sukareview.com – TikTok, platform destinasi video singkat terdepan, telah merampungkan rangkaian kelas online #MajuBarengTikTok yang berlangsung sepanjang bulan Juni dan berhasil menjangkau lebih dari 12.000 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di seluruh Indonesia.

Sebagai kelanjutan dari program pemberdayaan UKM tersebut, TikTok memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis lainnya untuk mengakses semua materi dengan mengunjungi dan mendaftarkan diri di situs MajuBarengTikTok.com.

Inisiatif tersebut merupakan bagian dari komitmen TikTok untuk mendukung para pelaku UKM agar bisa maju bersama di era digital, dengan mengoptimalkan platform digital berbasis kreativitas, seperti TikTok.

Materi pemberdayaan #MajuBarengTikTok yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja ini terbagi ke dalam rangkaian topik yang secara holistik merangkum proses digitalisasi pengembangan bisnis online.

Topik-topik tersebut antara lain Pengenalan ke Bisnis Online dan Toko Online, Media Sosial dan Platform Digital, Strategi Digital Marketing, Praktik Terbaik Konten Kreatif, Pengenalan TikTok untuk UKM, Pembuatan Konten Kreatif, hingga langkah dan tips untuk mulai beriklan di TikTok.

Berbagai topik di atas disampaikan oleh pemateri yang merupakan para ahli di bidang pemasaran, yang dapat diserap dan diterapkan oleh para peserta.

Pandu Nitiseputro, Head of SMB TikTok Indonesia menyampaikan bahwa pendampingan berkala pada UKM merupakan hal penting untuk mendukung mereka bisa go digital. “Semenjak peluncuran solusi bisnis melalui TikTok for Business tahun lalu, kami melihat ada banyak UKM yang tumbuh di TikTok.

“Mereka terhubung dengan komunitas TikTok dengan menyampaikan kisah brand (storytelling) secara yang otentik. Oleh karena itu, program #MajuBarengTikTok ini kami persembahkan agar fitur dan layanan untuk para pelaku bisnis bisa dimanfaatkan secara efektif, sehingga mereka dapat menjangkau pasar dengan lebih luas lagi,” ujar Pandu.

BACA JUGA:  4 Cara Cek Kuota 3 (Tri) Terbaru (Update September 2021)

Program #MajuBarengTikTok yang telah terselenggara pada 3 hingga 29 Juni 2021 ini telah diikuti oleh peserta UKM yang berasal dari 34 provinsi berbeda di Indonesia. Latar belakang mereka juga beragam, mulai dari pebisnis kuliner, fashion, pelaku usaha bidang pendidikan dan agribisnis.

Dari 10 kelas yang berbeda, topik mengenai pengenalan TikTok dan TikTok untuk UKM menjadi kelas yang paling banyak diminati, karena memberikan tips yang aplikatif untuk mereka bisa menjangkau konsumen di TikTok.

Salah satu peserta mengaku bahwa fitur materi yang disajikan di kelas Maju Bareng TikTok telah memberikan banyak inspirasi di bidang digital marketing. “Program ini luar biasa membuka wawasan saya tentang pentingnya digital marketing di era pandemi seperti sekarang. Pemateri yang hadir juga luar biasa, materi mudah dipahami, overall keren!,” kata Pipit Indriani, pemilik bisnis Juragan Seuhah.

Program #MajuBarengTikTok didukung oleh berbagai pihak dengan misi untuk mendorong percepatan digitalisasi bagi pelaku UKM di Indonesia, antara lain pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia serta Kementerian Perindustrian, Telkomsel, BCA,  Pertamina, GoFood, Blibli, Moka, Foodizz, MicroMentor, hingga SMESCO. Informasi lebih lengkap tentang program #MajuBarengTikTok dapat diakses di situs MajuBarengTikTok.com.