sukareview.com – Walaupun saat ini ada sejumlah model HP tahan terkena air, namun elemen ini masih jadi momok menakutkan bagi sebagian besar produk HP yang beredar di pasaran saat ini. Ada cara mengatasi HP kemasukan air, jadi jangan dulu panik, kamu bisa melakukan langkah pencegahan.

Saat HP terkena air, biasanya kamu akan panik dan buru-buru menyalakannya untuk memastikan HP kamu rusak atau tidak, nah – sebaiknya hal ini jangan dilakukan jika air masih membasahi bagian dalam HP.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Alih-alih HP kamu menyala yang ada justru HP kamu akan rusak karena air sangat bertolak belakang dengan komponen elektronik yang ada di dalam HP. Jika HP kena air matikan dan lepaskan SIM card, memory card serta baterainya.

Jika kamu berpengalaman dalam membongkar komponen HP, bongkar dan lepaskan komponennya satu persatu, lalu letakan di atas kain yang kering dan pastikan air yang membasahi komponen tersebut di bersihkan hingga kering.

Jangan lupa, lap dan bersihkan body bagian luar dan layar LCDnya. Lakukan hal ini dengan hati-hati dan jangan sering menggerakan HP untuk menghindari masuknya air ke komponen bagian dalam.

Jangan meniup HP kamu, karena kemungkinan air akan masuk kebagian dalam, hendaknya gunakan vacuum cleaner untuk menarik air keluar dari sela-sela yang sulit dijangkau.

Tunggu dulu! Kamu jangan buru-buru menyalakan HP, pastikan semua bagian HP kamu telah benar-benar kering. Untuk mengeringkan jika HP kena air, salah satunya ialah dengan menaruhnya di dalam beras semalaman.

Kenapa harus beras? karena beras mampu menyerap kelembaban dengan lebih cepat, selain itu beras lebih mudah didapatan bahkan di dapur rumah tetangga, eh.

Selain beras kamu bisa menggunakan silica gel yang biasa ada di dalam kemasan obat-obatan atau membeli silica gel di apotik.

Jika semua langkah diatas sudah dilalui, maka sasatnya untuk menghidupkan HP kamu. Jika HP kena air bisa menyala dengan normal berarti kamu tidak harus membeli hpe baru sebagai pengganti.

Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah maka kamu harus melakukan hal-hal berikut ini cara mengatasi jika HP kemasukan air:

  • Jangan menyalakan HP saat terkena air, karena perangkat elektronik sangat bertolak belakang dengan air
  • Jangan menghubungkan HP ke sumber listrik
  • Jangan menekan tombol apapun, karena saat tombol ditekan keungkinan air akan semakin masuk ke bagian dalam HP
  • Jangan menggerakan HP terlalu ekstrim untuk mencegah masuknya air ke komponen bagian lebih dalam
  • Jangan panaskan HP dengan hairdryer dengan suhu berlebihan karena udara panas justru akan merusak komponen HP itu sendiri.
BACA JUGA:  Apa itu Jailbreak dan Apa Untung Ruginya?

Oh ya, untuk amannya, buat yang memang butuh HP anti air sebenarnya banyak perangkat yang tersedia di pasaran dengan sertifikasi memadai. Mulai dari perangkat yang tahan percikan hingga bisa dibawa menyelam sampai kedalaman tertentu.

Jika masih penasaran, berikut urutan pengamanannya.

1. Langsung Angkat HP dari Dalam Air

Air bisa masuk ke dalam komponen ponsel melalui celah-celah sempit seperti lubang jack earphone atau charger. Jika ponselmu terjatuh ke dalam genangan air, tentunya hal pertama yang harus kamu lakukan adalah langsung mengangkat ponsel dari dalam air secepat mungkin.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan semakin banyak air yang berhasil merembes masuk ke dalam ponsel. Jika ponselmu terkena tumpahan air, segera jauhkan dari sumber air tersebut. Dan jika terkena air dalam keadaan sedang di-charge, sebaiknya lepaskan terlebih dahulu baru ambil ponsel untuk menghindari risiko kamu kesetrum.

2. Jangan Langsung Menyalakan HP

Cara mengatasi HP kemasukan air selanjutnya adalah jangan langsung menyalakannya. Kebanyakan orang yang panik akan langsung menyalakan ponsel untuk mengecek apakah ponsel tersebut masih tetap bisa berfungsi normal dan tidak terkena kerusakan parah karena air.

Padahal, saat terkena atau terendam air, kemungkinan besar air sudah ada yang masuk ke dalam beberapa bagian ponsel. Sehingga besar kemungkinannya jika langsung kamu nyalakan, akan rentan terjadi korsleting yang merusak ponsel lebih jauh. Jika ponsel berada dalam keadaan hidup, juga segera matikan langsung untuk menghindari risiko tersebut.

3. Lepaskan Baterai, SIM Card, dan Memory Card

Langkah berikutnya, segera lepaskan komponen yang dapat dilepas. Jika ponselmu masih bukan tergolong jenis baterai tanam, kamu bisa segera melepaskan baterai, kartu SIM, dan memory card yang terpasang di ponsel. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut di area-area tersebut. Jangan lupa untuk melepaskan case atau cover dan casing ponsel yang terpasang untuk membantu memberikan “jalan keluar” bagi air dan memudahkan proses pengeringan.

BACA JUGA:  WhatsApp Luncurkan Fitur Bergabung ke Panggilan Grup yang Terlewatkan

4. Lepaskan Casing, SIM Card, dan Memory Card Jika HP Pakai Baterai Tanam

Melepaskan perangkat yang menempel adalah langkah selanjutnya. Namun karena baterai dan casing pada ponsel dengan baterai tanam tidak bisa dilepas dengan mudah, lepaskan saja bagian yang bisa dilepaskan seperti kartu SIM dan memori dari tempatnya. Buka semua penutup yang ada di ponsel seperti wadah SIM atau penutup jack earphone.

Jangan sekali-kali melepasnya dengan paksa apalagi jika kamu tidak memiliki pengalaman membongkar ponsel yang baik, sebab dalam ponsel sudah terdapat Liquid Damage Indicator (LDI). Jika LDI rusak bisa membuatmu kehilangan garansi dan tentunya berisiko menimbulkan kerusakan lainnya.

5. Keringkan Seluruh Bagian HP

Kemudian keringkan semua bagian ponsel baik luar maupun dalam. Yang pertama harus kamu pastikan segera kering adalah bagian layar atau LCD. Sebab bagian ini adalah yang paling rentan rusak jika terkena air. LCD berisi filamen lunak dan umumnya tidak tahan pada kelembaban air, dan jika dibiarkan basah terlalu lama bisa muncul titik atau flek hitam di bagian layar LCD ponsel.

Kamu bisa menggunakan lap kering yang mudah menyerap air atau menggunakan penghisap udara seperti vacuum cleaner. Tapi jangan mengarahkan corong terlalu dekat karena bisa menghasilkan listrik statis yang tentunya lebih berbahaya dari air. Selain itu, menjemur di bawah sinar matahari langsung juga tidak disarankan karena terlalu panas dan juga bisa merusak LCD atau layar bila dijemur dengan bagian depan menghadap atas.

6. Kubur HP ke Dalam Beras Beberapa Hari

Salah satu cara mengeringkan HP yang kemasukan atau terkena air adalah dengan merendamnya di beras kering.

Cara unik ini terbilang cukup ampuh, sebab beras memiliki sifat menyerap kelembapan yang membantu penyerapan air dari dalam ponsel dengan lebih cepat dan mudah. Berikut langkah yang tepat untuk merendam ponsel yang terkena air di dalam beras:

BACA JUGA:  Background Eraser, Aplikasi Android Untuk Menghapus Gambar Latar

Ambil kantong plastik atau ziplock, isi dengan satu mangkok sedang beras kering dan bersih. Letakkan bagian-bagian ponsel seperti baterai, kartu SIM dan memori, serta bagian bodi ponsel ke dalam kantong tersebut. Ikat atau tutup dengan kencang. Diamkan selama setidaknya 2-3 hari, baru kemudian cek apakah ponsel bisa dinyalakan.

7. Gunakan Silika Gel untuk Menyerap Kelembapan

Selain beras, kamu juga bisa menggunakan silika gel karena sama-sama memiliki sifat menyerap kelembapan. Pada perangkat elektronik, silika gel juga dipercaya mampu mencegah kondensasi atau pengembunan.

Hampir sama dengan cara mengeringkan menggunakan beras, kubur bagian-bagian ponsel yang sudah lepas di dalam tumpukan silika gel. Diamkan selama beberapa hari untuk memastikan semua air sudah terserap dan benar-benar kering.

8. Keringkan HP dengan Lap yang Menyerap Air

Kalau kamu takut untuk mengibaskan ponsel karena risiko air yang bisa menyebar ke komponen lain, kamu juga bisa langsung mengeringkan ponsel menggunakan lap yang mudah menyerap air.

Pastikan lap kain ini benar-benar bisa menyerap air dan dalam keadaan kering. Dan saat mengeringkan, cukup tempelkan secara perlahan ke bagian yang terdapat air atau basah dan tidak perlu menggosoknya karena bisa menyebarkan air.

Bagian pertama yang perlu kamu keringkan adalah bagian luar, terutama LCD atau layar karena bagian ini paling rentan terhadap air. Baru kemudian bagian lainnya seperti lubang konektor charger dan earphone.

9. Minyak Kayu Putih Juga Bisa Dijadikan Alternatif

Alternatif untuk mencegah terjadinya korosi atau karat pada besi adalah menggunakan thinner atau minyak kayu putih. Bersihkan beberapa komponen ponsel dengan menggunakan sikat gigi atau kuas berbulu lembut untuk mengaplikasikannya.

Sebisa mungkin jangan menggunakannya terlalu banyak karena bisa membuatnya mengendap di dalam komponen tersebut dan malah merusak.

Nah itulah cara mengatasi HP kemasukan air atau terkena air.