sukareview.com – Demi menjalankan sebuah situs website tentu kamu harus memiliki layanan hosting tertentu yang sudah dipilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, saat akan mendaftar untuk hosting web, kamu juga harus menyertakan akun yang dapat mengakses ke control panel. Lalu, apa itu control panel hosting?

Agar lebih mengerti, simak yuk penjelasan lengkap apa itu control panel hosting dan fungsinya berikut ini.

Pengertian control panel hosting dan fungsinya

Apa itu control panel hosting?

Control panel hosting adalah sebuah perangkat yang akan membantu mengelola kebutuhan situs web dan server.

Lebih sederhananya control panel hosting ini adalah panel kontrol yang bisa membantu untuk memudahkan dalam pengelolaan web hosting.

Alat atau tools ini bisa membantu para pengguna untuk mengontrol tugas khususnya di bagian administratif hosting.

Dengan adanya dashboard control panel, kamu sebagai pengguna dapat menginstal sistem manajemen konten, mengelola database, nama domain, hingga cadangan situs dengan cepat.

Apabila dilakukan secara manual tanpa menggunakan control panel ini, tentu akan sangat rumit karena harus memahami teknis tingkat lanjut dan juga mengetahui struktur kode dalam pengelolaan website.

Ketika berbicara tentang control panel hosting, pasti juga akan timbul beberapa pertanyaan seperti apa itu cPanel?

Singkatnya, cPanel merupakan sebuah kontrol panel yang paling banyak digunakan untuk membantu mengelola kebutuhan web dan server. Dan kamu juga bisa temukan layanan hosting cloud VPS murah di sini.

Fungsi control panel hosting

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa control panel ini akan sangat membantu mengatasi kebutuhan dalam mengelola hosting web. Dan berikut beberapa fungsi control panel:

  1. Membantu mengelola administrasi akun
    Tugas manajemen akun yang akan ditangani dalam control panel yaitu mengubah profil penagihan, pembaruan paket, memperbarui kata sandi hingga beberapa item serupa.

    Perangkat lunak yang menjalankan control panel ini juga akan menangani informasi kartu kredit milikmu. Jadi, apabila perangkat lunak tersebut tidak aman, tentu bisa menimbulkan masalah.

  2. Membantu dalam hal manajemen domain
    Semua fitur terkait nama domain juga akan dilakukan di control panel, seperti forwarding domain, update domain, setting IP address website, dan editing DNS.

    Secara umum, walaupun manajemen domain jarang dilakukan, namun sebenarnya ini juga sangat penting untuk dilakukan.

  3. One-click installation
    Biasanya host akan memberi akses untuk kebutuhan instalasi perangkat lunak di control panel hosting.

    Sebagai contoh, bagi kamu pengguna WordPress, tentu tidak perlu mengunduh salinan WordPress secara manual. Karena bisa langsung terinstal hanya dengan satu klik.

    Dengan adanya one-click installation, kamu tidak perlu instal perangkat pendukung dari source luar.

  4. Membantu manajemen file
    Selain itu, adanya control panel hosting juga akan membantu melakukan manajemen file. File-file ini seperti folder untuk plugin, tema serta media pendukung website yang disimpan dalam server host.

    Control panel hosting juga menyediakan fitur pengaturan file untuk backup dan editing untuk file.

    Fungsi lain dari control panel hosting ini juga dapat mengurangi permasalahan saat mengelola akun email serta platform CMS.

  5. Membantu manajemen email
    Kemudian melalui control panel hosting kamu juga dapat melakukan manajemen email seperti mengatur akun email baru, forward email, filter spam, manajemen akun email milikmu, dan menghapusnya.
  6. Membantu mengelola database
    Control panel hosting berfungsi membantu pengguna untuk mengelola semua data dengan baik agar website dapat merujuk ke suatu data tanpa menggunakan aplikasi database eksternal serta bisa diakses kapan saja.

    Selain itu, control panel hosting juga memungkinkan kamu untuk mengawasi dan mengetahui apakah sedang online atau tidak, kinerja database, dan terakhir tentang apakah ada masalah terkait data atau server tersebut.

  7. Adanya fitur backup data
    Terakhir, control panel hosting juga menyediakan fitur backup atau cadangan data. Perlu kamu ketahui juga bahwa fitur tersebut bisa melakukan backup otomatis dalam jangka waktu tertentu.

    Itulah penjelasan beberapa fungsi control panel hosting yang dapat membantu mengatasi kebutuhan dalam hal pengelolaan website.

Namun, sebenarnya penggunaan control panel hosting ini bersifat opsional yang berarti kamu boleh memilih untuk menggunakannya atau tidak.

Namun, sebagian besar pekerjaan akan selesai lebih cepat apabila kamu menggunakan control panel hosting ini.

BACA JUGA:  Memilih Smartphone 5G Flagship di Ajang Promo realme 9.9 Shopping Mega Deals