Selama beberapa tahun belakangan, Anda pasti sudah familiar dengan istilah QR Code bukan? Sama seperti barcode yang biasa digunakan untuk memindai identifikasi produk dengan cepat, QR Code juga bekerja dengan prinsip yang sama.

QR Code sendiri merupakan singkatan dari Quick Response Code. Salah satu contoh manfaat QR Code seperti untuk melakukan pembayaran atau sekedar mengunduh aplikasi. QR Code meraih kepopuleran di seluruh dunia karena kelebihannya untuk menyimpan lebih banyak informasi dibandingkan barcode, yang hanya bisa menyimpan maksimal 20 karakter. QR Code juga memungkinkan Anda untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membuka browser web dengan alamat situs web tertentu.

Kepopuleran itu tidak lepas dari maraknya penggunaan smartphone, yang dapat dengan mudah memindai QR Code. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu mengarahkan ke gambar dengan kamera smartphone Anda.

Nah, tentunya cara membuat QR Code juga sangat mudah. Dengan menggunakan smartphone maupun laptop, Anda dapat membuatnya menggunakan situs web atau aplikasi secara gratis.

Pada artikel ini, sebelum kita membahas cara membuat QR Code, mari simak sejarah tentang QR Code terlebih dahulu.

Sejarah QR Code

QR Code adalah sejenis kode dua dimensi, yang dikembangkan oleh Denso Wave pada tahun 1994 di Jepang. Maksud dari kode dua dimensi yaitu mengacu pada dua arah, vertikal dan horizontal. Teknologi ini merupakan pengembangan dari barcode yang hanya memiliki satu arah saja yaitu horizontal.

“QR” pada kata QR Code adalah kepanjangan dari “Quick Response” yang berarti memindai atau merespons dengan lebih cepat. Kepopuleran QR Code dimulai pada tahun 2002 saat penyebaran ponsel yang dapat memindai QR Code. Penggunaannya yang menyenangkan dan interaktif membuat QR Code menjadi populer di kalangan masyarakat pada saat itu. Sehingga pada tahun 2004, versi yang lebih kecil, QR Code Micro, lahir.

Dalam beberapa tahun terakhir, dengan diperkenalkannya smartphone, menggunakan QR Code sudah tidak asing lagi dan menjadi salah satu solusi yang biasa digunakan pada aplikasi pembayaran.

Apa Bedanya dengan Barcode?

Seperti yang disebutkan di awal artikel ini, QR Code dapat menampilkan informasi yang lebih banyak dibandingkan dengan barcode. Sedikit informasi, jika kita lihat teknologi yang diterapkan pada barcode adalah teknologi di mana angka dari 0 hingga 9 ditampilkan secara horizontal, dan garis yang terkait dengan angka tersebut dibaca dan diproses.

Oleh karena itu, informasi hanya dapat ditampilkan secara horizontal, dan jumlah informasi hanya dapat berupa alfanumerik, dengan maksimum yang dapat disematkan sekitar 20 karakter.

BACA JUGA:  Nikmati Fitur Inovatif dan Pengalaman Baru dengan Galaxy Watch4 Series dan Galaxy Buds2

QR Code, di sisi lain, dapat menampilkan informasi secara vertikal, dan dapat menampilkan data beberapa ratus kali lebih banyak daripada barcode.

Contoh sederhana bisa kita lihat dalam hal manajemen produk, barcode hanya dapat menyematkan kode seri produk, sedangkan QR Code dapat menambahkan berbagai informasi yang terkait dengan produk, seperti informasi produsen, tanggal produksi, dan tanggal kedaluwarsa.

Apakah munculnya kode QR berarti barcode akan dilupakan? Tentu saja tidak. Barcode masih menjadi cara umum bagi perusahaan untuk mengidentifikasi barang dan mengelola inventaris produk penting di tempat penjualan, seperti harga dan nama produsen.

Mengapa Menggunakan QR Code?

Perlu diketahui bahwa QR Code memiliki hak paten, tetapi karena tidak ada royalti paten, siapapun dapat menggunakannya. Fakta bahwa itu dapat digunakan dengan mudah dan gratis oleh individu merupakan suatu keuntungan besar. 

Alasan lainnya adalah rendahnya kendala dalam penanganan QR Code, seperti tidak memerlukan peralatan khusus saat menggunakan dan memindainya. Sehingga, pengguna dapat “memindai” dengan perangkat seluler mereka.

Rekomendasi Tools (Website) untuk Membuat QR Code

Disini kami akan merekomendasikan 3 situs yang dapat membuat QR Code secara gratis: QR Code Generator, QR Code Monkey dan The QR Code Generator.

QR Code Generator

Situs ini memiliki 13 jenis QR Code yang dapat Anda gunakan secara gratis. Selain itu, setelah selesai membuat QR Code, Anda juga bisa mendesainnya menjadi lebih menarik.

Seperti mengubah bentuk, menambahkan logo dan mengubah warna. Kami akan menuliskan caranya dibawah ini.

Official website: QR Code Generator

QR Code Monkey

Selain mengubah URL menjadi QR Code, total ada 14 jenis QR Code dapat dibuat menggunakan situs ini, termasuk QR Code untuk SMS dan QR Code lokasi yang dapat menampilkan informasi lokasi dari Google Maps.

Diantaranya, yang paling direkomendasikan adalah QR Code untuk Wifi yang memungkinkan Anda terhubung ke Wifi hanya dengan memindai QR Code, tanpa harus memasukan kata sandi yang merepotkan.

Official website: QR Code Monkey

The QR Code Generator

Jika Anda hanya ingin mencoba membuat QR Code yang sederhana, kami merekomendasikan situs ini. Selain URL, situs ini juga bisa mengubah teks, sms dan kontak menjadi QR Code.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan situs ini untuk memindai QR Code dengan memanfaatkan webcam laptop ataupun kamera smartphone.

Official website: The QR Code Generator

Cara membuat QR Code Menggunakan Web

Dalam artikel ini, sukareview.com akan menggunakan “QR Code Generator“, sebuah situs yang memungkinkan Anda membuat QR Code secara gratis. Pada contoh ini, kita akan mencoba mengubah teks menjadi QR Code. 

BACA JUGA:  Telah Hadir, Laptop Cerdas dengan Pengalaman yang Saling Terhubung

Pertama, Anda bisa mengunjungi situs tersebut.

Saat Anda mengakses situs, pilih teks dan masukkan teks di kolom “Enter your text” yang berada di bawah halaman. 

Setelah Anda selesai mengetik teks, QR Code akan dibuat secara otomatis. Anda juga dapat menyesuaikan frame, warna dan logo pada QR Code tersebut.

Setelah selesai menyesuaikan QR Code, pilih “Download” dan selesai. Sangat mudah bukan.

Rekomendasi APK untuk Membuat QR Code di Android

Bagi Anda yang tidak memiliki komputer atau laptop, tidak perlu bingung, karena saat ini banyak APK yang bisa membuat QR Code secara gratis.

QR Code Generator – QR Code Creator & QR Maker

Sesuai dengan nama aplikasinya, QR Code Generator adalah sebuah aplikasi yang bisa membuat QR Code. Aplikasi ini memiliki menu untuk menambahkan logo serta desain yang bisa menambah daya tarik QR Code.

Hanya dengan satu aplikasi ini saja, Anda bisa melakukan banyak hal. Selain itu, pada Anda juga bisa memindai QR Code menggunakan aplikasi ini.

Link Play Store: QR Code Generator

QR Generator Pro – QR Creator & Barcode Generator

Aplikasi untuk membuat QR Code kali ini datang dari developer yang sama seperti apk di atas. Perbedaannya mencolok, di APK ini tersedia lebih banyak template dan fitur yang tidak ada pada aplikasi diatas.

APK ini juga memiliki user interface yang lebih menarik. Selain membuat QR Code, APK ini juga memiliki fitur untuk membuat Barcode. 

Link Play Store: QR Generator Pro

QR Code Generator | QR Scanner | Creator | TIGER

Aplikasi Android terakhir di list ini adalah buatan developer yang bernama Tiger. Produk ini pernah menjadi produk terbaik selama dua minggu.

Aplikasi ini memberikan kemudahan untuk menyesuaikan QR Code sesuai kemauan Anda. Seperti mengubah warna, menambahkan logo dan bentuk QR Code. Aplikasi Ini juga memungkinkan Anda untuk memindai QR Code dan berjalan tanpa iklan.

Link Play Store: QR Code Generator Tiger

Cara Membuat QR Code Menggunakan APK

Seperti judul diatas, Anda juga dapat membuat QR Code dari smartphone. URL, teks, dan alamat email dapat disematkan dalam QR Code. Dalam contoh ini kami akan menggunakan APK bernama QR Code Generator – QR Code Creator & QR Maker.

Pertama, buka aplikasi tersebut.

Saat pertama kali membuka, Anda akan menemukan tampil seperti ini.

Di kolom “please fill in the text here” Anda bisa memasukan informasi apa saja yang ingin diubah menjadi QR Code. 

BACA JUGA:  Indonesia Berpotensi untuk Mencapai Internet yang Berkualitas dan Terjangkau

Setelah itu klik tombol Create di kanan atas untuk membuat QR Code.

Aplikasi ini memiliki 8 fitur yang bisa Anda gunakan. Seperti instagram dan WhatsApp. Di bagian template Anda akan menemukan banyak pilihan QR Code, tetapi ada template yang untuk bisa digunakan harus daftar VIP terlebih dahulu.

Untuk menggunakan template, Anda bisa klik salah satu template, setelah itu akan muncul kolom untuk mengisi informasi, kemudian klik Create untuk mengubahnya menjadi QR Code.

Cara Menggunakan QR Code

Untuk perusahaan dan freelancer, bagaimana QR Code dapat digunakan? Berikut adalah tiga contoh yang bisa Anda lakukan.

Mengarah ke Pendaftaran/Seleksi Keanggotaan atau Kampanye

Jika Anda memiliki perusahaan atau toko, QR Code berguna untuk akses langsung ke pendaftaran keanggotaan dan kampanye di situs Anda. Penting untuk menempatkan QR Code di poster, di samping mesin kasir, dan di tempat lain dimana pelanggan dapat melihatnya.

Contoh studi kasusnya untuk penggunaan QR code ini dapat kita lihat pada proses saat hendak masuk ke mall di masa PPKM saat ini. Sebagaimana diberitakan oleh IdeaBox dalam artikel cara scan barcode Pedulilindungi, disampaikan bahwa sebelum masuk mall harus melakukan scan barcode terlebih dahulu. Apabila berwarna hijau, maka dipersilakan masuk.

Beriklan di Jalanan

QR Code dengan desain menarik atau QR Code berukuran besar dapat menciptakan kesan kehadiran, sehingga disarankan untuk menggunakannya untuk beriklan di kota atau di baliho. QR Code juga dapat digunakan untuk menjangkau banyak pengguna acak.

Semakin bagus desain QR Code yang Anda sematkan di papan iklan dapat menarik situasi tertentu bagi orang lain.

Menempatkan QR Code di Kartu Bisnis Anda

Cara ini bisa menjadi keuntungan besar bagi freelancer. Akan lebih mudah bagi orang lain untuk melihatnya, jika Anda memiliki QR Code yang mengarah ke situs web, situs jejaring sosial, atau media lain apapun yang membawa karir dan pencapaian Anda.

Selain itu, Anda bisa menggunakan QR Code untuk menampilkan informasi kontak sehingga tidak menghabiskan banyak waktu bagi orang lain untuk menghubungi Anda.


QR Code dapat digunakan untuk keperluan tertentu dan dapat digunakan hanya dengan kamera smartphone. Dengan momentum yang berkembang untuk transaksi non-tunai, QR Code kemungkinan akan menjadi fitur yang akan lebih sering digunakan orang di masa depan.

Meskipun Anda belum pernah menggunakannya sebelumnya, kami harap Anda memanfaatkan kesempatan ini untuk merasakan manfaatnya.