Dunia teknologi mulai berkembang pesat, berbagai produsen Handphone (HP) kini juga mulai mengeluarkan beberapa fitur baru yang bisa dibilang lebih canggih. Namun bersamaan dengan hal ini ternyata handphone alias smartphone yang kamu punya punya potensi untuk terkena hack atau sadap oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Sebagai pengguna handphone, kamu juga perlu waspada terhadap kehadiran para hacker ini. Kejadian peretasan pun sudah kerap terdengar dan korban semakin banyak yang terkena. Handphone merupakan benda kecil digenggaman itu berisi hampir seluruh aktivitas penggunanya secara digital. Mulai dari email hingga aplikasi-aplikasi berhubungan dengan keuangan. Selain waspada, kamu juga bisa mengecek sendiri jika handphone kamu terkena sadap para hacker. Caranya pun mudah hanya melihat performa sejumlah aspek pada handphone yang kemungkinan cukup menurun karena ada pihak lain yang masuk ke sana. Berikut ini juga akan Qoala jelaskan terkait ciri-ciri dan cara mengatasi HP di hack ataupun terkena sadap.

Ciri-Ciri HP di Hack

Sumber Foto: Tero Vesalainen via. Shutterstock

Bagi pihak yang kerap berbuat onar secara diam-diam dengan memanfaat teknologi biasanya disebut sebagai hacker. Mereka tidak segan-segan untuk melakukan hack atau sadap HP milik banyak orang demi meraup keuntungan belaka. Oleh sebab itu kamu perlu mengetahui ciri-ciri dan cara mengatasi hp di hack atau sadap.

1. Baterai HP Menjadi Cepat Habis

Biasanya ciri-ciri HP yang terkena sadap atau hack, baterai yang digunakan cepat habis dibanding biasanya. Hal itu dikarenakan ada aplikasi atau sistem yang bekerja tanpa terlihat, sehingga membuat kerja HP semakin ekstra.

Perlu diketahui juga, untuk mengirim data-datamu, aplikasi mata-mata yang dipasang oleh hacker harus berjalan terus di background. Dampaknya adalah smartphone kamu pasti jadi gampang panas dan baterainya jadi boros. Hal ini tentu saja berbahaya buat HP mu sendiri.

Kamu bisa mulai mengecek pemakaian bateraimu. Jika terdapat program aneh yang terus berjalan, bisa jadi memang smartphone atau handphonemu sedang disadap orang.

2. Kuota HP Cepat Habis

Selain baterai boros karena ada aplikasi asing berjalan di background, smartphone atau handphone yang disadap juga biasanya boros kuota, padahal kamu sendiri jarang menggunakannya. Ternyata ada aliran kuota internet yang lain sedang bekerja secara diam-diam atau kasat mata. Selain itu, kuota internet dipakai juga untuk mentransfer data pribadi kamu kepada si pihak hacker.

Sebab, aplikasi asing tersebut terus mengirimkan data ke luar tanpa sepengetahuan kamu. Hanya dalam hitungan detik, data-data pentingmu bakal otomatis jadi milik mereka. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk tidak asal membuka situs atau website berisiko, karena bisa jadi data kamu dicuri dari sana.

3. Tiba-tiba Mengeluarkan Suara Aneh 

Pernahkah saat kamu sedang menelpon, tiba-tiba selalu terdengar suara bising atau aneh? Ketika kamu menghubungi seseorang melalui saluran telepon namun ada suara aneh seperti terdengar bising, bisa jadi percakapan tersebut sedang disadap dan didengarkan pula oleh pihak ketiga alias hacker.

Apalagi suara itu hanya terdengar di kamu, sementara di lawan bicara normal, kamu wajib curiga jika panggilan kamu disadap. Ada baiknya jika kamu sering-sering mengulang sistem di Handphonemu dan sering mengonsultasikannya kepada teman-temanmu yang paham soal ini.

4. Muncul Aplikasi Aneh di HP

Untuk menyadap smartphone, biasanya hacker atau pihak terkait harus memasang aplikasi tambahan di smartphone target. Uniknya, hacker ini biasa menyembunyikan aplikasi tersebut.

Jika kamu secara tiba-tiba melihat ada aplikasi aneh padahal kamu tidak merasa mengunduhnya atau memasangnya, maka ada kemungkinan Handphone kamu sedang disadap oleh sebuah pihak.

Untuk mengakalinya, coba lihat di menu Pengaturan kemudian pilih Aplikasi atau Application Manager, lalu lihat apakah ada aplikasi asing di smartphone atau handphone kamu.

Jika ternyata ada aplikasi mencurigakan yang tidak pernah kamu pasang sebelumnya, bisa jadi itu adalah malware atau aplikasi mata-mata yang mencuri datamu.

5. HP Tiba-tibe Restart atau Reboot

Ciri ciri HP di hack terakhir adalah smartphone atau handphone yang melakukan reboot tanpa kehendak pemegang handphone. Memang, ada kalanya beberapa kasus di mana Handphone tiba-tiba mati dan melakukan proses reboot sendiri. Cukup mengerikan, bukan?

Ternyata setelah ditelusuri, hal tersebut terjadi karena sistem pada Handphonemu sudah disusupi oleh hacker yang berniat menyadap Handphonemu. Lebih baik, kamu harus membawanya ke service center Handphonemu sendiri.

Sebagai informasi, restart ataupun reboot kalau dalam sistem operasi, tidak hanya di Android saja, di iOS Apple, di Linux, di Windows dan lainnya sama fungsinya yaitu memulai ulang dari awal proses booting sistem.

Kalau dalam proses tombol turn Off atau matikan kita tekan, yang terjadi tentunya sistem akan shutdown atau mati dan tidak ada proses apapun.

Namun kalau Reboot atau mulai ulang, berarti kita memerintahkan sistem di handphone untuk melakukan shutdown atau mati kemudian secara otomatis sistem akan dinyalakan kembali tanpa perlu menekan tombol power.

Fungsi reboot atau restart di handphone sama dengan sistem di perangkat komputer, yakni memulai ulang booting sistem. Dimana booting adalah proses awal persiapan supaya hardware dikenali oleh sistem operasi, yang dalam hal ini ada campur tangan yang namanya ‘Kernel’.

Di handphone seperti android Kernel ini fungsinya untuk menjembatani antara komponen yang terpasang dan sistem operasi agar saling mengenal. Dan sesudah semua perangkat hardware terdeteksi maka sistem sisp menyala dan bisa digunakan.

Cara Mengatasi HP di Hack

Sumber Foto: Tero Vesalainen via. Shutterstock

Dalam dunia digital, tidak sedikit orang yang Handphone-nya terkena hack. Jika belum, pernah tidak berpikir kalau kamu terkena hack bagaimana nantinya? Atau, kamu sudah merasakan bagaimana pedihnya jika kamu terkena hack?

Lantas, apa yang harus dilakukan jika kamu terkena hack? Tenang, berikut cara mengatasi HP di Hack yang bisa kamu terapkan. 

1. Cara Mengatasi HP di Hack dengan Mengaktifkan Keamanan 2 Tahap

Hal yang sering dilupakan oleh pengguna adalah mengaktifkan keamanan dua langkah verifikasi. Alasan paling kuat adalah pengguna malas melakukannya. Tapi, jika begitu maka kemungkinan untuk akunmu diretas sangatlah besar.

Sederhananya verifikasi dua langkah adalah fitur keamanan ganda yang dapat melindungi akun online dari aneka peretasan digital, selain kata sandi atau password.

Alat keamanan ini biasanya dimiliki oleh beberapa platform, seperti email, aplikasi pesan, media sosial, situs belanja online, layanan digital perbankan, aplikasi dompet digital, dan sebagainya.

Kalau kamu ingin mengaktifkan fitur 2FA, maka akan diminta memasukkan kode login khusus, misalnya kode OTP (one time password) setiap kali akan masuk ke akun, selain password.

Kode OTP sifatnya sekali pakai. Biasanya terdiri dari 6 digit. Bisa dalam bentuk angka atau huruf, atau kombinasi keduanya. Kode verifikasi ini ada masa kadaluarsanya. Biasanya akan hangus dalam beberapa menit saja setelah diterima pengguna.

Jadi akan ketahuan begitu ada seseorang yang mencoba akses akunmu dari browser ataupun handphone yang tidak dikenali sistem. Pasti ada kode khusus yang akan masuk ke handphonemu, sementara kamu tidak sedang masuk ke akun ataupun melakukan transaksi.

Dengan verifikasi dua langkah ini, kamu juga akan mendapat peringatan dari sistem atau aplikasi bila sewaktu-waktu ada yang mengakses akunmu dari perangkat lain.

2. Non-aktifkan Data, Wifi, GPS, Hingga Bluetooth Jika Tidak Dipakai

Nonaktifkan Data, Wifi, dan GPS Handphonemu saat tidak digunakan. Lalu, nonaktifkan kemampuan Bluetooth handphone saat kamu tidak menggunakannya.

Atur Handphonemu dengan hanya terima koneksi Bluetooth dari orang yang kamu kenal. Juga, nonaktifkan koneksi GPS ketika kamu tidak menggunakannya, karena hacker dapat menggunakan perangkat lunaknya untuk melacak lokasi fisikmu.

3. Cara Mengatasi HP di Hack dengan Dimatikan Jika Tidak Sedang Digunakan

Matikan handphone setiap kali tak digunakan. Hal tersebut akan mencegah hacker untuk mengakses pesan teks dan catatan panggilan handphonemu. Banyak program spyware handphone akan menghalangimu untuk dapat mematikan Handphone. Jadi mematikan handphone juga merupakan cara yang baik untuk menentukan apakah Handphone telah disadap.

4. Cara Mengatasi HP di Hack Dengan Menghindari Membuka Website Terlarang

Tahun lalu, kembali ditemukan tiga aplikasi yang mengandung virus jahat spyware yang memata-matai dan mencuri data korban.

Tiga aplikasi jahat ini ditemukan oleh lembaga riset cybersecurity Trend Micro. Aplikasi jahat ini memata-matai pengguna di Facebook, Gmail dan Outlook. Data tersebut dikumpulkan dan dikirimkan ke para hacker jahat. Bahkan aplikasi ini sempat berada di Google Play Store.

Setelah ditelusuri, malware yang hadir pada tiga aplikasi itu dianggap rentan menyusup ke smartphone atau handphone dengan sistem operasi Android lama. Malware ini bahkan bisa melakukan rooting otomatis pada Android untuk menginstal beberapa file APK dari jarak jauh. Dalam beberapa kasus, virus juga menyasar pada pelanggaran dengan handphone chipset Mediatek.

Setelah berhasil masuk, malware nantinya akan mengumpulkan semua data yang ada di perangkatmu, termasuk pesan di WeChat, Outlook, Twitter, Yahoo Mail, Facebook, Gmail, atau bahkan melalui Google Chrome.

Dalam prosesnya, malware juga mengambil alih geolokasi, dokumen yang disimpan seperti foto, video, dan lain-lain. Semua informasi yang bernilai ini akan dijual di dark web.

Untuk menghindari jatuh ke dalam perangkap yang ditetapkan oleh hacker, disarankan untuk anda tidak menginstal aplikasi dari pengembang yang tidak dikenal, bahkan di Play Store. Terdapat sederet jenis aplikasi berikut yang sebaiknya diperhatikan kembali agar tak mendapat nilai buruk yang dimaksud.

  • Aplikasi penunjuk jalan

Aplikasi ini cukup membantu, membuat hampir seluruh pengguna handphone mengunduh aplikasi penunjuk jalan sebagai pengganti map konvensional. Selain memiliki menu yang lebih mudah dan membuat efisien, biasanya aplikasi penunjuk jalan juga menjadi pegangan paling utama bagi siapapun yang ingin pergi berlibur atau mengunjungi tempat baru.

Tapi, aplikasi penunjuk jalan tak bisa diunduh sembarangan. Sebab beberapa aplikasi jenis ini bisa cukup merugikan. Seperti dapat menjual data pribadi, bahkan sampai meretas handphone. Ditambah, dapat membuat baterai cepat habis atau boros.

  • Aplikasi pencari Hotspot gratis

Zaman yang serba digital dengan internet, membuat setiap orang membutuhkannya dimanapun dan kapanpun. Dampak yang ditimbulkan dari hal tersebut, membuat kebanyakan tempat umum menyediakan wifi atau hotspot gratis. Tak terkecuali berbagai cafe yang menyediakannya sebagai salah satu fasilitas yang ditawarkan untuk pengunjungnya. Sehingga membuat setiap orang mungkin tertarik dengan aplikasi pencarian wifi gratis.

Tapi sebaiknya mulai sekarang jangan asal install aplikasi berjenis ini sebab dapat pula meretas handphone yang dimiliki. Seperti mengambil data pribadi sampai bisa mengambil informasi kartu kredit tanpa izin.

  • Game gratis

Game memang menjadi salah satu aplikasi yang cukup wajib diunduh di handphone setiap orang. Selain untuk melepas jenuh, beberapa game juga dinilai dapat membuat orang-orang bertambah kreatif.

Untuk siapapun yang senang bermain game di handphone, sebaiknya perlu memerhatikan dengan lebih apakah game tersebut cukup aman atau tidak. Terutama bermacam game gratis yang saat ini mulai banyak tersedia. Karena bila asal mengunduhnya, aplikasi game juga dapat mengambil data pribadi. Salah satu caranya dengan selingan iklan yang biasa ditayangkan saat game berlangsung.

  • Aplikasi mempercepat pengisian daya baterai

Tak semua handphone memiliki fitur fast charging seperti yang ditawarkan berbagai handphone keluaran baru saat ini. Karena beberapa diantaranya masih memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat mengisi daya baterainya hingga penuh. Dengan begitu, cukup banyak aplikasi yang seakan dapat menjadi solusinya.

Padahal ini hanya sebuah penipuan dan tidak akan berpengaruh apapun pada pengisian baterai handphone yang dimiliki. Justru malah dirugikan karena akan melihat banyak iklan di dalamnya.

  • Aplikasi musik

Meskipun saat ini tengah banyak aplikasi musik yang komersial atau resmi, tapi masih ada beberapa aplikasi yang bertujuan untuk menipu para pengunduhnya. Sembarangan mengunduh aplikasi musik dari developer tidak jelas akan merusak handphone. Bahkan beberapa aplikasi musik dari developer yang tidak jelas akan merusak baterai handphone. Selain itu mampu mengambil data pribadi seenaknya.

5. Cara Mengatasi HP di Hack dengan Tidak Menggunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi yang memberikan akses ke website secara aman dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi.

Sederhananya, VPN mengkoneksikan smartphone atau handphone, tablet, PC ke komputer yang lain (biasa disebut dengan VPN Server) di suatu tempat yang terhubung dengan internet, dan mengizinkan kamu untuk menjelajah internet menggunakan jaringan internet komputer. 

Namun saat ini, penggunaan VPN (Virtual Private Network) perlu diperhatikan lagi, karena ternyata VPN dapat mengenkripsi jaringan internetmu. Para hacker nantinya dengan mudah mengetahui dan melihat data-data yang sedang ditransmisi melalui jaringan wifi.

6. Jangan Mengisi Daya HP di Sembarang Tempat

Jangan sembarangan untuk mengisi daya dalam stasiun USB secara sembarangan. Mungkin hal ini terlihat seperti ketakutan berlebihan namun ada resiko keamanan jika hal ini tidak jadi perhatian.

Kejahatan ini disebut juice hacking, jadi para hacker bisa menyalin file atau memasang software jahat pada handphone. Semua aktivitas tersebut dilakukan pelaku hanya dalam waktu 60 detik saja.

Setelah mengetahui ciri-ciri handphone yang di hack dan cara mengatasinya, kamu tentunya perlu berhati-hati dalam menggunakan handphone. Karena pada dasarnya tak ada yang memahami betul gerak-gerik dari hacker. Apabila nantinya handphonemu terkena sadap, kamu juga perlu membawanya ke tempat service handphone agar bisa segera diperbaiki. Tentunya, kamu juga perlu memikirkan biaya yang dikeluarkan, namun hal ini tak akan terjadi ketika kamu sudah memberikan proteksi asuransi smartphone terhadap handphone yang kamu miliki. Saat ini sudah banyak berbagai pilihan asuransi smartphone yang bisa kamu beli dan gunakan. Banyak juga manfaat yang nantinya akan dirasakan secara tak langsung. Kalau kamu masih bingung soal asuransi smartphone mana yang tepat dan sesuai dengan yang kamu butuhkan, kamu bisa mencarinya di Qoala App atau membaca informasinya lebih lanjut di Qoala Blog. 

BACA JUGA:  Cara Mengamankan Whatsapp Agar Tidak Disadap