sukareview.com – Apa itu Pop up? Istilah itu barangkali sudah sering kita dengar di beberapa tutorial bahkan di berbagai opsi menu HP. Namun diantara pemilik smartphone android banyak yang belum tahu dengan apa itu popup dan apa fungsi utamanya.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang istilah Pop up lebih lengkap dan detil. Supaya kalian paham dengan penggunaan dan kebutuhannya di dalam perangkat.

Pengertian Pop Up

Istilah Popup sudah digunakan dalam istilah di berbagai sistem operasi sebelum Android seperti pada perangkat desktop PC. Pop up adalah tampilan mengambang yang berada di atas tampilan utama yang sedang aktif.

Bila halaman atau tampilan Popup telah nampak biasanya halaman yang aktif tersebut akan secara otomatis di-disable oleh program sehingga halaman tersebut terlihat samar-samar.

Secara teknis, pop up adalah merupakan area tampilan antarmuka pengguna grafis (GUI), yang biasanya berupa jendela kecil, yang akan muncul secara tiba-tiba di latar depan antarmuka visual saat kita melakukan sesuatu, seperti memilih tombol atau masuk ke halaman tertentu.

Mungkin Anda pernah melihat adanya notifikasi masuk di layar ketika HP sedang terkunci, notifikasi berupa ringkasan pesan itulah yang dinamakan popup, yang berfungsinya tergantung pada perintah pengaturan dalam aplikasi itu sendiri.

Fungsi & Kegunaan PopUp

Nah, selanjutnya kita akan bahas sedikit fungsi dan kegunaan dari fitur ini. Pasalnya, fitur ini bukan hanya kosmetik buat memperindah tampilan karena banyak fungsi dan kegunaannya.

Popup Sebagai Notifikasi

Biasanya script popup dibuat untuk menampilkan notifikasi atau papan peringatan khusus yang mengambang di layar agar pengguna melakukan suatu aksi seperti memilih, mencentang, atau bahkan hanya melihat info di layar tersebut.

BACA JUGA:  HP Gaming 2 Jutaan Terbaik Buat PUBG, ML & FF

Pop Up Menu

Pop up menu berisi dengan elemen-elemen menu yang berfungsi untuk membuat pengguna dapat berinteraksi dengan perangkat.

Halaman Popup yang muncul menutupi halaman aktif biasa digunakan sebagai pilihan suatu opsi tertentu. Seperti saat pengguna masuk ke dalam pengaturan android dan memilih opsi jaringan.

Disana akan tampak pilihan yang menutupi layar aktif sehingga pengguna harus memilih salah satu opsi yang diinginkan seperti pilih 2G, 3G atau 5G bahkan memilih Automatic, itu sebagai contoh saja.

Sebagai Alert Sistem

Popup juga berfungsi menunjukkan ke pemilik ponsel ketika ada sistem yang bermasalah, suatu contoh ketika ada crash aplikasi atau program yang tidak bisa berjalan secara normal maka seringkali muncul halaman Popup untuk memberitahu kalau aplikasi sedang berhenti atau peringatan lainnya.

Sebagai Alat Promosi

Contoh seperti iklan yang ada pada halaman surat kabar online atau website seperti review1st.id misal yang harus ditutup dulu agar kita bisa mengakses isi beritanya.

Biasanya Popup juga muncul saat sedang membuka suatu halaman situs tertentu, yang secara otomatis atau tidak sadar saat si pengguna smartphone tidak menyadari kapan halaman pop up tersebut muncul.

Hal ini dikarenakan adanya script khusus yang memang sengaja dipasang oleh si pembuat aplikasi atau pemilik situs agar tampilan tersebut bisa dibaca.

Bahkan memaksa si pengguna ponsel untuk melakukan aksi terhadap pesan yang tampil menutupi halaman yang sedang terbuka dengan iklan atau penawaran.