sukareview.com – Dalam perkembangan teknologi saat ini, ada banyak  peluang untuk mendapatkan uang secara melimpah, salah satunya adalah pasar online. Maka dari itu, kita perlu mengenal apa itu NFT, opensea dan fungsinya untuk jual beli. 

Selain itu, banyak  orang yang telah mendapatkan banyak keuntungan  dari pasar tersebut dengan penghasilan berkisaran jutaan hingga miliaran. Jadi sangat cocok untuk yang ingin mendapatkan uang tambahan dari aplikasi jual beli ini. Seperti Ghazali yang bisa meraup miliaran rupiah hanya dari foto selfie.

Nah, untuk informasi lebih lanjut mengenai apa itu NFT, opensea dan fungsinya untuk jual beli. Simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu NFT, Opensea dan Fungsinya yang Wajid Diketahui

NFT adalah bagian dari teknologi blockchain, sistem penyimpanan data digital yang memungkinkan pengguna untuk secara diam-diam mentransfer data di antara mereka sendiri, melalui skema enkripsi dalam kriptografi.

Skema tersebut dapat mengubah data informasi menjadi kode rahasia sebelum dikirim, sehingga data tersebut tidak dapat dilacak dan dimiliki oleh pengguna lain yang tidak memiliki data tersebut. 

Ada banyak sekali data di blockchain, termasuk cryptocurrency seperti Ethereum, Bitcoin, dan lain sebagainya. Sekarang bentuk data dalam sistem blockchain semakin berkembang, termasuk sertifikat digital NFT. 

Misalkan yang disebutkan di atas, sertifikat digital dalam NFT ini biasanya disematkan dalam gambar, foto, video, atau karya seni digital lainnya. Ketika karya seni digital  menjadi NFT, itu berarti  dienkripsi dalam blockchain.

Pertama kali digunakan dalam game blockchain bernama cryptokitties pada Oktober 2017. Dalam game tersebut, pengguna dapat mengadopsi atau membiakkan kucing virtual.

Sama seperti memiliki hewan peliharaan di dunia fisik,  kucing digital akan memiliki identitas unik (token)  untuk membuktikan bahwa kucing  sepenuhnya milik pengguna. 

BACA JUGA:  Amazfit Luncurkan Rangkaian Smartwatch Baru di Indonesia

Dari cara kerja ini, kira-kira bisa dibayangkan  mengapa harganya bisa naik. Alasan paling mendasar dari pertanyaan tersebut adalah tidak ada dominasi dalam sistem perdagangan NFT.  Sebab, tidak ada pemain dominan yang bisa mengendalikan harga NFT.

Mengenal Opensea 

Terkadang NFT diperdagangkan melalui sistem lelang yang dapat ditemukan di beberapa situs online, termasuk opensea. Sederhananya, opensea adalah marketplace atau pasar dimana pemilik  atau penjual NFT dan kolektor atau pembeli dapat bertransaksi. 

Opensea adalah situs jual beli NFT pertama dan terbesar di dunia. Opensea memiliki 300.000 pengguna dengan lebih dari 34 juta NFT, yang terdiri dari berbagai item, seperti foto, video, dll. 

Kemungkinan sebagian besar penjual dan pembeli di opensea menggunakan cryptocurrency dari berbagai jenis Ethereum untuk bertransaksi. 

Untuk memulai trading di opensea, baik membeli atau menjual, harus memiliki akun terlebih dahulu dan sebelum dapat membuat akun di opensea, harus memiliki dompet cryptocurrency, mata uang digital. atau OVO.

Mata uang digital di dompet cryptocurrency digunakan untuk mengubah uang. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya

Cara Membuat NFT di Opensea

Untuk  menjual, harus terlebih dahulu dalam.memiliki NFT “Create” Masukkan atau upload file yang ingin dibuat, bisa berupa gambar, foto, video, dan lain-lain. Masukkan nama dan beberapa data, seperti definisi konten yang sadar konten dan definisi blockchain yang akan Anda gunakan.

Setelah konfigurasi selesai, klik opsi “Buat” di bagian bawah halaman opensea. Dengan cara ini NFT siap di jual.

Cara menjual NFT di Opensea

Buka opsi “Koleksi Saya” dengan mengetuk ikon gambar profil  di sudut kanan atas halaman opensea. Pilih NFT, lalu klik opsi “Jual”. punya NFT “Create” Masukkan atau upload file yang ingin dibuat, bisa berupa gambar, foto, video, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Smartwatch Murah Terbaik 2022 Dibawah 500 Ribuan

Masukkan harga NFT dengan mata uang kripto-Ethereal yang di inginkan. Mengatur durasi penjualan NFT  di kolom “Duration”.  Pilih model penjualan Jika ingin menjual  langsung, klik opsi “Harga tetap”, sedangkan untuk lelang sistem, klik opsi “Lelang Futures”.

 Setelah setup selesai, klik  “Complete List”. Kemudian opensea akan membuka ekstensi metamask untuk mengkonfirmasi NFT sales record.

Cara Beli NFT di Opensea 

Pastikan memiliki saldo dompet cryptocurrency digital  dan login ke opensea.  Langsung dengan memilih situs link   https://opensea.io. Pastikan masuk dengan login ke akun opensea pribadi. Selanjutnya, temukan NFT yang ingin dibeli Klik opsi “Jelajahi” di beranda opensea.

Setelah menemukan NFT yang sesuai, jika NFT menggunakan sistem lelang, klik opsi ‘Tempatkan Tawaran’, lalu masukkan penawaran harga Ethereum. Tunggu  lelang berakhir, jika mendapatkannya, klik opsiCheckout‘.

Dan konfirmasi pembayaran melalui dompet cryptocurrency digital. Jika menggunakan skema penjualan langsung, klik opsi “Beli Sekarang”, lalu klik opsi Checkout” dan  konfirmasi pembayaran melalui dompet cryptocurrency digital.

Fungsi NFT

Sebuah aset digital ini memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai berikut:

1. Perlindungan Hak Cipta 

NFT Menyediakan bukti satu properti. Itu tidak dapat di jiplak atau di duplikasi karena token disimpan di blockchain. Oleh karena itu, NFT meminimalkan penyalahgunaan hak cipta oleh orang-orang karena mereka tidak dapat lagi secara sewenang-wenang mencuri karya orang lain.

2. Monetisasi Karya Seniman

Karya seniman  dengan adanya NFT,  karya seniman dapat dipertukarkan dengan lebih mudah  dan mendatangkan uang, terutama untuk aset digital. Seniman cukup menjual karyanya di pasar NFT, tanpa khawatir karyanya akan dirusak, dicuri, atau dijiplak. 

3. Tersimpan dengan Aman

NFT disimpan di  jaringan blockchain, membuat NFT super aman, tidak mungkin diretas. Blockchain dibangun dengan cara yang terdesentralisasi dan menggunakan kriptografi, sehingga aspek keamanannya sangat terjamin.

BACA JUGA:  Trik Mengubah OPPO Reno6 Menjadi Mouse PC

4. Adopsi NFT di Domain Lain 

Sangat mungkin fungsi NFT, yang memberikan sertifikasi atau bukti unik kepemilikan  aset digital, akan diterapkan ke domain lain, misalnya untuk menghasilkan sertifikat rumah, akta kelahiran, sertifikat kontrak. 

Dengan NFT, sertifikasi menjadi lebih aman, karena semuanya disimpan dengan aman di blockchain. Bayangkan, masalah sertifikasi tanah atau kendaraan palsu dapat diselesaikan .

Nah itulah pembahasan dan penjelasan lengkap terkait dengan apa itu NFT, opensea dan fungsinya. Semoga bermanfaat. Jadi NFT adalah salah satu yang mulai menjadi hal yang bisa menghasilkan uang di jaman sekarang.