sukareview.com – Bisa dibilang penggunaan smartphone atau HP di kalangan anak-anak semakin mengkhawatirkan saja. Tak heran aplikasi seperti Family Link bisa jadi solusi buat kalangan yang terusik soal pengaruhnya terhadap anak-anak.

Sudah banyak kalangan yang ngeh dengan bahaya smartphone, HP atau gadget serta pengaruhnya terhadap anak-anak. Tapi banyak yang tak tahu harus memakai apa untuk menjaga anak-anak dari bahaya arus teknologi digital.

BACA JUGA:  Induk Perusahaan Tiktok Beli Developer Mobile Legends

Kehadiran aplikasi seperti Family Link sangat diperlukan buat kalangan yang ingin memantau anak-anak mereka. Nah, penasaran seperti apa aplikasinya? Yuk kita cek saja.

family link

Apa itu Family Link?

Harus diketahui jika layanan atau aplikasi ini dikembangkan oleh Google, tapi apa sih sebenarnya Family Link, layanan khusus yang dikembangkan buat membantu mengontrol kalangan anak-anak saat menggunakan perangkat, sehingga aman dan lebih terarah.

Buat informasi saja, memberi ruang bagi anak untuk memakai gadget seperti handphone, tablet, atau laptop menjadi sebuah hal yang wajar di masa sekarang.

Dalam kondisi sekarang, gadget bahkan semakin urgent porsinya. Apalagi setelah semua dialihkan ke bentuk daring, setiap kegiatan sekolah harus dikerjakan dengan menggunakan salah satu perangkat tersebut.

Tapi masalahnya, sering sekali kita menjumpai cukup banyak anak yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan hal-hal di luar kegiatan seharusnya.

Bahkan, anak-anak terus bermain game sepanjang waktu, menonton video tanpa batas, hingga melakukan hal tak pantas dengan memanfaatkan gadget yang diberikan.

Nah, Family Link hadir dengan visi agar kita bisa mengontrol pemakaian gadget anak meski tak bisa menemani mereka sepanjang waktu.

Keuntungan aplikasi ini, setiap aktivitas mereka saat menggunakan perangkat dapat diawasi dan dibatasi sesuai dengan kebijakan yang diterapkan.

Kegunaan Family Link

Sekilas bagi kamu yang belum tahu, Family Link adalah layanan pendamping dari Google yang dihadirkan dengan tujuan untuk membantu orang tua mengawasi dan menerapkan aturan penggunaan perangkat digital di keluarga.

Nah, layanan ini memungkinkan orang tua mengatur berbagai macam hal ke perangkat sang anak. Termasuk di antaranya seperti menyetel waktu pemakaian, mengelola aplikasi yang bisa dipasang, membatasi konten-konten yang dapat ditonton, hingga melihat lokasinya.

Buat informasi saja, ada dua jenis aplikasi yang tersedia untuk memakai layanan ini di mana meliputi versi orang tua dan versi anak.

Keduanya dapat diunduh dari layanan Google Play Store atau juga dari Apple Apps Store khusus untuk aplikasi orang tua.

BACA JUGA:  Menkominfo Pertimbangkan Blokir Game Online, Mulai dari PUBG hingga Free Fire

Cara Memakai

Aplikasi anak-anak tersedia dan dapat digunakan dengan baik pada handphone berbasis sistem Android 7 ke atas, sementara untuk aplikasi orang tua hanya memerlukan minimal Android 5 atau iPhone dengan iOS 11 ke atas.

Pasang Aplikasi

  1. Install aplikasi Google Family Link for Parent ke dalam perangkat
  2. Ketuk anak panah ke bawah untuk membaca halaman informasi singkat
  3. Klik tombol Get Started jika sudah selesai
  4. Login dengan akun Google yang dimiliki
  5. Pilih Parent untuk mengatur perangkat untuk orang tua
  6. Klik Next untuk memastikan pilihan
  7. Ketuk I’m ready untuk melanjutkan tindakan
  8. Buat atau masukkan akun Google Anak
  9. Ikuti petunjuk yang muncul sesuai tindakan yang dipilih
  10. Setelah selesai, buka handphone Anak
  11. Install aplikasi Google Family Link for children & teenagers
  12. Setujui beberapa hal jika muncul
  13. Login dengan akun anak yang sudah dikaitkan ke aplikasi orang tua

Lalu, aplikasi Family Link for Parent (untuk orang tua) dapat diunduh melalui halaman produknya di Play Store atau Apps Store. Kamu dapat memasangnya sesuai dengan sistem operasi dari perangkat yang kamu gunakan.

Lebih jauh lagi, untuk Family Link for children & teenagers hanya dapat ditemukan di Play Store. Aplikasi ini bisa kamu install pada handphone, tablet, atau Chromebook yang mendukung pemasangan aplikasi Android.

Pengelolaan Perangkat

  1. Buka aplikasi Family Link for Parent
  2. Ketuk View pada akun anak yang akan dikelola
  3. Klik tombol Manage Settings
  4. Setel pengaturan di dalamnya sesuai dengan kebutuhan

Melalui halaman tersebut, kamu dapat mengubah ketentuan untuk pemakaian Google Play Store, Chrome, Search, YouTube, hingga beberapa aplikasi pihak ketiga. Kamu pun dapat mengelola sejumlah pengaturan seperti lokasi, informasi akun, setelan privasi, hingga login aplikasi.

BACA JUGA:  Ada PUBG Mobile dan Free Fire, Ini 10 eSport di Sea Games 31

Cara Membuat Akun Buat Anak

  1. Jalankan aplikasi Family Link for Parent
  2. Dari halaman utama klik tombol Add (ikon plus) di panel atas dekat foto profil
  3. Buat atau gunakan akun Anak yang ingin ditambahkan
  4. Ikuti petunjuk yang tampil sesuai pilihan sebelumnya

Selanjutnya, buat yang belum tahu, Family Link tak hanya mendukung pengelolaan untuk satu perangkat.

Dengan aplikasi ini kalian bisa menambahkan banyak akun sesuai dengan jumlah anak yang ingin diawasi dengan menggunakan beberapa langkah di atas.

Nah, bagaimana tertarik memasang aplikasi ini?