sukareview.com – Cara ganti nama HP Android dan iPhone agar ketika terkoneksi dengan perangkat lain ponsel kamu memiliki nama yang unik, seolah itu bawaan dari pabrik. Bisa untuk merek Oppo, Vivo, Samsung, Realme, Xiaomi, Redmi, Asus, Nokia, dsb.

Ketika kamu membeli smartphone baru baik itu Android atau iPhone atau perangkat mobile lainnya, gadget tersebut memiliki nama standar pabrik (nama seri).

Nama pada smartphone Android Oppo, Vivo, Samsung, Realme, Xiaomi, Redmi, Asus, Nokia, dsb., ternyata cukup penting seperti untuk membedakan antar perangkat ketika butuh terkoneksi dengan perangkat lain baik itu smartphone atau laptop.

Contohnya, ketika HP kalian terhubung dengan laptop PC atau Mac menggunakan kabel maka nama smartphone bawaan Oppo, Vivo, Samsung, Realme, Xiaomi, Redmi, Asus, Nokia, dsb akan muncul.

Setiap ponsel biasanya memiliki cara sendiri untuk memberikannya nama sesuai keinginan. Berikut ini cara mudah ganti nama HP Android Dan iPhone. Mulai dari Oppo, Vivo, Samsung, Realme, Xiaomi, Redmi, Asus, Nokia, dsb.

Cara Ganti Nama HP Android

Mengganti nama di ponsel Android agak lebih variatif caranya, karena disesuaikan dengan seri smartphone dan sistem operasi Android yang digunakan.

Cara paling umum dari berbagai versi Android adalah melalui menu “Setting” / “Pengaturan”. Pada HP Oppo, Vivo, Samsung, Realme, Xiaomi, Redmi, Asus, Nokia, dsb.

  • Masuk ke menu Settings > General >About Phone > Phone Name
  • Kemudian klik nama smartphone yang muncul
  • Lalu ganti nama Android sesuai keinginan, selesai.

Ada juga beberapa versi smartphone Android yang tidak menyediakan “Phone Name” pada menu Settings > General >About Phone > Phone Name.

Caranya bisa dilakukan dengan mengganti nama pada Bluetooth, biasanya ini juga akan mengubah nama smartphone Android kalian. Selamat mencoba!

BACA JUGA:  LEAD by Indihome, Dukung Pengembangan Atlet eSport Indonesia

Cara Ganti Nama HP iPhone

Nama standar untuk perangkat iPhone adalah iPhone. Jadi bisa dibayangkan jika kalian punya lebih dari satu iPhone, atau dirumah juga banyak yang punya iPhone, jika belum dirubah namanya akan sulit membedakan antara iPhone satu dengan lainnya.
 
Dan satu hal lagi, untuk menggunakan layanan fitur dalam iPhone seperti Find My dan iCloud haru smelakukan identifikasi berdasarkan nama dan kita harus bisa membedakan iphone yang mana yang akan digunakan.

Mengganti nama iPhone sangat mudah dan sederhana. Contoh yang dilakukan menggunakan iOS 13 dan biasanya bisa dilakukan untuk berbagai iPhone dengan versi iOS lainnya.

  • Pada iPhone kalian, masuk ke menu Settings > General, kemudian klik “About”.
  • Klik baris pertama pada menu “About” yang akan memunculkan nama perangkat iPhone.
  • Kemudian ganti nama iPhone tersebut sesuai keinginan, kemudian klik “Done”.