review1sst.com – Saat kita merasa jenuh dengan aktivitas sehari-hari yang monoton, kamu bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Aktivitas olahraga biasanya bisa mengurangi kejenuhan tersebut sekaligus membuat badan jadi lebih segar. Melakukan hobi yang kamu sukai juga merupakan salah satu cara agar tidak merasa bosan di rumah. Kamu harus bisa meluangkan waktu untuk dirimu sendiri dengan melakukan hobi seperti membaca novel, menonton streaming film, atau memasak dengan mencoba resep masakan baru.

Aktivitas tersebut bisa membuat pikiranmu menjadi lebih rileks. Namun ada pula cara lain yang bisa kamu coba, yakni memanfaatkan aplikasi relaksasi yang ada di Google Play Store. Kamu cukup memasukkan kata kunci “relax” maka akan muncul banyak pilihan aplikasi relaksasi untuk menenangkan diri.

Sebagian besar aplikasi tersebut berupa musik instrumental yang menyejukkan hati dan pikiran sehingga cocok untuk meditasi, pengantar tidur, dan mengatasi stres. Beberapa aplikasi relaksasi yang bisa kamu coba antara lain:

1. Calm – Meditate, Sleep, Relax

Aplikasi ini untuk membantu orang yang mengalami sedikit stres dan kecemasan sehingga bisa tidur lebih nyenyak dengan meditasi terpandu. Calm juga menyediakan lebih dari 100 cerita tidur dan latihan pernapasan untuk membantu kamu merasa rileks. Ukuran aplikasi ini tergantung dari gawai yang kamu pakai dan cocok untuk menemani saat kamu melakukan meditasi dan yoga.  

2. Relax Lite: Stress Relief

Aplikasi berukuran 28MB ini dapat membantu pengguna untuk menghilangkan stres yang efektif dan cepat dalam waktu lima menit. Di dalamnya terdapat panduan untuk melakukan latihan pernapasan dan meditasi terpandu dengan iringan musik yang menenangkan agar meningkatkan relaksasi. Aplikasi ini seakan menjadi alat manajemen stres yang ideal, sederhana, dan intuitif untuk membantu penggunanya di kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:  Yuk, Pahami Focal Length Kamera Hapemu!

3. Relaxing Music Offline: Calm Stress Relief

Aplikasi ini berupa musik latar belakang yang ideal untuk membantu kamu agar bisa menenangkan pikiran, rileks, damai, dan bermeditasi lebih efektif. Musik instrumental ini ideal untuk membantu kamu agar tenang dan tidak stres lagi. Relaxing Music berukuran 63MB ini menggunakan gelombang alfa dan ketukan alami untuk meningkatkan konsentrasi dan juga bisa menjadi musik santai yang ideal saat kamu merasa penat.

4. Sleep Sounds – Relax & Sleep, Relaxing sounds

Gunakan aplikasi Sleep Sound gratis yang berukuran 33MB ini untuk membantu kamu agar bisa bersantai dan tidur nyenyak. Di dalam aplikasi ini kamu bisa mendengarkan suara alam, suara hujan, suara meditasi white noise dan masih banyak lagi sehingga meningkatkan suasana hati, meredakan kecemasan, dan menurunkan tingkat stres. Berbekal aplikasi ini kamu bisa memperoleh tidur yang berkualitas sehingga esok paginya dapat bangun dengan badan lebih segar. Kamu dapat mengatur jadwal aplikasi untuk menghentikan suara secara otomatis.  

5. Zen: Relax, Meditate & Sleep

Jika kamu ingin menjalani kehidupan emosional yang lebih bahagia, sehat, dan seimbang, mungkin aplikasi Zen ini bisa kamu coba. Zen menawarkan beragam konten dan fitur yang terus bertambah, seperti meditasi terpandu, audio dan video untuk relaksasi dan meditasi, musik tidur nyenyak dan musik pagi untuk energi positif, terapi binaural beats untuk peningkatan kecerdasan dan suasana hati, serta audio ASMR untuk pijat mental, relaksasi dan tidur nyenyak. Bahkan aplikasi berukuran 40MB ini juga memiliki pesan refleksi dan kutipan inspirasional, peribahasa serta pesan motivasi.

Selain aplikasi relaksasi dan meditasi di atas, kamu masih bisa berburu program serupa yang banyak tersebar di Play Store.

BACA JUGA:  Dukung Pelestarian Warisan Budaya Indonesia, SnackVideo Cari Duta Batik

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan OPPO Relax (O Relax) versi 2.1 yang ada di OPPO Reno6 atau di smartphone OPPO lain yang berbasis ColorOS 11. Aplikasi O Relax memiliki tiga opsi pilihan yakni Listen, Unwind, dan Explore.

Aplikasi yang didukung dengan Dolby Atmos dan beragam efek suara natural yang menenangkan tersebut akan merilekskan tubuh dan pikiranmu. Di mana pun kamu berada, aplikasi ini akan membantumu bernapas lebih baik, tidur lebih nyenyak, dan tetap waspada dan fokus.

Berbekal O Relax, kamu akan merasa tenang saat melakukan relaksasi karena di dalamnya terdapat musik dan suara sekitar seperti deburan ombak, nyanyian burung, atau angin sepoi-sepoi untuk menidurkan diri.

Untuk memulai aplikasi ini, buka O Relax yang ada di layar Home. Semisal kamu memilih menu Listen maka akan langsung terdengar alunan musik yang menenangkan hati. Kamu dapat mengatur durasi musik sesuai keinginanmu mulai dari 1 menit hingga 180 menit, lalu tap Sound mix untuk mengatur pilihan kategori suara yang ada seperti Nature, Life, Cities, ASMR, dan Other.

Di menu Unwind, kamu bisa memainkan game ringan seperti memecah balon, menggosok koin, memainkan warna, atau menarik napas panjang. Sementara itu di menu Explore, kamu bisa menelusuri kota-kota di beberapa negara seperti Beijing, Shenzhen, Bangkok, Tokyo, dan Reykjavik, untuk mendengarkan Sound of the Cities atau suara kehidupan di kota-kota tersebut sehari-hari.