sukareview.com – Jika diantara kamu ada yang ingin membeli PC desktop atau laptop, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa spek laptop atau PC. Hal ini penting agar kamu bisa memilih komputer sesuai dengan kebutuhan kamu.

Pada tulisan berikut ini, kami punya tips dan trik cara memeriksa spesifikasi laptop atau PC atau komputer tanpa memerlukan aplikasi tertentu yang bikin ribet.

Proses memeriksa spek laptop atau PC ini juga perlu kamu lakukan sebelum kamu memasang aplikasi atau game yang ingin kamu install, karena sejumlah game atau aplikasi seringkali membutuhkan spesifikasi tertentu.

Baca juga

  • 10 Aplikasi Download Lagu MP3 Gratis di HP Android
  • Daftar 10 HP Kamera 48 MP Terbaik
  • Daftar 10 HP Kamera Selfie Terbaik: Spek dan Harga
  • Daftar 10 HP Kamera Terbaik di Dunia: Spek dan Harga
  • Daftar 10 HP Samsung Terbaru: Spek dan Harga
  • 5 HP Terbaik Harga 3-4 Jutaan
  • 11 Hp 2 Jutaan dengan Fitur NFC

Kamu bisa dengan mudah memeriksa spesifikasi laptop atau komputer desktop tanpa bantuan aplikasi atau software apapun, caranya bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara 1: Menggunakan ‘dxdiag’

1. Klik tombol start dan pilih RUN atau kamu bisa juga dengan menekan tombol keyboard Windows + R.

2. Pada kolom yang tersedia ketika dxdiag kemudian tekan Enter atau OK.

Aplikasi Run pada Windows

3. Maka di layar akan keluar tampilan dari DirectX Diagnostic Tool, pada bagian System Information, kamu bisa melihat semua informasi terkait system dan spesifikasi yang dimiliki oleh komputer tersebut, termasuk jenis prosesor dan besaran RAM yang digunakan.

Tapilan DirectX Diagnostic Tool

Demikian cara memeriksa spek laptop atau komputer dengan menggunakan aplikasi DirectX Diagnostic Tool yang sudah ada dalam sistem operasi Windows.

BACA JUGA:  Jadi Garda Terdepan Dalam Melayani Pelanggan, Empat Skill Ini Harus Dimiliki Customer Service

Cara 2: Melalui ControlPanel

Selain dengan cara diatas, kamu juga bisa memeriksa spesifikasi laptop atau komputer melalui cara yang lain, yaitu dengan membuka aplikasi Control Panel – System and Security – System, maka di layar akan tampil kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

Nah, itulah cara memeriksa spek laptop atau PC yang bisa kalian lakukan. Tanpa perlu aplikasi khusus.