sukareview.com – Belakangan ini setiap HP keluaran terbaru kebanyakan menyematkan istilah Fast Charging sebagai fitur andalan mereka, nah kali ini kita akan membahas lebih dalam apa itu Fast Charging atau yang akan kita kenal dengan pengisian cepat Adaptif.

Dengan hadirnya teknologi yang makin canggih ini, memungkinkan pengguna membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mengisi daya di baterai HP sehingga dapat dengan cepat menggunakan perangkat buat aktivitas.

Fast Charging Adalah…

Fast Charging adalah teknologi yang terdapat pada perangkat dan charger untuk mengatur pengisian baterai lebih cepat. Teknologi ini diterapkan pada sebuah perangkat seperti HP/Smartphone, Tablet, Laptop, Powerbank, dll.

Untuk menjalankan fitur pengecasan cepat, perangkat serta charger harus saling mendukung. Tak heran, ada alat pengisian yang hanya kompatibel dengan merek mereka sendiri, seperti OPPO atau Realme.

Proses Fast Charging

Baterai yang digunakan oleh ponsel Android adalah jenis baterai Lithium-ion (Li-ion), secara mendasar pengisian daya baterai Lithium-ion (Li-ion) adalah membagi proses menjadi beberapa tahap termasuk di antaranya fase arus konstan dan tegangan konstan.

Teknologi pengecasan cepat memungkinkan untuk mentransfer watt lebih tinggi ke baterai agar baterai terisi lebih cepat.

Watt = Volt x Ampere

Teknologi fast charging secara khusus memanfaatkan fase awal pengisian daya dan berupaya menyentuh titik puncaknya pengisian baterai dengan kuat arus maksimal secara konstan.

Diagram di bawah ini menunjukkan bagaimana tegangan berubah selama pengisian dan bagaimana hal itu memengaruhi jumlah arus yang dapat dialirkan ke baterai.

Teknologi pengisian cepat paling efektif saat baterai Anda terisi kurang dari 50% tetapi memiliki dampak yang berkurang pada waktu pengisian daya setelah baterai melewati 80%.

Meskipun demikian, setiap perusahaan teknologi memiliki standar masing-masing yang biasanya hanya berlaku secara unik alias khusus untuk produknya dan tidak bisa digunakan untuk perangkat dari perusahaan lain.

BACA JUGA:  Download Higgs Domino MOD APK v1.72 Terbaru 2021: Unlimited Money & Coin!

Jenis Teknologi Fast Charging

Sebagai tambahan informasi, pengguna sekarang ini kemungkinan akan menemukan beberapa jenis teknologi pengecasan cepat berikut ini saat akan membeli handphone baru:

1. Xiaomi Hyper Charger

Ini adalah jenis paling cepat yang pernah ada hingga saat sekarang ini, teknologi pengisian cepat teranyar dari Xiaomi ini diklaim mampu mengisi daya dari 0 sampai 100% hanya dalam waktu 8 menit saja. Teknologi pengecasan Xiaomi ini mendukung pengisian cepat dengan daya 200 Watt.

2. USB Power Delivery

USB Power Delivery atau bisa juga disingkat USB-PD merupakan sebuah standar yang diperkenalkan oleh USB-IF dan banyak digunakan oleh sejumlah perusahaan teknologi seperti Apple, Google, MediaTek, dan Motorola .

3. Qualcomm Quick Charge

Sebagai pengembang chip, Qualcomm pun menciptakan standar khusus pengisian yang disematkan ke dalam SoC buatannya dengan mengusung nama Qualcomm Quick Charge.

Meskipun demikian, perusahaan-perusahaan teknologi dalam hal ini tidak wajib mengaktifkannya dan bisa menggunakan standar sendiri saat membenamkan chip-chip buatan Qualcomm.

4. VOOC, DashCharge, dan WarpCharge

Berbeda dari sejumlah teknologi di atas, VOOC, DashCharge, dan WarpCharge merupakan standar pengisian cepat untuk perangkat buatan OPPO dan OnePlus yang menekankan pada peningkatan kuat arus.

5. Huawei SuperCharge

Huawei pun tak ketinggalan. Hadir secara eksklusif di perangkat premiumnya, teknologi bernama SuperCharge buatannya memiliki pemilihan mode dengan meningkatkan tegangan atau kuat arus.