ROCKOMOTIF, Jakarta – Ketika berkendara, sering kali pengemudi lupa caranya untuk melakukan teknik eco driving. Padahal, dengan melakukan teknik tersebut tidak hanya memengaruhi hasil penggunaan bahan bakar, tetapi juga bisa menekan emisi yang dihasilkan oleh kendaraan.

Teknik eco driving sendiri merupakan cara mengemudi dengan tujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar agar lebih efisien serta berperan mengurangi resiko kecelakaan. Dengan teknik tersebut, pemilik kendaraan tidak hanya dapat menghemat penggunaan bahan bakar, tetapi juga bisa menghemat waktu dan biaya, serta lebih ramah lingkungan.

Setidaknya, ada empat cara yang bisa dilakukan untuk mengemudi dengan teknik eco driving. Menurut Hariadi, Assistant to Service Departement Head PT Suzuki Indomobil Sales, dengan menggunakan teknik eco driving, maka kinerja mobil akan lebih mumpuni karena tidak dipaksakan emosi pengemudinya.

Berikut 4 teknik mengemudi dengan eco driving:

1. Waktu, Rute dan Tujuan Perjalanan

Dalam hal ini, perencanaan perjalanan sangat membantu untuk teknik eco driving. Di mana, melalui perencanaan perjalanan tersebut penggunaan bahan bakar serta performa mobil akan lebih optimal. Pasalnya, dengan adanya planning tersebut, pengemudi dapat memilih rute mana yang akan dilalui dan menghindari titik kemacetan.

2. Cara Mengemudi

Untuk mendapatkan hasil konsumsi bahan bakar yang efisien, dalam teknik eco driving hindari untuk mengemudi secara agresif. Hal ini akan berdampak pada penggunaan bahan bakar yang lebih boros. Di samping itu, dengan menerapkan teknik eco driving, maka putaran mesin akan lebih optimal karena dalam menekan pedal gas juga perlu diperhitungkan.

Baca juga: Sudah Benarkah Posisi Mengemudi Anda? Simak Tipsnya!

3. Penggunaan Bahan Bakar yang Sesuai

Selain cara mengemudi, rupanya untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar yang baik dalam teknik eco driving juga berhubungan dengan penggunaan jenis bahan bakarnya. Sebisa mungkin, gunakan bahan bakar tanpa timbal. Dengan penggunaan bahan bakar jenis tersebut, maka akan meminimalisir polisi dari gas buang kendaraan, sehingga menjadi lebih ramah lingkungan.

BACA JUGA:  9 Model Motor Vespa Terbaru dan Spesifikasi Lengkap

4. Perawatan Kendaraan

Meski teknik eco driving biasanya berhubungan dengan cara mengemudi dan penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan karakter mesin kendaraan, namun pemilik kendaraan juga harus melakukan perawatan secara berkala terhadap kendaraannya.

Hal ini sangat berpengaruh karena akan memberikan performa yang maksimal ketika tengah digunakan.

“Pemanfaatan teknik eco driving dapat mengoptimalkan efisiensi bahan bakar sehingga mengurangi tingkat polusi dan lebih ramah lingkungan. Gaya dan teknik yang diterapkan pun sudah terbukti dapat mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Untuk itu, penerapan teknik eco driving ini disarankan untuk dapat memaksimalkan fungsi kendaraan serta menjaga keamanan dan kenyamanan pengemudi,” tutup Hariadi.