Di zaman yang semakin modern ini, HP layar sentuh menjadi kebutuhan utama para pengguna. Hampir semua orang menggunakan HP layar sentuh sebagai gadget utama. Salah satu komponen penting dari jenis HP ini adalah LCD atau Liquid Crystal Display. Sayangnya, LCD HP layar sentuh kerap mengalami berbagai masalah dalam penggunaan sehari-hari, seperti tergores, retak, pecah, hingga tertekan. Tentunya masalah tersebut sangat mengganggu kinerja HP karena membuatnya tidak optimal. Lantas bagaimana cara memperbaiki LCD HP yang tertekan?

Nah, kali ini Qoala akan membahas secara lengkap mengenai berbagai jenis kerusakan pada LCD serta cara memperbaiki LCD HP yang tertekan. Simak yuk!

Jenis Kerusakan yang Sering Terjadi Pada LCD HP

Sumber Foto: m.mphoto via Shutterstock

LCD atau layar hp yang rusak tentu membuat kamu kesal dan bingung. Pasalnya, jika smartphone digunakan untuk keperluan penting seperti bekerja atau lainnya, LCD yang bermasalah akan akan sangat mengganggu. Kamu harus segera mengganti layar LCD HP yang ketindihan, bergaris dan berbayang, serta blank hitam tapi hidup. Padahal, mengganti  LCD membutuhkan biaya yang tidak murah.

Nah, sebelum mengetahui cara memperbaiki LCD HP yang tertekan dan rusak karena terjatuh, ada baiknya kamu mengetahui apa saja jenis kerusakan yang kerap terjadi pada LCD HP berikut ini.

1. Dead Pixel

Salah satu jenis kerusakan LCD adalah deadpixel. Dead pixel merupakan titik atau noda hitam pada bagian LCD HP. Awalnya mungkin titik hitam ini hanya berukuran kecil saja, namun lama kelamaan dapat merambat serta meluas ke area lain pada layar. Oleh karena itu, jangan sepelekan jika terdapat noda hitam pada layar LCD kamu, karena cepat atau lambat dapat menimbulkan masalah baru.

Cara memperbaiki LCD HP yang tertekan dan menimbulkan dead pixel adalah dengan memasang aplikasi khusus. Namun jika cara memperbaiki LCD HP yang hitam sebagian ini tidak berhasil dan noda telah meluas, maka tidak ada cara lain selain mengganti LCD HP dengan yang baru.

2. Ghost Touching

Jenis kerusakan LCD yang kedua adalah ghost touching. Kondisi ini terjadi ketika layar smartphone bergerak dan menjalankan perintah sendiri tanpa disentuh. Smartphone dapat melakukan aktivitas apa saja tanpa kendali.

Umumnya ghost touching terjadi akibat arus listrik berlebihan yang ada pada HP sehingga dapat mempengaruhi kinerja LCD. Selain itu, kondisi ini juga terjadi akibat tegangan listrik yang tinggi serta adanya kerusakan pada alat pengisi daya.

Untuk mencegah ghost touching terjadi, usahakan untuk selalu menggunakan charger original serta menghindari charger KW yang berpotensi merusak perangkat HP. Jika ghost touching terjadi terus menerus dan mulai mengganggu performa smartphone, mungkin ini saatnya mengganti LCD karena LCD lama telah rusak dan tidak layak digunakan.

BACA JUGA:  17 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Android dan PC 2021

3. Flickering

Layar smartphone bergaris dan berwarna merupakan kerusakan LCD yang paling kerap terjadi pada HP. Layar yang bergaris, baik vertikal maupun horizontal kerap disebut sebagai flickering. Kondisi ini sangat mengganggu karena tampilan HP yang tidak terlihat jelas dan membuat mata sakit.

Flickering dapat disebabkan oleh berbagai sebab, seperti HP terjatuh, LCD HP tertekan, atau panas berlebih pada gawai. Jika flickering dibiarkan, maka dapat menyebabkan layar mati total atau berwarna putih.

Cara mengatasi layar hp flickering dapat dilakukan dengan cara mendinginkan layar serta mengeringkannya sejenak. Namun jika flickering sudah parah dan sulit diatasi, maka cara memperbaiki LCD HP yang tertekan dan menimbulkan flickering adalah dengan menggantinya.

4. Layar Tidak Sensitif

Pernahkah kamu mengalami kondisi ketika layar HP tidak sensitif lagi ketika disentuh? Nah, kemungkinan hal ini disebabkan oleh kerusakan layar LCD, baik karena pernah jatuh atau tertekan. Layar HP yang sulit untuk merespon perintah ini tentu sangat mengganggu kinerja ponsel. Tak jarang, kondisi ini juga menyulut emosi penggunanya.

Cara memperbaiki LCD HP yang tertekan dan menjadi tidak sensitif adalah dengan mematikannya sesaat. Biarkan ponsel beristirahat sejenak. Namun jika cara ini tidak efektif, maka mengganti LCD HP dapat menjadi solusi.

5. Baret

Jenis kerusakan LCD berikutnya adalah layar baret atau tergores. Biasanya layar HP tergores disebabkan oleh kelalaian pengguna dalam menyimpan atau meletakkan HP. Contohnya seperti menaruh HP di saku celana, dompet kecil atau tempat lain yang terlalu sempit. Layar HP tergores juga bisa karena terkena kunci atau benda tajam lainnya. Bahkan HP yang telah dilindungi oleh anti-gores pun terkadang tak luput dari kondisi ini jika pengguna menaruh HP secara sembarangan.

Layar HP yang tergores tentu merusak penampilan HP. Tak jarang pula layar yang tergores membuat layar tak lagi sensitif terhadap sentuhan. Untuk mencegahnya, gunakan tempered glass atau case yang menutup seluruh layar. Selain itu, pastikan selalu menyimpan HP di tempat yang aman dari benda-benda yang berisiko menimbulkan goresan.

Cara Memperbaiki LCD HP yang Tertekan

LCD yang tertekan dan rusak dapat dicegah dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menjaga dan menyimpan HP di tempat yang aman. Namun bagaimana jika LCD HP terlanjur tertekan dan rusak? Berikut ini cara memperbaiki LCD HP yang tertekan yang perlu diketahui.

1. Teliti Sumber Masalah yang Terjadi Pada Layar HP

Cara memperbaiki LCD HP yang tertekan salah satunya adalah dengan meneliti sumber masalah yang terjadi pada layar HP. Cari tahu dengan jelas apa yang menjadi penyebab kerusakan pada layar. Apakah layar rusak karena tertekan, terjatuh, atau lainnya.

BACA JUGA:  #BangkitBersama Tangani COVID-19, GoTo Donasikan Lebih dari 1.000 Konsentrator Oksigen bagi Faskes di Indonesia

Perlu diketahui bahwa tekanan pada layar LCD dapat mengakibatkan fungsi ponsel berkurang, terutama pada bagian touchscreen. Setelah mengetahui penyebab, lakukan juga pengecekan terhadap kondisi layar secara menyeluruh. Jika terjadi kerusakan LCD yang cukup parah, segera bawa HP ke tempat servis terpercaya agar segera diperbaiki. Layar LCD yang rusak parah sulit untuk diperbaiki sendiri, oleh karena itu kamu membutuhkan bantuan orang yang ahli.

2. Lakukan Kalibrasi Touchscreen

Cara memperbaiki LCD HP yang tertekan berikutnya adalah dengan melakukan kalibrasi touchscreen. Namun cara ini hanya dapat dilakukan ketika layar HP yang tertekan masih bisa sedikit berfungsi. Artinya, kerusakan pada layar tidak terlalu parah dan bisa diatasi.

Kalibrasi touchscreen dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Saat ini aplikasi kalibrasi touchscreen dapat diunduh secara gratis melalui Google Playstore. Jika setelah kamu mencoba cara ini layar HP masih eror, kamu dapat membawanya ke tempat servis HP untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

3. Cek Pelindung LCD

Apakah kamu menggunakan pelindung LCD untuk layar HP? Jika iya, kamu dapat mengecek pelindung tersebut ketika LCD tertekan. Ada kemungkinan pelindung LCD anti gores yang kamu gunakan tidak terpasang dengan tepat sehingga layar menjadi tertekan. Atau dapat juga pelindung layar terpasang dalam kondisi masih terdapat kotoran.

Jika hal ini terjadi, cukup lepaskan pelindung LCD dari HP kemudian ganti dengan pelindung yang baru. Pastikan pelindung yang digunakan sudah terpasang dengan tepat agar tidak menimbulkan masalah baru.

4. Lakukan Service Jika Dibutuhkan

Terakhir, cara memperbaiki LCD HP yang tertekan adalah dengan melakukan servis HP di tempat yang tepat. Kamu bisa menjelaskan secara rinci mengenai kerusakan layar yang terjadi pada HP dan meminta tolong teknisi untuk melakukan penanganan yang tepat pada smartphone.

Agar hasilnya lebih maksimal, bawalah ke tempat servis HP resmi dari merek smartphone kamu. Umumnya, layar LCD yang rusak harus diganti dengan yang baru. Hal ini dikarenakan LCD merupakan komponen HP yang cukup vital dan berbahaya jika rusak. Meskipun demikian, ada risiko yang mungkin terjadi ketika kamu mengganti LCD HP, salah satunya adalah performa HP yang menurun dari sebelumnya.

Pertanyaan Umum Seputar Cara Memperbaiki LCD HP yang Tertekan

Masalah layar HP yang rudak dan tertekan memang sudah umum terjadi di masyarakat. Hal inilah yang kemudian memunculkan sejumlah pertanyaan di khalayak umum mengenai cara memperbaiki LCD HP yang tertekan. Berikut daftar pertanyaan serta jawabannya.

1. Bagaimana Cara Mengatasi Layar HP Flickering?

Cara mengatasi layar HP flickering akibat tertindih atau tertekan adalah dengan mengecek kondisi layar, melakukan kalibrasi touchscreen, serta membawanya ke tempat servis jika diperlukan. Umumnya layar yang flickering dapat diatasi dengan mendinginkan HP sejenak atau kalibrasi touchscreen dengan aplikasi. Namun jika upaya ini tidak berhasil, mengganti layar LCD HP bisa menjadi pilihan.

BACA JUGA:  11 Game Membangun Kota Terbaik untuk PC dan Laptop

2. Bagaimana Cara Memperbaiki Layar HP yang Terangkat?

Layar HP yang terangkat tentu sangat mengganggu performa dan kinerja dari HP. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini kerap terjadi di masyarakat. Biasanya LCD atau layar yang terangkat terjadi karena baterai menggembung. Solusinya adalah dengan mengganti baterai dengan baterai baru. Namun jika cara ini tidak berhasil, mengganti LCD bisa menjadi pilihan terbaik.

3. Bagaimana Cara Mengatasi Layar HP Hitam Sebelah?

Layar HP yang hitam sebelah umumnya disebabkan oleh layar LCD yang rusak. Namun terkadang juga bisa disebabkan oleh sebab lain. Kamu bisa mencoba mengatasinya dengan me-reset HP sejenak selama beberapa saat lalu menghidupkannya kembali. Jika cara ini tidak berhasil, maka bawalah ke tempat servis HP. Ketika LCD tidak bisa diperbaiki, maka mau tidak mau LCD HP harus diganti.

4. Bagaimana Cara Memperbaiki LCD HP yang Pecah?

Cara memperbaiki LCD HP yang tertekan hingga pecah adalah dengan mengganti LCD. LCD yang pecah mengakibatkan layar touchscreen tidak berfungsi dengan normal. Terlebih jika pecah di hampir seluruh bagian, umumnya HP tidak dapat digunakan lagi. Segera bawa HP ke tempat servis dan gantilah LCD yang cocok.

5. Apa yang Terjadi Jika Layar HP Bergaris dan Berbayang?

Layar HP bergaris dan berbayang merupakan salah satu jenis kerusakan LCD HP yang mengganggu. Pada kondisi ini layar smartphone memiliki garis serta bayangan berwarna hitam atau putih. Layar yang bergaris akan semakin terlihat ketika HP dioperasikan untuk membuka aplikasi atau melihat foto.

Umumnya kerusakan ini terjadi ketika HP terjatuh atau tertekan sehingga menyebabkan LCD rusak. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti LCD layar smartphone. Namun jika dirasa cara ini cukup mahal, maka kamu bisa menginstal aplikasi Blue-Light Filter untuk menambal pixel pada layar yang bergaris dan berbayang. Meskipun demikian, tidak semua kerusakan LCD dapat diatasi dengan cara ini. Jika sudah mentok, mau tidak mau LCD smartphone harus diganti.

Itulah jenis kerusakan LCD serta cara memperbaiki LCD HP yang tertekan. Memang tidak mudah untuk memperbaiki layar LCD yang sudah terlanjur rusak atau retak. Cara paling mudah adalah dengan mengganti LCD, meskipun biaya yang harus disiapkan tidak sedikit. Nah, untuk meminimalisir risiko tersebut, kamu bisa membeli asuransi smartphone yang memberikan proteksi terhadap HP, baik terhadap risiko hilang maupun layar pecah atau rusak. Yuk, dapatkan informasi berbagai penawaran asuransi hp menarik di Qoala Blog dan App!