan layar HP kalian.
  3. Pilih ‘Setting’ atau ‘Setelan’
  4. Pilih “Penggunaan Data” atau ‘Data and Storage Usage’: Penggunaan data pada masing-masing aplikasi akan ditampilkan secara urut dari yang terbesar hingga terkecil. Kalian bisa mengamati aplikasi mana saja yang menyedot data terbesar dalam ukuran byte atau kilo byte. Namuan biarkan saja informasi ini, tidak usah kalian apa-apakan
  5. Pilih ‘Reset Statistic’ atau ‘Atur Ulang Statistik’
    Setelah kalian mengklik Reset Statistic maka semua file akan terhapus semua. Masing-masing aplikasi akan menunjukkan 0 byte. Itu artinya HP kalian seolah-olah masih baru dan belum pernah dipergunakan untuk membuka WhatsApp. Jadi dapat dikatakan HP kalian masih fresh kembali.
BACA JUGA:  5 Fitur OPPO Reno6 Series 5G untuk Push Rank & Turnamen Esports

Dengan cara mengatasi HP lemot karema grup WA ini, kamu tidak perlu khawatir data penting yang tersimpan dalam smartphone akan hilang atau terhapus. Semua aplikasi masih tetap utuh, tidak ada satupun aplikasi ataupun file apapun yang hilang.

Karena sebenarnya semua file yang terhapus tersebut adalah file sampah akibat pengoperasian WhatsApp. Lebih tepatnya file ini adalah file bekas atau jejak akibat pemakaian aplikasi WA kamu.

Cara Mencegah Smartphone agar Tidak Lemot

Agar kamu tidak perlu seringkali melakukans setting, berikut juga ada cara pencegahan agar HP idak lagi lemot:

  1. Memindahkan tempat penyimpanan file dari internal memory card ke sim card.
    Internal memory card hanya berisi file-file utama yang dibutuhkan dalam pengoperasian HP saja.
  2. Matikan penerimaan pesan secara otomatis
    Apabila kalian ingin membuka pesan video, gambar dan dokumen yang masuk maka kamu diharuskan untuk terlebih dahulu melakukan klik file pada pesan.
  3. Sering-sering membersihkan file yang sudah tidak terpakai
    File-file yang kalian rasa sudah tidak penting dapat kalian remove secara manual. Namun untuk file-file berupa sampah dalam kalian bersihkan dengan aplikasi pembersih, semisal Aplikasi Cleaner atau yang lain.

Demikianlah cara mempercepat akses WhatsApp tanpa kehilangan aplikasi dan file yang ada di dalam HP. Cara setting ini dapat kalian lakukan ketika HP sudah mulai lemot.

Tidak masalah jika kalian rutin melakukannya, tidak ada efek sampingnya kok. Jadi, aman-aman saja. Selamat mencoba.