Ketika Anda sedang berlibur atau melakukan traveling ke luar negeri, pastinya membutuhkan kemampuan memahami bahasa asing, terutama Bahasa Inggris.

Dahulu, orang akan membuka kamus untuk mencari arti dari beberapa kata asing agar dapat memahami maksudnya. Namun masalahnya adalah, apakah kamus tersebut selalu dibawa tiap kali melakukan perjalanan? Tentunya tidak, karena berat kamus cukup membebani mereka.

Nah, apalagi zaman sekarang. Orang pergi ke manapun, barang yang pasti dibawa adalah smartphone. Lalu bagaimana solusinya agar tetap bisa memahami bahasa asing dengan mudah tanpa perlu membawa kamus?

Tenang, saat ini semua smartphone sudah dibekali aplikasi translate yang dapat digunakan untuk membantu menerjemahkan bahasa asing. Tetapi, Anda mungkin bingung dalam memilih aplikasi penerjemah tersebut karena banyaknya aplikasi yang tersedia.

Maka dari itu, kali ini sukareview.com akan memberikan rekomendasi aplikasi translate terbaik untuk platform Android dan PC. Berikut selengkapnya!

Aplikasi Translate Terbaik untuk Android

  1. Google Translate
  2. iTranslate
  3. Microsoft Translator
  4. U-Dictionary
  5. Translate All

1. Google Translate

Aplikasi translate yang kami rekomendasikan pertama kali untuk Anda adalah Google Translate. Aplikasi ini merupakan salah satu produk Google yang memiliki fungsi sesuai namanya, yaitu menerjemahkan kata, kalimat, paragraf, bahkan teks dari berbagai bahasa asing.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Kabar baiknya, aplikasi ini sudah bisa Anda akses dengan mudah lewat smartphone

Google Translate menjadi aplikasi translate bahasa Inggros rekomendasi kami yang pertama karena memiliki banyak keunggulan dibanding aplikasi sejenis lainnya. Keunggulan yang dimilikinya antara lain:

  • Mendukung terjemahan untuk 108 bahasa
  • Mendukung terjemahan audio/suara
  • Mampu menerjemahkan melalui link
  • Memiliki beberapa fitur menarik seperti camera translator dan transcribe

Akan tetapi, meskipun memiliki banyak keunggulan, aplikasi ini tidak luput dari kekurangan juga. Setidaknya terdapat 2 kekurangan Google Translate yang bisa kami catatkan. Berikut ini kekurangannya:

  • Pembatasan jumlah karakter yang diterjemahkan dalam 1 sesi, yaitu 5000 karakter.
  • Hasil penerjemahan kurang akurat bahkan dalam beberapa kasus terjemahannya seperti bahasa robot.
BACA JUGA:  3 Cara Bikin Instagram Reels Jadi Megang Banget

Google Translate bisa kamu download dan install secara gratis di Google Play Store.

2. iTranslate

Aplikasi translate yang kami rekomendasikan berikutnya adalah iTranslate. Fitur yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan Google Translate. Seperti aplikasi pada umumnya, iTranslate memiliki keunggulan dan kekurangan.

Melansir dari keterangan dalam deskripsi aplikasi ini pada di Google Play Store, berikut ini kami catatkan keunggulan-keunggulannya:

  • Mampu menerjemahkan 100 bahasa
  • Support audio
  • Memiliki fitur berbagi hasil terjemahan ke platform lain

Adapun kekurangannya adalah sebagai berikut:

  • Untuk dapat menggunakannya secara offline, Anda harus membeli versi pro/berbayar
  • Fitur menerjemahkan via link juga hanya tersedia untuk versi pro/berbaya

Untuk mendapatkan aplikasi iTranslate ini, silakan download di Google Play Store yang ada di smartphone Android kamu.

3. Microsoft Translator

Selain Google Translate dan iTranslate, Anda juga bisa mencoba aplikasi Microsoft Translator untuk menerjemahkan antarbahasa.

Meskipun tidak sehebat Google Translate dan iTranslate, aplikasi translate besutan Microsoft ini cukup bagus juga. Jumlah bahasa yang mampu diterjemahkan adalah sebanyak 70 bahasa.

Untuk mengetahui dan menikmati segala fitur-fiturnya, langsung saja instal aplikasinya yang tersedia secara gratis di Google Play Store.

4. U-Dictionary

Rekomendasi aplikasi translate bahasa untuk Android yang keempat adalah U-Dictionary. Aplikasi ini sangat populer karena iklannya cukup banyak ditampilkan di beberapa platform unggulan, seperti YouTube, Facebook, dan Instagram.

Aplikasi U-Dictionary ini sangat kami rekomendasikan karena fitur-fiturnya yang cukup menarik. Seperti Google Translate, U-Dictionary dapat Anda gunakan tanpa internet atau secara offline.

Untuk bisa mengakses semua fiturnya secara lengkap, langsung saja download aplikasinya di Google Play Store smartphone Anda.

5. Translate All

Kami sengaja merekomendasikan aplikasi ini pada nomor 5 karena tidak sebagus 4 aplikasi translate di atas. Namun, meskipun demikian, fitur-fitur yang dimilikinya juga sudah cukup untuk membantu Anda dalam menerjemahkan bahasa asing.

BACA JUGA:  Memilih Smartphone 5G Flagship yang Stylish untuk Anak Muda di Ajang Promo realme 9.9 Shopping Mega Deals

Sudah ada sekitar 60 bahas yang didukung oleh aplikasi ini. Tak hanya itu, Translate All juga mendukung terjemahan tulisan di sebuah gambar, terjemahan melalui suara, dan masih banyak fitur-fitur menarik lainnya.

Tertarik menggunakannya? Pasang aplikasinya secara gratis di Google Play Store.

Aplikasi Translate Terbaik untuk PC

  1. Microsoft Translator
  2. Babylon
  3. Systran
  4. Lingvanex
  5. Just Translate

1. Microsoft Translator

Pemuncak daftar aplikasi translate terbaik versi PC versi kami adalah Microsoft Translator. Sebagai pengembang, Microsoft telah menyiapkan berbagai fitur menarik di dalam aplikasi besutannya saat ini.

Microsoft Translator ini mampu menerjemahkan teks, audio, percakapan, gambar, dan bahkan tulisan tangan ke dalam 60 bahasa secara online maupun offline.

Selain fitur tersebut, aplikasi ini juga dibekali fitur yang mampu menerjemahkan percakapan secara langsung dari 100 orang melalui perangkat mereka masing-masing.

Bagi kamu yang tergiur dengan fitur-fiturnya di atas, langsung saja download aplikasinya secara gratis di Microsoft Store.

2. Babylon

Babylon dibekali dengan kemampuan menerjemahkan dari 77 bahasa sekaligus. Salah satu fitur unggulan dari aplikasi translate PC satu ini adalah Anda hanya perlu menunjuk kata yang ingin diterjemahkan dengan satu klik saja. Tidak perlu copy paste, terjemahan dari kata yang Anda tunjuk akan muncul secara otomatis.

Sebagai catatan, pada Babylon versi gratis terdapat beberapa fitur yang dibatasi alias tidak dapat diakses. Nah, untuk mendapatkan semua fitur secara lengkap Anda dapat membelinya dengan harga 89 dolar Amerika.

Tertarik mencobanya? Babylon bisa Anda dapatkan di website resmi mereka atau di Microsoft Store.

3. Systran

Systran menjadi salah satu pilihan aplikasi translate bahasa Inggris yang kami rekomendasikan untuk Anda karena dibekali dengan beragam macam fitur menarik. Salah satunya adalah fitur translator shortcut. Dengan memanfaatkan fitur ini anda dapat menerjemahkan kata atau kalimat yang Anda pilih dalam aplikasi apapun.

Fitur lain yang dibawa oleh Systran adalah omni translation. Cukup dengan menunjuk sebuah kata dengan kursor, maka otomatis terjemahannya akan muncul di layar.

BACA JUGA:  Naikkan Level Keyboard Dengan Set Aksesoris Keyboard Terbaru Razer

Selain dua fitur di atas, aplikasi ini juga dilengkapi dengan browser extension dan office plugin yang mampu memudahkan Anda dalam menerjemahkan konten sebuah website atau isi dokumen office. Cukup dengan satu klik, isi sebuah dokumen atau file akan diterjemahkan secara keseluruhan.

Namun, ada sedikit kekurangan pada aplikasi ini, yaitu beberapa fitur tidak dapat digunakan alias dibatasi kecuali Anda membeli lisensinya yang seharga 89 dolar Amerika.

4. Lingvanex

Lingvanex adalah aplikasi translate bahasa Inggris yang cukup unik dan berbeda dari aplikasi sejenis. Pasalnya, Lingvanex menerapkan metode natural machine translation yang mampu menerjemahkan lebih dari 100 bahasa secara instan. 

Salah satu fitur yang dapat Anda nikmati pada aplikasi ini adalah mampu menerjemahkan dokumen dengan berbagai macam format, yaitu file audio, konten website, gambar, email, dan chatting pada aplikasi-aplikasi lain.

File audio yang dapat diterjemahkan oleh aplikasi ini adalah lagu, rekaman percakapan telepon, audio recorder, dan lain sebagainya. Kabar baiknya, aplikasi ini dapat Anda gunakan dalam mode offline atau tanpa terhubung dengan internet.

5. Just Translate

Meskipun namanya cukup simpel, yaitu Just Translate, tetapi kemampuan yang dimilikinya tidak sesederhana itu. Karena aplikasi ini mampu menerjemahkan hingga 100 bahasa.

Pada aplikasi ini terdapat fitur teknologi voice recognition yang membuat aplikasi ini mudah memahami kata, frasa, maupun kalimat yang akan diterjemahkan.

Anda dapat menikmati semua fitur bawaan aplikasi ini secara gratis dengan cara mendownloadnya di Microsoft Store.


Nah itulah 10 aplikasi translate bahasa asing terbaik rekomendasi kami. Kini, dengan aplikasi-aplikasi di atas, Anda tidak perlu membawa kamus ketika bepergian ke luar negeri dan berbicara dengan orang dari negara lain.

Oiya, jangan lupa bisikin kami aplikasi mana yang paling nyaman buat Anda pribadi ya! Tuliskan di kolom komentar!