sukareview.com – Beberapa tahun belakangan ini, kerja dari rumah menjadi konsep yang sering dipilih oleh sebagian perusahaan di Indonesia karena dianggap lebih efektif dan efisien. Nah, ketika Anda bekerja dari rumah dan tidak perlu lagi pergi ke kantor, tentunya Anda memerlukan beberapa aplikasi web yang akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan tugas-tugas kantor Anda di rumah.

Aplikasi web itu sendiri adalah perangkat lunak (software) aplikasi yang dijalankan melalui browser web. Dan berikut ini 5 (lima) aplikasi yang akan mempermudah kerja Anda dari rumah:

1. Zoom

Siapa sih yang tidak kenal aplikasi populer Zoom ini? Ya, Zoom saat ini tampaknya sudah menjadi aplikasi yang wajib dimiliki oleh para pegawai kantoran untuk melakukan panggilan video dari jarak jauh dengan kualitas dan fitur-fitur yang bagus dan menarik.

Diluncurkan sejak 2012 silam, penggunaan Zoom semakin naik selama pandemi Covid-19 saat banyak perusahaan di dunia, termasuk di Indonesia harus menerapkan berbagai pembatasan sosial yang ketat. Dan berkat kemudahan penggunaannya, perangkat lunak ini telah menjadi aplikasi konferensi video yang paling populer di tahun 2020. 

Para perusahaan biasanya membuat akun-akun bisnis untuk para pegawainya supaya tidak ada batasan waktu. Dengan akun bisnis, rapat staf dapat digelar secara jauh via Zoom yang  mencakup hingga 300 partisipan. 

2. Dropbox

Didirikan di tahun 2007, Dropbox memiliki fitur-fitur dan kemampuan untuk sinkronisasi dengan berbagai perangkat, yang membuatnya menjadi salah satu layanan paling populer untuk penyimpanan file. 

Meskipun para pengguna dapat mengakses layanan Dropbox dengan melakukan login via sebuah browser web, namun faktanya adalah software ini menawarkan penggunaan untuk desktop dan aplikasi mobile. Dengan begitu, Anda bisa mengakses Dropbox dengan perangkat elektronik apapun seperti ponsel pintar, tablet, laptop, hingga PC. 

BACA JUGA:  Sambut Tahun 2022, Saatnya Wujudkan 5 Ide Smart Home di Rumahmu

Dropbox memiliki ruang penyimpanan sebesar 2TB untuk keperluan pribadi, dan bisa ditingkatkan ke 3 hingga 5TB untuk penggunaan keperluan bisnis. 

3. Trello

Salah satu aplikasi web yang cukup penting dalam menunjang kelancaran kerja dari rumah adalah Trello. Iya, Trello adalah aplikasi berbasis web yang memungkinkan para penggunanya untuk membuat papan tulis dan daftar, dengan penekanan pada kerja tim.

Lebih dari satu juta time di seluruh dunia secara aktif menggunakan layanan ini untuk mengorganisir rapat, mengawasi tugas-tugas kantor, dan melacak proyek-proyek. 

Dengan aplikasi ini, Anda hanya perlu membuat papan tulis, dan menambahkan kartu, lalu mengundang para kolega Anda untuk menggunakan aplikasi ini. Kartu dapat mencakup daftar periksa, batas waktu, dan pengingat. 

4. GetLua

Dalam bekerja dari rumah, Anda tentunya memerlukan aplikasi web yang bisa mempercepat penyelesaian tugas-tugas kantor, seperti mengedit dokumen  dan mengubah satu format file ke format lainnya misalnya dari format PDF ke Word, PDF ke Rtf dan banyak lagi.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan aplikasi web bernama GetLua ini, yang juga ternyata dapat mengubah sebaliknya dari Word ke PDF atau format-format file lainnya ke format PDF. 

Aplikasi ini cukup populer di Indonesia karena performa dan kualitasnya yang tinggi. Aplikasi ini berjalan dengan lancar dan tetap menjaga gambar dan penyelarasan dengan sempurna. 

Menariknya, aplikasi ini juga menawarkan versi gratis dan versi premiumnya yang berbayar. Adapun untuk versi gratisnya, akan batasan halaman yang ingin diubah yaitu maksimal 5 halaman, sementara untuk versi bayarnya, tidak ada batasan halaman. 

5. Slack

Slack juga merupakan aplikasi web yang cukup penting bagi mereka yang sedang bekerja dari rumah. Dalam beberapa tahun terakhir ini, penggunaan Slack di dunia semakin populer dan bahkan dianggap sebagai salah satu yang paling sering digunakan sebagai aplikasi pengirim pesan. 

BACA JUGA:  Tips Belajar Coding di Android Dengan Mudah

Menurut laporan, lebih dari 75000 perusahaan menggunakan software ini. Selain sebagai tempat obrolan, para pengguna dapat membagikan file, video call yang dapat mencakup 15 orang, dan masih banyak lagi.