sukareview.com – Di ajang “Huawei Intelligent Finance Summit 2022″— Huawei meluncurkan solusi Digital Banking 2.0 yang memanfaatkan platform terbuka Temenos dan berdiskusi bersama klien dan mitra terkemuka di industri keuangan tentang cara membangun arsitektur cloud-native guna mewujudkan kegesitan bisnis dan inovasi industri.

Perbankan digital adalah tren global

Menghadapi persaingan sengit dari raksasa Internet, bank kini bertransformasi dari penyedia jasa keuangan konvensional menjadi penyedia layanan keuangan digital baru berdasarkan ekosistem industri.

Sejumlah teknologi baru—seperti, cloud-nativeopen API, dan big data—serta, kondisi ekonomi terkini mendorong bank digital bersikap terbuka dan mengandalkan teknologi cerdas dengan fitur integrasi yang mudah.

Bank harus beralih ke teknologi digital demi memenuhi beragam kebutuhan baru dalam skenario penggunaan terkini, dan perbankan digital menjadi pilihan yang jelas.

Bahkan, bank digital global telah mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Menurut statistik dari Simon-Kucher tentang bank baru, 153 bank digital muncul pada 2020 dan 2021, jumlahnya pun terus bertambah pada masa mendatang.

Huawei meluncurkan Solusi Digital Banking 2.0 yang memanfaatkan platform terbuka Temenos guna mendukung transformasi arsitektur perbankan dan inovasi bisnis

Jason Cao, CEO of Huawei Global Digital Finance & Jimmy Ng, CIO and Head of Group Technology & Operations, DBS

Di ajang tersebut, Huawei meluncurkan Solusi Digital Banking 2.0 yang memanfaatkan platform terbuka Temenos.

Solusi Perbankan Digital terkini ini merupakan solusi yang telah diperbarui, dan memakai platform terbuka Temenos untuk composable banking yang menyediakan fitur-fitur cloud-native, core banking, dan data.

Solusi ini mendukung peluncuran bank digital secara cepat, dan membantu bank besar mempercepat modernisasi menuju komputasi awan.

Keunggulan tersebut sangat meningkatkan efisiensi peluncuran layanan dan kepuasan nasabah.

Solusi Digital Banking 2.0 memfasilitasi integrasi dan peluncuran layanan yang cepat berdasarkan arsitektur cloud-native, serta menyediakan fitur core banking bagi bank.

BACA JUGA:  Intip 4 Kelebihan Huawei Nova 9

Berikut fitur-fitur utama dari solusi ini:

1.  Praintegrasi: Solusi ini tersertifikasi Temenos dan mitra-mitra lain di industri sehingga menawarkan rangkaian fitur perbankan digital secara lengkap dan menyeluruh bagi klien dalam beragam skenario bisnis, seperti ritel, korporat, dan perbankan Syariah, dan lain-lain. 

2.  Cepat: Solusi ini menyediakan layanan composable banking agar layanan baru dikembangkan dan diperbarui dengan perakitan yang mudah. Di saat bersamaan, sistem cloud-native sangat mudah diperluas skalanya dan hemat biaya sekaligus membutuhkan investasi awal yang bernilai kecil.

3.  Terbuka: Platform ini menyediakan open API demi keterlibatan dan integrasi oleh pihak ketiga. Maka, open API memperkaya ekosistem dan mendukung skenario bisnis yang semakin banyak. Semua hal tersebut meningkatkan efisiensi operasional sistem dan kepuasan pengguna.

Neo Gong, Senior Solution DirectorEnterprise BG Digital Finance, Huawei, menjelaskan, “Digital Banking 2.0 tersedia dalam model SaaS atau cloud foundation.

“Solusi ini membantu klien meningkatkan efisiensi dan kegiatan bisnis, serta manajemen biaya. Dengan demikian, klien lebih berfokus pada inovasi layanan dan pengembangan ekosistem.

“Lewat kolaborasi dengan Temenos, platform terbuka dan terkemuka untuk composable banking, solusi ini menghasilkan fungsionalitas core banking yang lengkap bagi bank.”

Dengan membangun cloud foundation yang cepat, elastis, aman, dan andal, serta terintegrasi bersama mitra untuk membangun solusi keuangan yang berbasiskan skenario penggunaan.

Huawei berkomitmen mempromosikan pengembangan dan inovasi jasa keuangan, serta membentuk dunia keuangan yang lebih cerdas dan ramah lingkungan secara kolaboratif.