sukareview.com – Salah satu masalah yang paling menjengkelkan ketika  bermain game online adalah ping tinggi, termasuk saat bermain Mobile Legends. Terkadang player mengalami masalah jaringan yang naik turun dan lag akan terasa saat ping mencapai 120ms hingga berwarna merah.

Biasanya saat masalah ini terjadi, maka tampilan Mobile Legends di smartphone menjadi lag atau patah-patah, bahkan player bisa keluar sendiri dari permainan.

Tentu saja, bermain Mobile Legends dengan Ping yang tidak stabil akan mempengaruhi gameplay dan sangat merugikan player.

Jika Anda sering mengalami ping yang tidak stabil dan naik turun saat memainkan Mobile Legends, ada beberapa cara yang bisa dlakukan. Gunakan cara dibawah ini agar ping tetap stabil ketika bermain Mobile Legends.

Ping Stabil Mobile Legends

Baca juga: Begini Cara Mudah Prediksi Zona di PUBG Mobile

Cara Agar Jaringan Mobile Legends Tetap Stabil

Sebelum membahas caranya, ada baiknya ketahui dulu apa saja yang menjadi penyebab jaringan Mobile Legends menjadi naik turun.

Tidak semua player yang mengalami masalah ini disebabkan oleh hal yang sama. Bisa saja masalah ping menjadi naik 120ms karena jaringan internet di area Anda sedang gangguan.

Selain itu, jaringan yang tidak stabil bisa juga terjadi karena beberapa aplikasi di smartphone Anda masih berjalan, sehingga ikut memakan koneksi internet.

Jika mengalami masalah seperti diatas, berikut beberapa solusi yang bisa Anda coba.

1. Matikan Aplikasi Lain yang Menggunakan Koneksi Internet

Salah satu kemungkinan penyebab ping Mobile Legends naik turun adalah adanya aplikasi lain di smartphone yang  menggunakan koneksi data masih berjalan.

Oleh karena itu, Anda bisa coba matikan atau nonaktifkan aplikasi yang juga menggunakan internet seperti WhatsApp, Facebook dan fitur download otomatis Google Playstore.

BACA JUGA:  Daftar Lengkap Kode Warna Tulisan di Free Fire

Cara menonaktifkannya bisa dilakukan dengan membersihkan RAM di Setting atau apilkasi bawaan HP Anda.

Untuk matikan download otomatis Google Playstore bisa dilakukan dengan cara masuk ke Playstore > Setelan> Umum> Update otomatis aplikasi > Pilih Jangan update otomatis aplikasi.

2. Manfaatkan Fitur Speed Mode dan Network Boost

Mobile Legends juga menyediakan sebuah fitur untuk menstabilkan jaringan para pemainnya. Speed Mode bisa meningkatkan performa dari koneksi internet agar fokus pada game Mobile Legends.

Tak hanya itu saja, jika Anda ingin lebih lancar bermain Mobile Legends, Anda bisa menggunakan Network Boost untuk menggunakan dua jaringan sekaligus yakni Paket data dan Wifi. Hal ini bisa membatu Anda agar Ping semakin baik dan tetap stabil saat bermain Mobile Legends.

3. Matikan Voice Chat

Menggunakan Voice Chat saat bermain Mobile Legends dengan teman memanglah seru. Namun ketika jaringan tidak stabil, disarankan untuk menonakfitkan fitur Voice Chat tersebut.

Pasalnya, fitur ini juga memakan koneksi internet saat diaktifkan. Oleh karena itu jangan paksakan untuk menggunakannya agar ping tidak Mobile Legends naik turun.